Tahooma-Body3

TAHOMA COFFEE & EATERY // COFFEE SHOP KEKINIAN DENGAN
PERPADUAN KONSEP INDUSTRIAL DAN TROPIS

Bosan dengan restoran atau cafe yang minimalis di tengah kota? Butuh suasana yang lebih tenang dan teduh? Sobat Mavers bisa mampir ke TAHOMA Café di kawasan jalan Nakula Timur, Seminyak. Nah, pas banget Tim Mave Magazine berkesempatan mampir ke tempat ini saat event Live Music yang diadakan setiap Sabtu alias Malam Minggu. Beralamat lengkap di Jl. Nakula Timur No. 78, Seminyak, KutaBali; tempat nongkrong ini berdampingan dengan GBI Kuta Rock Center dengan letak yang cukup strategis, yaitu tepat di seberang pintu keluar (exit) belakang kendaraan bermotor Trans Studio Mall (TSM) Bali.

Berbicara masalah coffee shop di Bali, apalagi di kawasan SeminyakKuta yang padat merayap, bisnis macam ini sudah sangat banyak dan menjamur. Bisnis ini umumnya menawarkan konsep simpel, minimalis, hingga coffee-to-go (take away) dengan lokasi yang berada di ruko-ruko, stall, maupun di corner (pojok) dari area jalan raya. Kali ini Tahoma Coffee & Eatery hadir dengan keleluasaan tempat (space) dan kenyamanan (cozy) untuk pencinta kopi. Selain itu, atmosfer yang sejuk, romantis dan mendukung membuat tempat ini cocok untuk tempat bekerja atau co-working space di masa pandemi dan di era yang serba online seperti sekarang.

Tahoma Coffee & Eatery adalah konsep bisnis yang blueprint-nya sudah ready di tahun 2020 dan selesai di awal tahun 2021. Menurut I Wayan Lovayana, owner Tahoma Coffee & Eatery, alasan utama Tahoma eksis di jajaran bisnis cafe bukan karena pendirinya adalah seorang yang handal di bidang Food and Beverage (F & B), namun karena peluang bisnis F & B di sentral pariwisata di Bali masih sangat besar. Hal tersebut terlihat dari semakin bertebarannya bisnis F & B berbasis warung, café, gerobak, bahkan angkringan di kawasan pariwisata, selain Kuta. Menu makanan dan minuman yang beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen lokal dan domestik, meskipun dalam perekonomian resesi seperti sekarang.

Tahoma sendiri berarti “pemberi air”, yang berasal dari bahasa Latin. Seperti yang kita ketahui bahwa kawasan Seminyak dan Kuta memiliki banyak obyek wisata di pinggir pantai yang ditemani dengan suara deburan ombak. Namun beda halnya di tengah kota yang sangat hiruk pikuk. Butuh “pemberi air” yang bikin pikiran dan fisik kamu ngerasa rileks karena berdekatan langsung dengan alam. Sekilas pandang, nuansa warna hitam, abu, dan putih pada bangunan mencirikan suasana industri yang minimalis namun kuat. Lebih spesifik lagi, konsep tropical-industrial dari tempat ini sangat sesuai dengan konsep “memberi air” jadi orang-orang datang ke Tahoma karena mereka haus, dimana berarti ada nuansa tropis di Kuta, Seminyak layaknya oase di gurun yang panas. Nama ini juga mengisyaratkan bahwa orang-orang yang datang ke Tahoma karena mereka haus, haus dalam arti sebenarnya, haus ketenangan, haus kenyamanan, dan haus kesejukan. So, sobat Mavers yang sering haus, bisa datang ke Tahoma karena menyediakan banyak pilihan minuman yang eksentrik, yang akan melepaskan dahaga segera.

Tahooma-Body8

Konsep tropis juga terlihat dari pemilihan tanaman pada area taman dalam (inner garden), yaitu kaktus, pisang kipas, lidah mertua, dan beberapa tanaman indoor lain. Kaktus memberikan suasana dingin yang cukup romantis dan membuat Tahoma sejuk sepanjang hari. Tanaman pisang kipas membuat kesan luas dan rapi di sisi kiri dan kanan inner garden. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah fungsi tanaman lidah mertua atau lebih dikenal sebagai Sansiviera sebagai anti-radikal bebas, anti-oksidan, dan anti-bakteri. Jadi sobat Mavers nggak perlu takut nongkrong di masa pandemi, karena Tahoma sudah menata strategi purifikasi dan perawatan kesehatan di dalam taman indoor.

Tahoma juga sedang mempersiapkan space terbuka di lantai 2, karena bila semua berjalan dengan baik, maka kami akan membutuhkan kapasitas lebih di atas. Nantinya akan ada rooftop dan dari sana para tamu bisa melihat atmosfir dari pemandangan dan lampu-lampu dari bawah. Sobat Mavers bisa coba beberapa menu andalan Tahoma, salah satunya adalah Tahoma Ice Coffee sebagai signature menu di kelas minuman. Tersedia juga signature menu di kelas makanan, yaitu Tahoma Fried Rice atau nasi goreng Tahoma. Makanan mereka juga sangat beragam mulai dari Pasta, Salad. Serta ada juga menu utama, makanan Indonesia dan Western. Selain itu, tersedia juga beragam starter mulai dari Star Mozzarella Stick, Tahooma French Fries, BBQ Chicken Wings, Ham & Cheese Sandwich, Croissant Sandwich, Mix Platters.

Tahooma-Body7

Buat penggemar cita rasa Italia, Tahoma punya menu andalan dari kelas Pasta Salad, yaitu Caesar Salad. Saudaranya yaitu Rainbow Salad juga wajib dicoba karena bisa membuat kamu sehat. Selain itu, kamu juga bisa pesan menu berbagai Spaghetti, mulai dari Spaghetti Meatballs, Spaghetti Aglio Olio, dan Spaghetti Carbonara. Satu lagi yang tak kalah menarik; kamu bisa tambah additional di menu Italia favorit kamu mulai dari 5ooo-an saja. Menu utama yang pastinya bisa membuat kamu kenyang dan puas sehabis dari Tahoma adalah menu andalan dari kelas Mains, yaitu Beef Yakiniku Rice Bowl dan Chicken Katsu Rice Bowl dan tidak kalah menariknya, yaitu menu lokal inovasi yaitu Chiken Sambel Matah dan masih banyak menu-menu makanan Indonesia dan Western lainnya.Tahooma-Body6

Tahoma punya menu Pastries & Desserts yang tak kalah menarik yaitu ada Pancake dengan topping es krim yang menggugah selera. Es krim vanila dan stroberi juga dapat kamu temukan di Brownies Fudge yang lembut dan empuk. Selain itu, kamu juga bisa coba menu berbagai Croissant, mulai dari Croissant Plain, Croissant Chocolate, dan Croissant Almond. Menu Pastries & Desserts paling enak kalau dikombinasi dengan kopi, teh dan mockail, so Tahoma juga punya menu andalan kopi seperti Espresso, Americano, Long Black, Macchiato, Picollo, Latte, Cappucino, Flat white, dan Affogato. Tidak hanya kopi, kamu juga harus coba seri Coffee Mocktail yang tidak kalah enak seperti Lemon Espresso dan Salted Cream Coffee. Kami juga menggunakan resep rumahan dalam membuat es kopi gula aren, jadi minuman ini akan sedikit berbeda dari minum-minum yang dijual di tempat lain dan juga ada minuman signature lain seperti Mocktails.

Tahooma-Body5

Untuk lantai 2, mereka persiapkan untuk kedepannya, karena bila semua berjalan dengan baik, maka mereka akan membutuhkan kapasitas lebih di atas. Nantinya akan ada rooftop dan dari sana para tamu bisa melihat atmosfir dari pemandangan indah serta lampu-lampu yang berada di bawah. Ini akan menjadi salah satu spot foto yang unik. Inilah yang akan membedakan Tahoma dari yang lain, yaitu konsep dari kombinasi Industrial Tropical dan Entertainment Virtual Reality (VR) Center.

Dalam hal gamesTahooma sebenarnya mempunyai banyak. Mereka memiliki dua yang utama, yaitu Oculus Go dan Oculus Riff, yang dimana masing-masing memiliki 5, jadi total ada 10. Untuk game nya sendiri, mereka mengembangkan game mereka sendiri yang bernama PuputanLejal Patik Kebo Iwa’s struggle adalah permainan multiplayer. Mereka juga berkolaborasi dengan Ristekdikti dan mungkin akan dirilis sekitar September bulan depan. Mereka memiliki beberapa games seperti Drop Death, Deep Horizon, Dead and Buried, Creed glory, Beat Saber, dan disamping itu juga ada Rollercoaster.

Tahooma-Body4 Tahooma-body2 Tahooma-Body1

 

===================================================================================

For more info

Instagram:  @tahoma.cafe

Operational Hours

Monday – Friday 11am – 10pm

Saturday – Sunday 8am – 10pm

Alamat: Jl. Nakula No.78, Pemecutan Klod, Kota Denpasar, Bali


Related Blogs

    Share