vox-01

Manusia sebagai makhluk yang dibekali akal pikiran, tidak lantas membuatnya lebih tinggi derajatnya dibanding makhluk hidup lain. Sebab pada kenyataan, manusia sendiri yang lebih banyak berkontribusi dalam penghancuran alam maupun sesamanya.

Fenomena tersebut berusaha ditangkap lewat kacamata Doni Herdaru Tona. Sebagai seorang aktivis hewan sekaligus pendiri Animal Defenders Indonesia, ia merasa perlu untuk menyuarakan hal-hal yang berdekatan dengan aktivitasnya sehari-hari yakni membangun kesadaran tentang kesejahteraan hewan domestik.

Apa yang disuarakan Doni melalui proyek musik terbarunya ini tentu bukan omong kosong belaka. Perilaku menyayangi hewan sudah diterapkan sejak kecil, hingga pada suatu titik ia benar-benar mendedikasikan hidupnya merawat hewan-hewan terlantar, terluka, maupun menyelamatkan mereka jadi sajian di meja makan.

Dalam perjalanannya, Doni menyaksikan bagaimana manusia menindas makhluk lain yang dianggap lebih rendah derajatnya dalam konteks ini adalah hewan. Menurutnya, tindak kekejaman pada hewan adalah suatu sinyalemen adanya gangguan kejiwaan yang pada tahap selanjutnya, akan mengincar korban yang lebih besar yakni manusia. Hal tersebut dibuktikan dari berbagai penelitian kejiwaan pada kasus-kasus animal cruelty.

Banyaknya kasus kekejaman pada hewan yang ia jumpai membentuk konsistensi akan perjuangannya sampai pada titik ini. Kekesalan, kemarahan, dan kemuakan atas superioritas manusia ia manifestasikan dalam tembang berjudul “Primata Durjana” sebagai salah satu single yang dilepas Vox Mortis beberapa waktu lalu.

=======================================================================================

For more info 

Instagram: @voxmortis.official

Youtube : vox mortis official

Related Blogs

    Share