bodyfilmmusik

5 REKOMENDASI FILM TENTANG DUNIA MUSIK

Jangan hidup di dunia musik kalo belum nonton film dari daftar ini! Dunia musik sangatlah luas, ya kalo diibaratkan kamu gabisa masukin semuanya kedalam kantong celana mu. Ga cuman jadi musisi untuk terjun ke dunia musik, kamu bisa jadi jurnalis musik, event organizer (EO) atau paling enggak kamu jadi soundman. Yup, musik adalah salah satu aspek yang paling melekat dengan kehidupan sehingga tidak bisa dilepaskan jauh dalam karya seni film. Melalui film terdapat musik sebagai soundtrack yang membuat cerita didalamnya terasa lebih hidup walaupun tanpa dialog. Banyak penggiat sineas atau pembuat film menggunakan formula ini, sampai-sampai mereka menyajikan segudang judul film bertemakan musik atau musisi. Hadirnya juga film dengan mengambil sudut pandang dunia musik, menawarkan sejuta cerita-cerita yang menarik untuk dilihat. Tidak hanya mewarnai kacamata orang dewasa, film yang bercerita tentang musik seringkali bermain di prespektif anak, bahkan menampilkan dengan format animasi. Film tentang musik juga dihadirkan dengan beberapa genre, misalnya drama, komedi, petualangan bahkan horror. Nah buat kamu nih pengen berkarir di dunia musik atau ga pengen tahu tentang dunia musik, berikut rekomendasi film tentang dunia musik.

School of rock (2003)

Dewey Finn yang diperankan oleh Jack Black adalah seorang guru pengganti  yang gagal menjadi rockstar. Bermula dari setelah ia keluar dari bandnya dan menyamar menjadi guru si sekolah gedongngan, berahlih profesi karena gaji yang ditawarkan mengingat tagihan kamar yang disewakan oleh temannya sudah jatuh tempo. Gilanya bukan mengajar matematika malahan semangat untuk membentuk sebuah band yang berisikan siswa kelasnya, yang tujuannya untuk memenangkan sebuah kompetisi band.

Almost Famous (2000)

William sebagai remaja 15 tahun yang hidup dikekang oleh sang ibu. Walaupun menikmatinya, namun kehidupan yang ia jalani berubah saat kakaknya meninggalkan banyak warisan musik rebel untuk didengarkan. Semenjak itu William mulai mengamati musik bahkan menulis kritik tentang musik, kerennya ia terjebak dengan petualangan sebuah band yang sedang miniti karir untuk naik.

Sing Street (2016)

Dengan komedi romantis, Sing Street mengisahkan seorang anak laki-laki membentuk sebuah band untuk menaklukan hati seorang perempuan. Mempunyai latar Irlandia pada tahun 1980, Cornor merupakan seorang remaja yang tinggal di Dublin, yang disayangkan ia merasa kurang nyaman akan sekoalahnya. Sampai pada ia bertemu dengan seorang gadis Raphina yang mengaku dirinya sebagai model, lalu Cornor meminta bantuan agar Raphina menjadi model untuk bandnya. Tanpa disadari  Cornor menyimpan rasa terhadap Raphina.

Rock Star (2001)

Chris “Izzy” Coles adalah seorang salesman perlengkapan kantor di Pittsburgh, yang juga merupakan penyanyi di paduan suara gereja. Bahkan ia mempunyai band jalanan alias band tribute yang menyanyikan lagu band Steel Dragon. Hitungan hari, Chris masih tinggal dirumah dengan orang tuanya dan menghabiskan hari-harinya memperbaiki mesin fotokopi. Tetapi semua berubah ketika Chris tampil di panggung, didepan Pennsylvania’s premiere Steel Dragon tribute band, Ia memukau penonton dengan imitasi yang sempurna dari vokal “electrifying beers”. Disinilah awal mula keseruannya dimana ia mulai berdaptasi dengan dunia rock ‘n’ roll.

Whiplash (2014)

Mengisahkan Andrew Neiman yang berhasil masuk sekolah musik terbaik di Amerika Serikat. Tidak tumbuh keluarga musisi, namun tekad dan semangatnya sudah cukup bulat untuk menjalani karirnya. Dilatih oleh Terence Fletcher yang terkenal keras dan tegas dalam melatih yang baru awal latihan, dengan tanpa ragu memaki dan menampar Andrew. Tidak hanya itu Fletcher bahkan sampai melempar kursi ke Andrew karena kesalahannya dalam memukul drum.


Related Blogs

    Share