takis-body4

TAKIS // MENGADAKAN GIGS KE -3 NYA YANG BERTAJUK “DI BAWAH PENGARUH MASA” 

Sedikit menarik sejarah, “TAKIS GIGS” berawal dari sebuah gagasan dan obrolan-obrolan mengenang masa lalu, yaitu dari sekelompok manusia-manusia penggerak gigs atau acara musik skena bawah tanah. Sejak 2011 mereka sudah membuat acara regular di backyard café Kemang yg sekarang tempatnya sudah berubah menjadi Pet Shop. Seiring berjalannya waktu, acara-acara yg mereka buat dengan nama awal MNL: Monday Night Live (Karena awalnya memang acara rutin setiap hari senin malam) Kurang terkoordinasi dengan baik hingga akhirnya bubar jalan.

Pada 2016, tim MNL ini berkumpul kembali dalam rangka bernostalgia, maka tercetuslah acara yg ternyata menjadi acara TAKIS VOL.1 yg digelar di Borneo Beer House Kemang. Nama TAKIS sendiri diambil dari celetukan salah satu tim TAKIS yg saat itu males mikir soal nama, katanya “Takis aja lah udah!”, yg maksudnya “Sikat aja lah udah”.

Sukses membuat TAKIS GIGS VOL.1 dan VOL.2, akhirnya mereka berinisiasi untuk membuat sebuah album kompilasi bertajuk ‘Di Bawah Pengaruh Masa’ yg berisi dengan band band yg pernah main di acara TAKIS, bahkan diantaranya ada band yg sudah bubar.

Setelah dirilisnya album kompilasi TAKIS pada 31 Oktober 2021, ternyata beradatangan banyak permintaan untuk membuat launching album tersebut. Tim pun Berusaha bernegosiasi dengan keadaan pandemi, dan akhirnya sepakat membuat launching album sekaligus TAKIS VOL.3.

4 Desember 2021, diselenggarakanlah TAKIS VOL.3: Di Bawah Pengaruh Masa di Barhouse Gading Serpong. Sebuah bar yg tidak terlalu besar tapi juga tidak kecil, namun mempunyai niat untuk men-suport TAKIS dan juga band band indie lokal.

Sebagai catatan, ini adalah untuk pertamakalinya TAKIS GIGS diisi oleh 9 band. Menurut mereka, cukup merepotkan memang mengurus 9 band ini, apa lagi kepanitiaan TAKIS hanya berlima. Namun ternyata acara yg dimulai sekitar pukul 18.30 tersebut berhasil menuntaskan 9 band dan tepat selesai pada pukul 23.00. Tak ada rusuh yg tidak diperlukan, tertib, tidak ada bad vibes, semua bersenang-senang, tapi juga tentunya tetap dengan prokes.

TAKIS VOL.3: Di Bawah Pengaruh Masa menampilkan band band lintas genre dan rasa, yaitu Badai Sampai Sore, Larung, Mafia Ft. Ted Rodster, Sirati Dharma, Piperdream, FRAAdeVROO, Elite Global, The Hardnight (Reuni), Jimmy The Bandit (Reuni), dan Performance art dari Richard Kalipung (Standarmime)

Acara berlangsung dengan keseruan yg “bertakeran’ pas. Crowd merapat dan berdansa bersama tapi tentunya dengan jarak yg tidak terlalu rapat alias “Merapat yg tidak terlalu rapat”. Karena TAKIS hadir kembali masih di masa pandemi jadi acara juga digaungkan sebagai “Acara Band Band Nan Taat Prokes”

Progres selanjutnya, TAKIS VOL.4 rencananya akan digelar di bulan Jauari, tapi ini tentu melihat juga situasi yg akan datang seperti apa. Semoga acara Band Band Underground bisa kembali merata dan luwes untuk bergerak. Semua bisa bernostalgia kembali di ruangan sempit dengan musik yg beragam.

takis-body5 takis-body3 takis-body2 takis-body-1

====================================================================================

For more info : 

Instagram: @takis.gigs 

Related Blogs

    Share