Third wave coffee

Minuman hasil olahan kopi bukanlah hal asing bagi kita. Hampir di setiap kota terdapat kedai atau tempat makan yang menyediakan menu kopi, mulai dari kopi sachet hingga manual brew. Di Indonesia, kopi menjadi salah satu hasil alam yang dibudidayakan dan diekspor, menempatkan Indoenesia sebagai negara yang memproduksi biji kopi sebanyak 648.000 ton keempat di dunia. Hal tersebut terlihat dengan menjamurnya kedai kopi di banyak kota, salah satunya adalah Surabaya. Menjamurnya kedai kopi ini menjadi salah satu perkembangan untuk menikmati kopi, karena saat ini kopi dapat dinikmati dengan mudah oleh semua kalangan, dan menjadi salah satu menu wajib saat berkumpul. Kopi dari dulu memang dikenal sebagai minuman yang universal, dapat dinikmati kapan saja dan oleh siapa saja, bahkan menjadi minuman yang dapat mencairkan keadaan.

Salah satu cara yang juga sudah tidak asing untuk menikmati kopi adalah third wave. Third wave coffee adalah masa dimana seseorang yang membeli kopi bukan sekedar membeli untuk menghilangkan haus, namun mulai menyukai kopi dari awal bagaimana kopi itu dibuat, biji kopi apa yang digunakan, dan menikmati proses pembuatannya menjadi salah satu kewajiban sebelum dapat meneguk segelas kopi itu. Atau secara singkat, third wave coffee adalah cara untuk menikmati kopi secara lebih dalam, tidak hanya dengan rasa. Untuk menikmati kopi tersebut, dapat dengan mengunjungi kedai-kedai kopi yang sudah banyak tersedia di Indonesia. Salah satunya di Surabaya. Berikut daftar kedai kopi atau tempat yang dapat dikunjungi untuk menikmati third wave coffee di Surabaya

Caturra

Artikel Caturra

Kedai kopi yang terletak di Jalan Anjasmoro, Sawahan, Surabaya ini sudah dikenal akan rasa kopi nya yang nikmat, dan juga dapat menjadi tempat yang baik untuk sekedar hang out dan swafoto karena design tempat yang minimalis namun tetap nyaman. Kopi di Caturra diproses oleh alat yang berkualitas dan barista yang juga mahir, sehingga menghasilkan minuman yang memiliki rasa yang nikmat. Menu kopi yang mereka sajikan antara lain espresso, macchiato, cold drip, kalita wave, french press, iced latte, dan masih banyak lagi sajian kopi lainnya. Caturra juga menyediakan menu minuman lain dan juga makanan, dari makanan ringan hingga main course.

Kultur Haus

kultur haus fix

Terletak di Once Avenue – One East Residence Surabaya, Kultur Haus tidak hanya menyajikan kopi di menu mereka, dari makanan hingga minuman selain kopi juga lengkap mereka sajikan. Kultur Haus coba membawa menu atau makanan yang biasa dimasak di rumah dan berasal dari berbagai tempat, baik Indonesia hingga mancanegara. Untuk menu kopi, Kultur Haus memproses dengan dua cara, mesin dan juga seduh manual (manual brew). Beberapa menu yang ditawarkan oleh Kultur Haus antara lain espresso, ice white, cold white signature, barista breakfast, dan banyak menu lainnya. Tempat yang didesain oleh Kultur Haus terkesan nyaman dan juga pelayanan yang baik.

Start W/ Coffee

Artikel SWC

Kedai kopi ini tidak sulit dicari, karena letaknya yang berada di dalam Universitas Airlangga Kampus B (bersebelahan dengan FEB) mudah ditemukan. Hampir setiap hari kedai ini ramai oleh pengunjung yang mayoritas berasal dari sekitar kampus. Walaupun memiliki tempat yang tidak terlalu luas, kedai yang memiliki inisial ‘swc’ ini tetap dapat membuat pengunjungnya menikmati suasana khas kedai kopi dan dilengkapi dengan peralatan yang cukup lengkap, sehingga dapat menghasilkan kopi yang nikmat. Menu kopi di swc juga mudah diingat karena menggunakan bahasa yang relatif kita gunakan sehari-hari, seperti Es Kopi Susu, Americano, dan banyak menu lainnya.

Volks Coffee

artikel volks

Kedai kopi yang didominasi warna putih ini terletak di Jalan M H. Tamrin, Tegalsari, Surabaya. Untuk memesan kopi, Volks menawarkan kita untuk memilih beans atau biji kopi yang sesuai dengan kita, lalu setelah itu memilih menu dan kopi dapat dinikmati. Espresso, Picollo, Gibraltar dan macchiato adalah beberapa menu kopi yang ditawarkan oleh Volks, dan tentu masih ada menu kopi lainnya. Selain kopi, Volks juga menyediakan menu non kopi seperti coklat, teh, smoothies, dan juga menawarkan menu makanan. Harga yang cukup terjangkau dan juga tempat yang cozy menjadi pelengkap yang pas setelah kopi.

Sequence.id

Artikel Sequence

Terletak di Jalan Ngagel Jaya Barat, Pucang Sewu, Surabaya, Suequence menyajikan kopi dengan harga yang terjangkau. Namun rasa yang dihasilkan tetap nikmat, maka tidak heran tempat ini selalu ramai pengunjung. Menu kopi yang ditawarkan antar lain espresso, americano, picollo latte, dan juga menyediakan coffe filter yang bisa dipilih sesuai keinginan, lokal atau import. Walaupun memiliki menu yang didominasi oleh kopi, Sequence juga menyediakan menu teh dan makanan ringan. Uniknya, pastry di Sequence selalu berbeda, karena Sequence menghadirkan pastry secara seasonal.

=======================================================================================

For more info

Caturra

Instagram: caturraespresso

Kultur Haus

Instagram: kulturhaus.id

Start W/ Coffee

Instagram: startwcoffee

Volks

Instagram: volkscoffeeid

Sequence.id

Instagram: sequence.sub


Related Blogs

    Share