urbanvillage

Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, konsentrasi Marketing Communications, Telkom University Bandung kembali selenggarakan acara rutin tahunan Big Event Marketing Communications “Urban Village 2019” bertema Masterpiece of West Java, acara puncak digelar di Cikapundung River Spot, Bandung, (Minggu, 30/11/19).

Untuk keempat kalinya kegiatan promosi daerah di Indonesia ini dilaksanakan sejak 2016 lalu. Kali ini terpilih Cianjur, Kuningan, Pangandaran, Subang, Tasikmalaya, Bogor, dan Indramayu.

Sejak tahun 2018, Urban Village mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Para mahasiswa ingin mengenalkan potensi daerah yang ada pada tujuh kota atau kabupaten tersebut, terutama terjait potensi budaya dan kearifan lokal.

Urban Village secara konsisten mengusung kampanye sosial yang melibatkan kelompok disabilitas. Saat ini, minimnya ruang berekspresi bagi disabilitas menjadi salah satu alasan kembali diusungnya kampanye sosial ini. Tim Urban Village 2019 menyadari bahwa kelompok disabilitas memiliki bakat dan potensi yang perlu diketahui dan dikenal oleh masyarakat luas.

Salah satu bakat yang ditemukan ada pada Heri, misalnya. Siswa Sekolah Luar Biasa B Bandung yang memiliki bakat di bidang olahraga ini berhasil mengikuti berbagai ajang kejuaraan nasional dan internasional. Selain pada bidang olahraga, bakat-bakat lainnya seperti modelling, musik, dan kesenian yang dimiliki oleh penyandang disabilitas sudah seharusnya lebih banyak diperlihatkan ke masyarakat agar stigma yang masih dimiliki sebagian besar masyarakat terhadap disabilitas berubah ke arah positif.

Sebelumnya pada tanggal 22 Oktober yang lalu, teman-teman disabilitas dari SLB B Sukapura telah menampilkan tarian dan pertunjukan musik dalam Pra-Event 2 Urban Village 2019 di Aula Timur Gedung Sate. Terbukti, penampilan dari teman-teman disabilitas mengundang haru dan apresiasi yang sangat tinggi dari para tamu undangan.

Pada puncak acara Urban Village, Sabtu 30 November 2019 ini, disabilitas dari berbagai Sekolah Luar Biasa di Bandung ini akan menampilkan Tari kepruk, tari legenda sangkuriang, dan seni musik zimbe. “Kami ingin memberikan ruang berekspresi bagi teman-teman disabilitas sebagai wujud dari komitmen inklusifitas bagi mereka untuk menunjukkan bakat dan potensi yang dimiliki kepada masyarakat luas lewat kampanye Langkah Jawara Jabar. Adanya fasilitas berupa ruang ekspresi untuk potensi dan prestasi yang dimiliki teman-teman disabilitas, besar harapan kami Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung dan menciptakan lebih banyak kegiatan yang libatkan disabilitas,” ujar Bunga Rachmalia, Ketua Pelaksana Urban Village 2019.

Rangkaian Urban Village sendiri terdiri dari Idea Fest, Pra Event 1, dan Pra Event 2. Idea Fest merupakan rangkaian awal Urban Village 2019 di mana seluruh kelas partisipan yang terdiri dari 350 mahasiswa dari konsentrasi marketing communications Telkom University beradu ide dan konsep city branding untuk mengangkat potensi yang ada pada tujuh kota dan kabupaten di Jawa
Barat.

Kemudian rangkaian acara ini dilanjutkan dengan kegiatan Pra Event 1 yang berfokus pada implementasi mata kuliah aktivasi merk dan kampanye sosial tiap-tiap kelas partisipan di lingkungan internal Telkom University melalui pawai budaya, performing arts dan dengan dibentuknya berbagai creative and informative booth. Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Pra Event 2 yang dilaksanakan di Aula Timur Gedung Sate dan Taman Lansia berupa kegiatan seminar dan diskusi terbuka yang melibatkan akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah dan media dari tujuh daerah terpilih di Jawa Barat.

urbanvillage2

Acara puncak Urban Village 2019 merupakan selebrasi berupa pesta rakyat yang ditujukan untuk audiens umum di ruang terbuka yang dihiasi pula dengan penampilan kebudayaan khas Jawa Barat dari kelas partisipan, dan teman-teman penyandang disabilitas.

Selain penampilan pertunjukan seni, berikut adalah beberapa hal yang dapat ditemui di Main event Urban Village 2019.

1. Amengka Jabar 4D booth
Merupakan booth yang berisikan mengenai informasi umum tentang Urban Village; Spot Foto dengan Permainan dan Merchandise Nuansa Desa Tradisional, dan Wall of Hope.

2. Cultural Performing Arts
Pertunjukan oleh peserta Urban Village 2019 (Mahasiswa Komunikasi konsentrasi Marketing Communications, Universitas Telkom dan Siswa dari Sekolah Pendidikan Khusus di Bandung).

3. West Java’s Hidden Treasure Exhibition Galleries of 7 Cities in West Java

4. Urban Village Colorful Night
Pertunjukan dengan tema Glow in the Dark (penonton masing-masing akan diberikan gelang bercahaya).

Kami yakin bahwa keberhasilan acara ini tentu dapat tercapai dengan dukungan yang diberikan oleh berbagai pihak baik akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah dan media. Oleh karena itu, kami turut mengundang awak media agar dapat hadir untuk meliput dan menyukseskan kegiatan Urban Village 2019 ini.

=======================================================================================

For more info

Instagram@urbanvillagetel_u


Related Blogs

    Share