UNDELAYED

Kehilangan merupakan fase terberat dalam hidup seorang manusia. Banyak dari kita pasti pernah merasakan pahitnya kehilangan sesuatu yang berarti dalam hidup. Mungkin kehilangan orang terkasih, materi, atau pekerjaan. Sungguh berat rasanya untuk beranjak dan melanjutkan hidup setelah kehilangan sesuatu yang sangat berarti bagi kita, tetapi Undelayed mengajak kita untuk tidak menyerah dan berusaha menerima semua takdir dengan dada yang lapang.

Meninggalkan Kehilangan‘ adalah lagu terbaru dari Undelayed, unit Alternative Metalcore asal Bintaro, Jakarta Selatan. Setelah hampir satu tahun tak merilis materi baru, band yang kini digawangi Yanuar Rizky (Voka), Dzikri Mufidi (Gitar), Edrian Purnama (Gitar), Raga Maharasta (Bass) dan Yudha Erlangga Putra (Drum) kembali dengan lagu yang bisa dibilang paling emosional dan personal yang pernah mereka tulis. Bergabungnya Raga Maharasta yang merupakan mantan bassist Sequel of Sunday memberikan pengaruh positif bagi Undelayed karena Raga juga terlibat dalam penulisan single ‘Omit’ yang dirilis setahun lalu.

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang kehilangan figur yang sangat berarti untuk dirinya, perjuangannya untuk berusaha lepas dari efek buruk sebuah perpisahan dan akhirnya bisa ikhlas merelakan orang terkasih tersebut pergi dari hidupnya. Terasa sangat jujur dan personal karena lirik dalam lagu ini diangkat dari pengalaman sang vokalis Yanuar Rizky yang hubungannya terpaksa kandas di tengah jalan.

Sebagai seorang manusia biasa, proses meninggalkan sebuah kehilangan merupakan tahapan yang harus dilalui. Walau akan banyak hal ga enak dalam prosesnya, tetapi demi kebahagiaan, semua itu harus dilakukan. Karena setiap individu manusia layak untuk bahagia” tutur Yanuar tentang esensi dari lagu ini.

“Meninggalkan Kehilangan” ditulis oleh Dzikri Mufidi dan Raga Maharasta. Lagu ini menjadi yang paling lama dalam proses pembuatannya karena hampir satu tahun Undelayed menggodok lagu ini di dalam studio. Liriknya sendiri ditulis oleh Raga Maharasta.

Metalcore tetap menjadi senjata utama Undelayed, tetapi kali ini mereka mencoba untuk menghadirkan Metalcore dengan pendekatan yang lebih sentimentil. Ambient gitar yang mengalun lirih dipadu dengan breakdown heavy khas Metalcore dan chorus yang emosional. Pengaruh band seperti Architects, Northlane, Invent, Animate sampai Padi dan Peterpan terasa kental di lagu ini.

Padi dan Peterpan dikenal sebagai band alternative rock yang memiliki sisi vulnerable yang kental di dalam setiap lirik dan musiknya. Sisi itu yang menurut gue paling pas buat Undelayed saat ini. Sekaligus karena lirik di lagu ini berbahasa Indonesia, akan sangat natural jika kita ambil inspirasi dari band Indonesia juga. Mungkin akan terasa fresh karena hampir semua band Metalcore disini pengen kedengeran kaya band luar” ujar bassist Raga Maharasta.

Lewat ‘Meninggalkan Kehilangan’ mereka berusaha memberikan pesan jika kehilangan hal yang berarti untuk kita bukanlah akhir dari hidup. Prosesnya memang melelahkan dan perih, tapi jika kita berhasil melewatinya, niscaya kedamaian pasti akan kita rasakan.


=======================================================================================

For more info

Instagram : @undelayed

Youtube      : UNDELAYED

Facebook   : Undelayed


Related Blogs

    Share