VBJ_header

JJ Gonzales, seorang denim disainer, telah menghabiskan dua minggu untuk tinggal di fasilitas tes material wash-house Volcom di kota Los Angeles dan detil final untuk peluncuran koleksi Volcom Brand Jeans. “Semuanya baru,” katanya, “pada dasarnya, kita memulai dari awal lagi.”

Dengan rambut gelap dan panjang sebahu, senyum yang lebar sambil mengenakan celana jeans yang belum dicuci selama tiga bulan, JJ menjelaskan prosesnya, “Saya telah bekerja di Volcom untuk pengerjaan denim selama lebih dari 10 tahun, dan saya selalu berusaha menjadikan denim Volcom berbeda dengan merek lain. Dulu kita banyak melakukannya dengan sudut potong yang aneh, jahitan yang berbeda dan lainnya, selalu berusaha bereksperimen, dan menjaga agar tetap aneh. Dan semua itu keren, namun melihat ke depan, saya ingin melakukan sesuatu yang baru.

Dan selagi Volcom memperkenalkan kampanye Real Life Happening, hal ini menjadi momen yang tepat untuk mengubah produk denim Volcom. Mike Aho, direktur kreatif Volcom menyebut Real Life Happening sebagai sebuah langkah untuk “menjadikan brand lebih ekslusif – dengan pemikiran untuk mengingatkan orang-orang, untuk meletakan smartphone mereka dan keluar melakukan sesuatu yang nyata. Apasaja. Pergi berkelana di jalan, memulai band, mendaki gunung, bermain skate – pada dasarnya adalah mengajak mereka untuk lebih berpartisipasi dalam kehidupan. Ide keseluruhannya adalah tentang bertumbuh dan terbuka untuk mengeksplorasi hal-hal baru.”

vdenim14-9425

Bagi JJ dan tim denimnya, hal ini menjadi lampu hijau untuk memulai ulang. “Kami ingin tetap mengikuti sejarah dari Volcom namun juga kami ingin terus berkembang,” tuturnya, “dan inspirasi datang dari banyak tempat. Saya melihat ke belakang dan mencoba untuk membuatnya lebih modern. Kadang saya melihat sebuah cover rekaman atau gambar lama yang memberikan saya ide. Banyak dari ide tersebut menjadi proses mencoba dan gagal, dan saya sudah melakukannya cukup lama, jadi ini akhirnya lebih kepada proses evolusinya: bahan baru, warna yang berbeda dengan proses yang juga berbeda. Sudah menjadi tugas saya untuk terus melihat ke depan. Dan kami tidak hanya melakukannya pada disain dan detil saja, tapi kami juga melakukannya pada bahan materialnya. Saya sudah bekerja sama dengan banyak vendor denim untuk mengembangkan denim baru yang membawa karakter yang kami inginkan, seperti bahan yang lentur dan anti mikroba.” Dan dia menggarisbawahi, “Saya hanya ingin membuat sesuatu yang semua orang bisa kenakan dan saya senang akan hal tersebut. Saya tidak berusaha untuk mengejar trend. Saya tidak ingin melakukan hal baru hanya untuk trend; saya melakukan hal baru dengan pemikiran kolektif dari segenap tim skate Volcom. Dan bila saya tidak melihat mereka mengenakan produknya, denim yang baru ini tidak akan terwujud.” Dan setelah 20 tahun melalui pengalamannya mendisain denim fit for movement, hal tersebut menjadi formula yang terbukti dan merefleksikan etos brand, True To This. Tim skate veteran – Dustin Dollin melihatnya seperti berikut: “Volcom jeans sangat pas, terlihat bagus dan bertahan walaupun disalahgunakan, apalagi yang bisa kita minta dari sebuah produk denim?”

Dengan kalimat baru, It’s more with less. Hal ini menjadikan pendekatan yang lebih rapih dan gaya yang tidak terkekang oleh sebuah era/masa, dan fitur-fitur efisien yang tidak membiarkan satu detilpun terlewatkan. JJ menjelaskannya sebagai berikut, “kami menyajikan tampilan yang lebih rapih dan sederhana: gaya basic 5-pocket dengan dekorasi material yang diperbaharui menjadi tembaga klasik dan warna matte black, retsleting, dan kancing bucklenya – yang membuat saya sangat takjub – tidak mudah rusak. Juga ada embro yang jelas dan terlihat seperti label, jahitan ganda dan kami juga membiarkan signatur Volcom tetap ada seperti kantong (Volcom pantented) handphone yang tersebunyi, kantong koin yang terpisah dan posisi penahan ikat pinggang yang membentuk seperti huruf V,” dan dia berhenti sejenak lalu melanjutkan tambahan penjelasannya “semuanya ada pada detilnya. Dan kami tidak mencurangi detilnya – hal tersebut adalah sesuatu yang kami banggakan.


Related Blogs

    Share