MAV03249

RECORD STORE DAY BALI 2021 // ACARA TAHUNAN RECORD STORE DAY DI BALI

Record Store Day adalah sebuah acara tahunan yang diselenggarakan serentak di seluruh Dunia. 12 Juni 2021, tidak hanya Bali saja yang merayakan Record Store Day, tetapi di Jerman, Eropa, inggris dan Amerika pun melakukan acara Record Store Day. Acara ini adalah sebuah ajang Internasional dan Bali sudah 5 tahun berturut turut melakukan event ini. Diawali dulu hanya diikuti oleh 5-15 peserta, peserta ini dalam konteks penjual rilisan fisik, cd kaset, piringan hitam, dan sekarang berhasil mengumpulkan sebanyak 40 peserta dan ini cukup berkembang cepat, karena sebelumnya hanya sedikit yang berpartisipasi dan sekarang bisa mengumpulkan teman-teman untuk berpartisipasi mulai dari kolektor dan toko online.

RSD

Basically untuk menghidupkan kembali kecintaan terhadap rilisan fisik konser, jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya di Mall Bali Galeria ketika masih ada disctara, di Matahari masih ada beberapa toko musik. Sekarang ini sangat sulit dijumpai untuk membeli kaset atau piringan hitam. Ajang ini adalah sebuah surga untuk penggemar musik dan kolektor untuk berkumpul. Selain itu kita juga ingin membuat sebuah ekosistem, dimana bisa membangkitkan kembali bukan hanya dari penjualnya, tetapi musisinya juga bisa menikmati ekosistem yang kita buat.

RSD1

Industri musik yang dulunya lebih ke digital, atau pembajakan dari star digital, orang lebih suka mengumpulkan materi dalam bentuk rilisan fisik, sama halnya seperti kita membaca buku, dimana membaca sebuah cerita di handphone tentunya lebih enak kalau kita membuka bukunya langsung. Sama halnya seperti di vinyl, kita bisa melihat covernya, bisa baca liriknya, ada visual-visual yang menarik dan itu yang membuat industri ini bangkit kembali, bukan hanya di Indonesia saja tetapi juga di seluruh dunia udh diplus. Dan balik lagi menikmati risan dalam bentuk format vinyl CD/kaset.

RSD3

Tujuan Record Store Day ini yaitu untuk menghidupkan kembali, membuat suatu ekosistem dimana rilisan fisik musik bisa hidup kembali, band-band bisa semangat lagi untuk merilis lagu. Ekosistemnya membantu si penjual, si kolektor, dan musisinya untuk membuat lagi. Saat band sudah mulai merilis suatu lagu lagi dan itu melibatkan seorang designer, produser dan itu tentunya semua berkembang. Dari segi musik bukan hanya sekedar showcasting, tapi kita juga ingin melihat dari segi ekonomi membantu banyak pihak.

Record Store Day ini adalah kali kelima tahunnya dan acara ini secara rutin setiap tahun diselenggarakan. Setiap tahunnya ada dua acara yaitu Record Store Day dan Cassette Store Day. Record Store Day biasanya dilakukan pada tanggal 13 April, namun karena pandemi ini secara serentak di dunia dibuatnya 12 Juni. Cassette Store Day, biasa dilakukan di bulan Oktober. Jadi, setahun itu biasa diselenggarakan sebanyak dua kali. Bedanya ada di kemiripan dari keduanya, Kalau Record Store Day lebih fokusnya di piringan hitam. Sedangkan Cassette Store Day lebih fokus ke kasetnya. Kalau kita buat dalam event ini, tentunya semua format ada. Di acara ini kita juga formatnya ada piringan hitam, kaset, CD dan marchandise, ada penjual buku musik dan visual musik, dan ada juga yang menjual poster-poster era-era konser publik 70an yang salah satu orangnya sudah tinggal di Bali dari Kanada, dia juga membuat koleksinya yang vintage.

RSD2

Hardrock Cafe memberikan kita space dan tempat dan mensupport dan mengendorse kita dalam membuat acara ini. Tujuannya untuk membantu UKM dalam arti para peserta booth ini tentunya mereka juga ada peluang untuk menghasilkan sesuatu dari koleksinya, kita ingin supaya dengan kondisi pandemi ini orang yang punya hobi musik juga bisa berkarya, bisa menghasilkan sesuatu, berbagi kesedihan yang sudah ada, karna dengan musik tentunya kita selalu membagikan kebahagiaan, jadi orang yang tampil, band yang tampil, musik yang ditampilkan dan toko musik bisa menghasilkan dan kita ingin melahirkan sebuah ekosistem yang baru.

Disini mereka diberi kesempatan untuk mencari sesuatu yang mereka cari seperti album atau musik dari Indonesia yang mereka yakin kesempatan untuk mendapatkan masih bisa. Acara ini dilakukan memang untuk mengakomodasi para kolektor yang mencari album atau lagu yang mereka butuhkan. Record Store Day ini menggabungkan antara pembeli dan penjualnya dan penikmat musik dan penjualnya. Di komunitas ini tidak ada ketua ataupun staff lain, karena kita kerjasama dalam arti kolektif (sama-sama).

rsd6 rsd7 rsd9 rsd4

rsd3 rsd4 rsd5 rsd rsd1 rsd2 RSD6

===================================================================================

For more info

Instagram: @recordstoredaybali


Related Blogs

    Share