hemispheres-vol.1-side-b UTBBYS-New

 

Under The Big Bright Yellow Sun satu-satunya perwakilan Dari Asia di Kompilasi Post-rock Amerika.

 

Band post-rock asal Bandung, Under the Big Bright Yellow Sun (UTBBYS), menjadi satu-satunya perwakilan asal Asia di kompilasi Hemispheres: Volume 1. [Side B] yang dirilis pada Jumat, 20 Januari 2017 lalu oleh label A Thousand Arms, sebuah label asal Montana, Amerika Serikat.

UTBBYS dalam kompilasi tersebut tergabung bersama band-band post-rock  dari berbagai belahan dunia seperti Australia, Selandia Baru, Brasil, Argentina dan Chili. Sedangkan dalam Hemispheres: Volume 1 [Side A], didalamnya berisikan band-band post-rock asal Amerika dan Kanada, termasuk beberapa nama yang sudah tidak asing dalam belantika musik post-rock instrumental seperti Caspian dan Au Revoir.

UTBBYS dalam kompilasi Hemispheres: Vol. 1. [Side B] ini memperkenalkan sebuah single baru berjudul “Bertahan” (Angelic Version), yang merupakan gubahan (cover) dari lagu milik legenda hardcore/punk Bandung, Jeruji. Dalam single “Bertahan” (Angelic Version) ini UTBBYS dibantu juga oleh beberapa musisi ternama untuk mengisi bagian choir seperti Grace Sahertian, Theoresia Rumthe, Aumdayu (Tetangga Pak Gesang), Yudhaswara (Nada Fiksi), Johanes Fayakun dan Eka Karya Safsafubun. Lagu tersebut juga terdapat pada track terakhir album terbaru Jeruji, Stay True, yang baru diriis belum lama ini oleh Grimloc dan Monster Stress Records.

Menurut Didi, bassist UTBBYS, awal mula bisa masuk kompilasi itu diawali dari perkenalannya dengan David Zeidler, seorang scenester musik post-rock Amerika pada July 2016. “Kita ada pada sebuah grup yang sama di salah satu jejaring sosial media. Lalu saya membaca postingan dia tentang proyek kompilasi yang dia kerjakan bersama temannya A Thousand Arms Music. Kemudian saya mencoba untuk berkomunikasi dengan dia bertanya tentang proyek itu yang ternyata sudah dirilis. Tiba-tiba sekitaran bulan November, David mengirim pesan lagi tentang dia akan membuat proyek kompilasi baru sekitaran awal tahun 2017, dan menawarkan apakah UTBBYS berminat untuk ikut. Tanpa pikir panjang saya langsung menyatakan kalau berminat untuk ikutan padahal belum nanya ke anak-anak UTBBYS yang lain.” Ujarnya.

Bisa berada dalam satu kompilasi dengan sang idola tentu merupakan hal yang membanggakan, hal tersebut juga diungkapkan Didi yang menjadikan Caspian sebagai salah satu influence UTBBYS dalam bermusik. “Perasaan bisa ada dalam satu kompilasi dengan Caspian pastinya sangat luar biasa. Setelah sempat ada di festival yang sama tapi beda hari jadi gak kesampean nonton (Mosaic Music Festival, Singapura 2014), sekarang bisa ada di satu rilisan kompilasi. Caspian salah satu influence saya secara pribadi, semoga ini menjadi awal langkah yang baik untuk kami.” Lanjut Didi penuh harap.

 

Simak Kompilasi Hemispheres: Vol. 1. [Side B] di tautan berikut ini.

http://athousandarms.bandcamp.com/album/hemispheres-volume-i-side-b

 

instagram : utbbys

Related Blogs

    Share