510-body

510 adalah band alternative/rock Indonesia yang berasal dari Bandung beranggotakan Pras Goldinantara (Guitar), Faizal Permana (Vocals), dan Winaldy Senna (Drum). Dahulu, beberapa dari mereka adalah founder sekaligus personil dari SLAP IT OUT yang juga merupakan cikal bakal terbentuknya 510. Karena antusiasme SIO Squad (Fanbase SLAP IT OUT) yang tinggi, dan untuk merealisasikan musikalitas mereka yang telah lama ‘Hiatus”, mereka memutuskan kembali pada tahun 2021 dengan formasi yang baru dimana mereka me-recreate “Alive” sebagai single perdana nya pada tanggal 18 juni 2021 yang telah tersedia di berbagai platform music digital. 

Saat penggarapan single yang mereka re-create, lirik lagu “Alive” sebagian besar ditulis oleh sang vokalis yaitu Faizal Permana, sementara dua personil lainnya menggarap aransemen musikal dari single tersebut. Proses perekaman dilakukan secara mobile., Ical (Sebutan hangat dari Faizal Permana) dan Pras melakukan perekaman Vokal & Instrument (Guitar) di Bandung. Sementara Winaldy selanjutnya melakukan proses Perekaman beberapa instrument, berlanjut Mixing dan Mastering di Mojokerto, Jawa Timur. Tak hanya single, mereka juga baru saja merilis sebuah official music video di kanal YouTube Proses penggarapan MV dilakukan di bandung pada bulan Juni 2021. 

Lebih dalam membahas soal komposisi & materi 510“Alive”, Sebenarnya single ini telah lebih dahulu dirilis oleh Slap It Out pada 2018. Namun Ical & Pras adalah pemilik hak komposisi lagu tersebut. Oleh sebab itu,  materi yang telah di produksi sebelumnya (“Alive”) ataupun masih tahap pre-production (Beberapa lagu lain) di masa silam, akan mereka bawa dan kemas ulang untuk karya-karya mereka selanjutnya, disamping lagu-lagu baru yang sudah diciptakan. Dalam segi musikal, “ALIVE” versi 510 lebih terdengar Atraktif, Groovy dan tetap agresif berbanding dengan versi sebelumnya, Rythmic Section yang tight antara Guitar & Drums menambah kesan agresif dalam lagu “ALIVE”. Untuk perihal sound design, Winaldy selaku Engineer mengemas dan memproses lagu ini agar masih terdengar nyaman di telinga-telinga umum, namun masih kental akan rock & agresifitas hi-gain

Untuk perihal Music Video (MV). Produksi dilakukan di Bandung. Winaldy Senna berlaku sebagai Director & Story Writer dalam MV “Alive”. MV “Alive” sendiri secara garis besar bercerita tentang ajakan kembali yang disimbolkan oleh sebuah TV Jadul yang berisi tentang potongan-potongan video lama para Squad, serta “Permintaan Comeback” dari para pendengar. Ketiga personil satu persatu menonton sebuah tayangan jadul tersebut, dan memutuskan untuk bersatu dan melanjutkan apa yang harus dilanjutkan Disimbolkan dengan berkumpul lah mereka dalam satu ruangan di bagian reff akhir.

Dalam perilisan / hearing session 510 – “Alive”, mereka seharusnya membuat intimate hearing session di Bandung pada tanggal 18 Juni 2021. Namun H-1 pemerintah kota setempat mengeluarkan peraturan baru yang akhirnya memaksa para tim mengurungkan niat acara tersebut. Dan akhirnya acara tersebut disiarkan Online melalui IGTV dan berlanjut Premiere bersama di Youtube yang disaksikan oleh 500 orang pada saat pelaksanaan Acara Online 510 tersebut.

Langkah selanjutnya, 510 berencana untuk merilis EP/ Mini Album, Music Video lainnya, dan beberapa project yang sedang mereka kerjakan satu per satu sampai saat ini. Jika diberi kesempatan, 510 akan menggelar Creative Intimate Tour di beberapa kota untuk mempromosikan single dengan formasi yang baru. 

 


================================================== =================================

For more info

YouTube:  510

Related Blogs

    Share