UI-BODY

UNIVERSITAS INDONESIA // GELAR ACARA TAHUNAN “THE 17 TH UI BOOK FESTIVAL”

Depok, Oktober 2021 – UI Book Festival merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia (IMASIP UI) sebagai wadah bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan dan mengaplikasikan pengetahuannya tentang dunia informasi dengan mengemasnya secara menarik. Tahun ini, The 17th UI Book Festival kembali diselenggarakan dengan mengusung tema “Digital Youth : Social Media Engagement”.

Tema ini dipilih dengan mempertimbangkan perilaku informasi di era teknologi, dimana kehadiran inovasi teknologi telah membawa dampak fundamental kehidupan baru bagi manusia, yaitu kehidupan digital. Sosial media menjadi inovasi yang paling berpengaruh karena menjadi wadah digital yang paling sering digunakan, terutama para remaja.

Maskot yang digunakan oleh The 17th UI Book Festival adalah Token Digital. Token menjadi simbol kehidupan di dunia digital, sedangkan lambang kepala di dalamnya mengindikasikan manusia yang kini telah hidup di dunia digital tersebut dan memiliki hak untuk berkegiatan di dalamnya. Kegiatan manusia tidak memiliki hasil yang baik, maka dari itu token dibuat dalam bentuk hexagon untuk memadukan nilai stabilitas.

Acara ini akan dilaksanakan secara online mulai 30 – 31 Oktober 2021 melalui platforms Instagram, Youtube, dan Zoom Meeting. Beberapa rangkaian acara tahun ini, yaitu:

1. Bedah Buku dengan memberikan informasi mengenai proses pembuatan sebuah buku dari seorang penulis

2. Talkshow dengan mendatangkan pembicara berkompeten di bidang sosial media dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait media sosial.

3. Literacy Competition diperuntukan bagi kalangan mahasiswa di seluruh universitas yang ada di Indonesia dengan tiga cabang lomba, yaitu Esai, Poster, dan Video/TikTok Challenge.

4. Kids Zone diperuntukan bagi kalangan siswa Sekolah Dasar di seluruh Indonesia dengan tema mengenai Bhineka Tunggal Ika Bagi Generasi Penerus Bangsa yang akan diadakan 3 cabang lomba, yaitu Menyanyi, Mendongeng, dan Membaca Puisi.

5. Workshop sebagai acara pembuka dari The 17th UI Book Festival dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya terkait pengaruh media sosial dengan cara mengembangkan dan memberi bermanfaat di media sosial.

6. Charity sebagai kegiatan penutup dari The 17th UI Book Festival yang berfokus dengan membantu teman-teman dari Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19 dari segi ekonomi dengan memberikan bantuan berupa sembako.

Acara ini bertujuan untuk mengkampanyekan pembuatan konten informasi yang menarik sehingga dapat mengedukasi masyarakat untuk membentuk perilaku informasi yang sehat dalam menggunakan sosial media serta menyediakan kesempatan untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan secara kompeten dari lomba yang terbuka untuk umum. Selain itu, acara ini dapat menjadi salah satu wadah penyedia informasi bermanfaat yang dikemas dengan acara-acara yang bersifat edutainment bagi pengguna informasi. Dengan demikian, acara ini diharapkan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa, pelajar, pekerja, maupun masyarakat umum non-akademik agar tujuan serta manfaat dapat tersampaikan dengan baik.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @uibookfestival  

Twitter: @uibookfestival

Youtube : UIBookFestival

Related Blogs

    Share