bodyKONSOL

5 GAME KONSOL ANAK 90-AN TERBAIK

Jangan ngaku jadi anak 90an kalo kamu belum tahu game konsol dari daftar ini! Game Console adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk memainkan video game. Permainan baru bisa dimainkan atau dijalankan dengan konsol yang dihubungkan dengan televisi atau monitor, lalu pemain dapat berinteraksi dengan menggunakan joystick atau suatu controller yang memuat beberapa tombil serta kontrol arah untuk mengedalikan game yang ada di layar. Bermain game konsol lawas merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan oleh anak-anak di tahun 90-an. Bagaimana tidak, bermain game konsol terasa canggih juga menyenangkan pada zaman itu. Walaupun video game sudah menjamur pada akhir dekade 70-an, di Indonesia sendiri era keemasannya muncul di tahun 90an. Nah sekarang giliran buat mavers nostalgia nih, berikut daftar 5 game konsol anak 90-an terbaik menurut Mave Magazine.

Nitendo Entertaiment System (NES)

SONY DSC

 

Pada mulanya Nintendo memproduksi semacam kartu permainan ketika berdiri di tahun 1889. Konsol pertama yang diproduksi oleh Nintendo adalah seri Color TV Game yang mulai diproduksi tahun 1977. Konsol klasik ini merupakan generasi ketiga dari perusahaan Nitendo pada tahun 1983 yang mempunyai kualitas vidieo 8-bit. Di Jepang sendiri, NES dikenal dengan nama Nitendo Family Computer (Famicom) yang mendapat predikat “Best Selling Gaming Console”.

SEGA Mega Drive

SONY DSC

Dirilis pada tahun 1988 di Jepang, sementara di negara lain dirilis pada tahun 1990. Game yang biasa disebut dengan Sega Genesis ini merupakan kompetitor dari Nitendo, kelebihan yang ia memiliki adalah keunggulan dari segi grafis dibanding pesaingnya yaitu 16-bit. Salah satu game unggulannya adalah Sonic The Hedgehog. Kaset yang berukuran besar menjadi daya tariknya sendiri.

Sony Playstation (PS 1)

Playstation

Pada masa ini era kaset pita mulai berganti dengan CD (Compact Disk). Dengan mengeluarkan konsol game yang lebih moderen, Sony mengeluarkan Sony Playstation yang memiliki grafis lebih baik yaitu 32-bit. Diluncurkan petama kali di Jepang pada 3 Desember tahun 1994. Indonesia sendiri pada era itu mulai beredar banyak rental PS yang mudah ditemui dimanapun untuk bermain besama teman maupun sendiri walaupun tak harus mempunyai barangnya. Selain itu PS mempunyai tombol joystick yang lebih lengkap.

Nitendo Game Boy

Game Boy

 

Balik lagi ke tahun 89, meluncur pertama kali di Jepang pada tahun 89, konsol 8-bit yang mudah dibawa kemana-mana alias portable. Berbentuk kotak simple dan memiliki layar dot-matrix hijau kusam. Dilengkapi dengan speaker serta lima tombol kontrol. Salah satu game terbaik nya adalah Tetris.

Game Arcade (Dingdong)

Game Arcade

Dingdong merupakan sebutan di Indonesia untuk permainan arkade. Game Arcade adalah sebuah mesin yang isinya memuat video game dengan dilengkapi oleh kontroler yang sistem pengoperasian menggunakan koin dan bisa ditemui di banyak tempat umum bahkan mempunyai semacam rental PS tersendiri (buka Timezone ya itu terlalu mewah hehe). Sejarah sebenarnya pada tahun 1930 muncul pertama kali mesin Pinball. Namun salah satu yang populer di era 90an adalah game Street Fighter.

Related Blogs

    Share