WhatsApp Image 2022-01-11 at 17.03.04

REKOMENDASI 5 BAND BANDUNG

Semua kota memiliki scene musiknya masing-masing, mereka berkumpul dan berkarya tulus dari keinginan band masing-masing, dengan beragam macam alasan dan komitmen yang di pegang. Keterbatasan selalu ada di berbagai tempat dengan permasalahannya masing-masing. malah sampai ada scene yang memang kebingungan untuk memproduksi, memasarkan, dan tidak mendapat support untuk hal yang mereka lakukan. Untung nya dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, membuat ekosistem musik semakin dipermudah. Home recording, platform-platform musik dan video, menjamurnya Media Alternatif, membuat pelaku dan penikmat musik bisa terus berjalan menikmati dan melakukan hal tersebut. Tidak sampai di situ, masalah monetisasi timbul, izin keramaian, venue terbatas, menjadi hal yang masih harus di selesaikan setelah masalah-masalah lain sudah mampu “terakali”.

Begitu pula di bandung, walau dengan nama besar ibu kota jawa barat dan sejarah pendahulu yang seperti nya sangat besar dan masif, tidak menjadikan para musisi di bandung mendapat privilage dalam bidang musik.  Dari menjamurnya band-band bagus yang ada di indonesia, dan banyaknya musisi bandung yang menarik untuk di nikmati, berikut 5 rekomendasi band dari bandung yang harus kalian coba dengarkan dan patut untuk kalian ikuti sepak terjangnya di tahun ini ;

 

RUB OF RUB

Rub of rub adalah salah satu band eksperimental dub kontemporer bandung yang sudah sering mengisi panggung dan playlist penikmat musik dub/reggae di bandung dari tahun 2013 sampai sekarang. Bukan penikmat reggae saja, rata rata penikmat musik “indie” pun setidaknya pernah mendengar atau tidak asing dengan band yang di isi oleh Rizwan Sukarna (vocal + guitar), Akbar Nurhakim (synthesizer + guitar), Zona Khautsar (drum) Atma Derajat (Bass). Bagi pendengar yang tidak tau pun setidaknya mereka tetap akan “lepas” layaknya judul lagu paling sering di putar di EP pertamanya “Ruang Waktu” yang di rilis pada tahun 2018.  Pada tahun 2021 akhir pun RoR memberikan suguhan EP Keduanya setelah 3 tahun hanya merilis satu single “Oriental Eksotik”. “Fluktuasi” menjadi EP kedua RoR yang perbedaannya bisa kita rasakan dari EP pendahulunya. Kaya nya referensi yang ingin di eksperimenkan membuat RoR bisa saja menampilkan suguhan yang baru lagi di EP dan album mereka yang akan hadir selanjutnya. Terlebih, lagu-lagu dari RoR ini bisa di nikmati di banyak suasana. Sangat patut di nantikan dan di support keberadaan band RoR ini, karena yang pasti di tahun ini mereka akan banyak “Bersarang” di platform-platform kesayangan kalian dengan beragam sajian yang bisa di nikmati mulai dari video klip, merchandise, rilisan, gigs/festival dll.

ERRATIC MOODY

Rock and roll 60an adalah pondasi yang membangun ERRATIC MOODY, Band SMA yang masih bersama dari 2015 sampai sekarang. Necis, lagu andalan sekaligus single pertama dari Alghifari (vocal/guitar), Agung (drum), reyhan (guitar/vocal), dan alief (bass) sukses memberikan first impression yang kuat untuk para penikmat musik pada saat itu. Lalu, perjalanan mereka di lanjut dengan album “Safari Semi” yang makin menjelaskan karakteristik 4 anak muda ini diawal tahun 2021. Panggung ke panggung sudah sering mereka sambangi dengan penampilan yang “pakem”. Dari segi rilisan mereka sudah bisa di bilang cukup untuk memperkenalkan jati diri mereka sebagai salah satu band rock and roll bandung saat ini. Lirik ringan nan catchy di setiap lagunya bisa mudah di hafal untuk ber “sing along” saat menonton mereka live di gigs/festival. Dengan segala hal yang sudah mereka berikan untuk khalayak, patut untuk kita apresiasi lebih band rock and roll bandung ini. Setidaknya coba dengarkan dulu full album terbarunya “Safari Semi” dengan runtut, dari track “Pembuka” berurutan ke track selanjutnya sampai track terakhir “Akhir Semi”. Mendengarkannya dengan seksama bisa membuat kalian mendapatkan pengalaman mendengarkan album yang membuat kalian ingin mengikuti sepak terjang band ini di tahun 2022.

SATURDAY NIGHT KARAOKE

Band ugal-ugalan, energik, dan seru yang di kenal sebagai SATURDAY NIGHT KARAOKE adalah salah satu band pop punk/punk rock Bandung yang seharusnya sudah kita semua ketahui keberadaannya. Konsistensi dan karyanya di mulai dari 2008 sampai sekarang. Coba dengarkan single “Bam Bam Bam” dan album “Professional Goofbalss” dari SNK bila kalian belum tau band yang satu ini. Track-track tersebut adalah beberapa dari sekian banyak rilisan SNK yang paling menarik perhatian. Selain itu kalian bisa melihat penampilan nasional dan internasional dari mereka di kanal youtube untuk membayangkan performance live mereka sebelum menemukan gigs/festival di sekitar kalian dengan line up berisikan SNK di dalamnya. Walaupun band ini sudah tidak berisikan formasi awalnya, tetapi Prabu Pramayougha (vokal, gitar), Andresa Nugraha (bass, vokal) dan Athif Aiman (drum, vokal) sukses menjadikan band ini menjadi salah satu “jagoan” pop punk/punk rock di bandung saat ini. Lirik-lirik yang ringan dan mudah di mengerti juga menjadi salah satu ciri khas dari band satu ini. Membuat penikmat yang datang bisa ugal-ugalan sambil menyanyikan lagu-lagu mereka dengan lantang. Bagi penikmat piringan hitam pun sudah bisa menikmati Saturday Night Karaoke dalam format tesebut di album teranyar nya “Millenial Kicks”. Dengan keberagaman karya yang mereka berikan secara personal dan kolaborasi, patut kita ulik Band “fun” yang satu ini. Jangan lupa, kalian harus mencoba melihat mereka secara live.

EL KARMOYA

Bila mencari band yang unik, beda dari yang lain, dan saat di dengarkan lagunya enak untuk berdendang, mungkin kalian harus mencoba mendengarkan EL KARMOYA. El karmoya adalah band bernuansa Latin dari Jatinangor/Bandung yang sudah berkumpul sebagai “kartel” sejak 2013 sampai sekarang. Sebelum menjadi “kartel” yang utuh sebagai grup musik latin, sebelumya projek latin ini hanya berisikian dua orang yaitu Pablo (sufy muthahar) vocal dan Bacquanos (husni ahmad haikal) gitar. Di tahun 2018 lah format lengkap band ini tercipta Carlos Deliano (Rezki Delian), Ariado (Rai “Breh” Ariadi), dan Tito (Ade Kurniawan) berbagi bagian percussion, Triando-san (Robi Trianda Putra) di drum, El Wiku (Wiku Al-Fazri) di bass dan Juan (Helmi Raihan) di gitar. Elkarmoya sendiri sudah membuktikan bahwa musik latin nya ini mampu menjadi pilihan di saat kalian ingin berdendang dengan bermain di Soundrenaline 2019 di bali. Serta mereka juga sudah melakukan rangkaian tour ke malang, yogyakarta, tangerang, dan termasuk bali. Mereka juga sudah merilis dua single “Gracias” dan “Jon Kartel”. Ada juga EP Live Recording mereka yang berisikan tiga lagu berjudul Viva la elkarmoya (live) yang bisa kalian dengarkan di platfrom pemutar musik digital. Jangan khawatir walaupun tidak sebanyak yang kalian bayangkan tapi penampilan live nya lah yang sebenarnya membuat elkarmoya salah satu band yang di rekomendasikan. Mereka sangat menghibur dengan gimmick gimmick yang sudah pasti membuat kalian betah untuk menunggu penampilan mereka dari lagu ke lagu lainnya, kalau bahasa sundanya di sebut “bodor” band latin yang satu ini. Mereka juga menampilkan musik video dan konten-konten yang menarik dengan membuat universe “latin” versi mereka yang semakin menasbihkan bahwa mereka adalah salah satu band unik yang harus di ikuti perjalanannya.

BLEACH

Hardcore menjamur di bandung saat ini, anak muda penikmat hardcore bergotong-royong membuat band dan gigs yang berisikan teman-teman hardcore lainnya di bandung. Salah satu dari sekian banyak band hardcore baru ini adalah BLEACH. Bleach muncul dengan warna baru, walaupun banyak yang mendengar sangat mirip dengan band “Turnstile” tetapi Bleach sukses menjadi Band Hardcore yang mampu melakukan inovasi-inovasi yang bisa di bilang berhasil mereka lakukan. Keberaniannya membuat banyak band lain berani juga untuk merilis karya nya ke khalayak umum. Perjalanan Bleach Di mulai dengan EP “Self Titled” yang berisikan tiga lagu, di lanjut single “Treat The Disaese”, dan di akhiri split EP dengan The Couch Club, Group Hip-Hop asal bandung berjudul “Intermezzo”. Mood feeds desain yang full color cukup menarik untuk beberapa penikmat musik. Merchandise dengan desain yang menarik menjadikan merchandise dari bleach bisa menjadi pilihan penikmat musik untuk membeli merchandise band dengan design yang layaknya design brand-brand “gaul” jaman sekarang. Bleach bisa menjadi pilihan penikmat musik yang menyukai genre hardcore dan “heavy riffs”. Mereka pun sudah melakukan small tour jatim di akhir tahun 2021 di tiga tempat yang cukup menarik perhatian sebagai band pendatang baru. Dengan maraknya hardcore saat ini di bandung, Bleach bisa menjadi alasan kalian mendatangi gigs dengan line up yang berisi mereka di dalamnya.

Dari 5 band yang di sebutkan di atas, kalian bisa mencari band-band lainnya dari bandung yang lebih cocok dengan selera kalian. 5 band diatas adalah beberapa band yang layak untuk di ikuti dari banyak nya band-band bandung yang tidak kalah menarik. Kalian bisa mencocokan dengan lagu yang biasa kalian dengarkan, atau kalian bisa mencari band-band bandung yang selaras untuk gigs/festival yang kalian akan buat. Bila band bandung terasa terlalu jauh untuk di undang di daerah kalian, kalian bisa mencari band-band di kota kalian masing-masing yang sudah sangat mudah untuk mencari tau info dan karyanya, yang sudah pasti tidak kalah bagus dengan band-band yang sudah sering malang melintang di flyer-flyer acara musik komersil.

Related Blogs

    Share