IMG_1703

Perayaan Wisuda April ITB 2021: dari Massa Kampus, untuk Wisudawan

Wisuda, bagi sebagian orang, bukan sekadar penerimaan gelar baru. Wisuda merupakan saat emosional terhadap segala yang ada di depan mata. Perpisahan dengan teman-teman yang selama ini membersamai dalam suka dan duka, terasa sangat dekat sehingga membuat kesedihan yang tak terbendung; kekhawatiran yang timbul akibat masa depan yang tidak pasti sering menghantui diri di manapun dan kapanpun; namun, terkadang, perasaan ini dapat tertutupi oleh kebahagiaan atas terlepasnya kita dari tanggung jawab akademik serta setelah melewati beberapa tahun yang penuh perjuangan. Semua perasaan ini tak terasa karena pandemi membuat semuanya berubah. Perasaan senang yang seharusnya dirasakan tergantikan oleh rasa hampa tanpa teman-teman di samping kita.

Hal ini dirasakan oleh seluruh wisudawan. Tak terkecuali wisudawan  di Institut Teknologi Bandung. Berbicara tentang wisuda, tak afdol jika tidak membicarakan tentang perayaannya. Walau terhalang pandemi, Perayaan Wisuda April di ITB tetap berjalan dan diharapkan dapat menumbuhkan nilai apresiasi kepada wisudawan melalui apresiasi terhadap perubahan potensi dengan berlandaskan  empati, kolaborasi, dan integrasi. Perayaan Wisuda April ITB 2021 sendiri memiliki berbagai kegiatan untuk turut meramaikan acara wisuda para wisudawannya. Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dimulai dengan acara talkshow yang diberi nama “Wisdom” dan diadakan melalui Instagram Live dengan total peserta sebanyak 149. Tujuannya adalah untuk meningkatkan awareness serta wawasan umum massa kampus ITB mengenai hal-hal yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan perkuliahan, akademis maupun non akademis, serta membuka forum berdiskusi secara daring mengenai topik yang diangkat. 

Setelah memfokuskan kegiatan kepada massa kampus ITB, Perayaan Wisuda April ITB 2021 juga membuat acara Reflection Night yang merupakan kegiatan interaksi para  wisudawan dengan alumni ITB yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan wisudawan  mengenai kehidupan setelah lulus dari ITB dan mempersiapkan para wisudawan dalam  menghadapi tantangan yang ada setelah lulus. Acara tersebut dilaksanakan melalui video conference ZOOM Meeting dengan total peserta sebanyak 71. Para narasumber yang merupakan alumni ITB  menceritakan pengalamannya menjalani  kehidupan pasca lulus dan memberikan tips serta  saran bagi wisudawan yang sebentar lagi akan  melalui fase kehidupan tersebut. Alumni ITB yang  diundang merupakan alumni yang memiliki  pengalaman yang berbeda-beda untuk menunjukkan berbagai jalan yang dapat ditempuh  wisudawan setelah lulus dari ITB.   

Tak hanya kegiatan untuk mengembangkan diri, Perayaan Wisuda April ITB 2021 ini juga dirayakan dengan konser virtual sebagai media untuk mengapresiasi purna studi sekaligus media penggalangan dana untuk disumbangkan melalui Charity Event. Pada Charity Concert kali ini turut dimeriahkan oleh Radja, Band TPB, Apres! ITB, Barter, Elwan, Musang, dan OSD HMT-ITB sebagai bintang tamu dan telah disaksikan oleh 3.000 penonton pada Channel YouTube Parade Wisuda April ITB. 

IMG_1708

Charity Event sendiri merupakan kegiatan amal dan penyaluran dana sumbangan yang berasal dari hasil Charity Concert. Charity Event ini dilakukan dengan mengunjungi Komunitas Tanpa Batas, yaitu komunitas yang turut mencerdaskan kehidupan bangsa dan pemenuhan hak anak dalam memperoleh pendidikan yang fokusnya adalah anak jalanan dan kaum marjinal. Kegiatan ini memfokuskan Wisudawan untuk berperan aktif dalam berbagi untuk masyarakat sekitar, yaitu dengan mendonasikan kepada yang membutuhkan.

Institut Teknologi Bandung memiliki ciri khas tersendiri untuk mengakomodasi para wisudawannya. Dari tahun ke tahun, terdapat tradisi arak-arakan yang merupakan kegiatan apresiasi kepada wisudawan. Parade Wisuda April ditayangkan secara daring pada youtube Perayaan Wisuda April ITB 2021 pada tanggal 10 April 2021 dan telah disaksikan oleh 14.282 penonton. Parade ini dilaksanakan dengan proses pemanggilan nama  wisudawan satu per satu untuk mengapresiasi  masing-masing wisudawan secara penuh. Kegiatan juga dilengkapi dengan apresiasi dari Himpunan Mahasiswa Jurusan untuk Wisudawan. Setelah kegiatan arak-arakan ini, terdapat juga sesi Virtual Photoshoot untuk para wisudawan. Virtual Photoshoot Wisudawan adalah sesi pemotretan wisudawan yang bertujuan mengabadikan momen wisuda. Wisudawan dapat berfoto secara individu atau bersama keluarganya. Hal ini diharapkan dapat mengobati rasa sedih wisudawan yang tidak dapat berfoto bersama keluarga ataupun rekan-rekannya di kampus ITB. 

Perayaan Wisuda April 2021 ini tampak berbeda dengan perayaan wisuda lainnya di ITB karena terdapat Majalah Perayaan Wisuda April  yang berjudul “Mercusuar”. Pada majalah ini dijelaskan acara apa saja yang telah dilaksanakan serta konten-konten entertainment yang memuat semua tentang ITB, mulai dari rekomendasi kuliner sekitar kampus Ganesha, spot favorit di ITB, hingga permainan menarik yang dijamin tidak membuat bosan juga terdapat di majalah ini. Selain kedua hal tersebut, pada majalah ini juga memberikan bekal untuk para wisudawan setelah kelulusan, misalnya cara membangun profil LinkedIn yang baik serta tips dan trik untuk melakukan interview kerja.

Hal lain yang unik dari Perayaan Wisuda April ITB 2021 ini juga terdapat website yang berisi profil wisudawan secara lengkap, fitur kirim pesan atau komentar kepada wisudawan, serta konten apresiasi untuk wisudawan. Pada website ini, massa kampus juga dapat membuat avatar melalui Avatar Maker yang dapat mengobati rasa rindu wisudawan dan massa kampus terhadap kampus Institut Teknologi Bandung. Selain itu, terdapat juga Gather Town yang dapat menjadi wadah untuk para wisudawan bercengkerama, berkumpul, dan beramah-tamah secara virtual. Wisudawan dapat mengajak massa himpunan, teman, pacar, atau siapapun yang ingin ditemuinya di Gather Town ini.

IMG_1757

Terakhir, terdapat acara Nonton Bareng yang terbuka bagi seluruh massa kampus. Nobar merupakan kegiatan menonton film bersama untuk memberikan sarana hiburan bagi massa kampus dan wisudawan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan berkolaborasi dengan Unit Kegiatan Mahasiswa di ITB yang berkaitan dengan pembuatan film, seperti Liga Film Mahasiswa.

For more info

Instagram: @itb1920


Related Blogs

    Share