posterUI Film Festival 2016 (UIFF) merupakan festival film yang dibesut oleh UKM Sinematografi UI sebagai salah satu festival film yang turut serta dalam perkembangan film di Indonesia. UIFF pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014 dan berfokus pada literasi, apresiasi, kompetisi, pun diskusi film pendek mahasiswa dari seluruh Indonesia. Juga, UIFF turut dimeriahkan oleh berbagai komunitas dan penggiat film dari seluruh Indonesia.

Tahun ini, UIFF  mengusung tema besar “Apresiasi Kebebasan Berekspresi Mahasiswa Melalui Sinema” yang diselenggarakan pada 20 – 23 September 2016 di Aula Apung dan Taman Lingkar Perpustakaan Pusat UI Depok, JawaBarat.

Rangkaian acara UI Film Festival 2016 terdiri dari Opening Ceremony, Pemutaran Shorties A & B, Diskusi Mahasiswa Bicara Film, Mosean Picture, Sinema Kaki Lima, Program Diskusi Kanan Kiri, Oke!, Pemutaran Film Kompetisi, dan Closing Ceremony.

Opening Ceremony

Acara ini merupakan acara pembuka yang akan menjelaskan garis besar acara UI Film Festival2016 seperti latar belakang, tujuan acara, dan program-program yang disediakan. Dalam program ini punakan dilakukan penayangan pilihan film kompetisi UI Film Festival 2015 untuk melihat kilas balik dan mengapresiasi film-film kompetisi UIFF tahun lalu. Acara ini akan berlangsung pada 20 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi tertutup untuk umum.

 

PemutaranShorties A&B

Program ini adalah kompilasi film pendek produksi para film maker muda pada tahun 2015 – 2016. Film-film pendek yang akan ditayangkan memiliki genre yang bervariasi sehingga dapat menyegarkan mata penonton.

Tujuan Pemutaran Shorties A & B adalah program ini dapat menjadi wadah apresiasi bagi parasineas muda yang dihadirkan di dalam ruang pemutaran alternatif. Juga, pemutaran ini dapat diharapkan mampu menjadi sebuah literasi sinema dilingkungan kampus. Selain itu, sesi tanya jawab pun dibuka setelah pemutaran film guna menambah wawasan produksi film dan sesi ini dapat menjadi kesempatan para calon sineas untuk memproduksi bakal buah kreativitasnya.

Terdapat pula total 10 film yang akan ditayangkan dalam program ini. Dengan rincian 5 film dalam Shorties Adan sisanya dalam Shorties B. Program ini akan berlangsung pada 21 dan 23 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi berbayar untuk umum.

DiskusiMahasiswaBicaraFilm

Program ini adalah kegiatan yang hanya diikuti oleh beberapa mahasiswa terpilih. Sebelumnya, seluruh mahasiswa terpilih tersebut disaring melalui seleksi esai. Esai-esai yang ditulis dengan berbagai perspektif tersebut akan di diskusikan dan hasilnya akan dipertanggung jawabkan objektivitasnya dari pandangan mahasiswa yang  peka terhadap sinema pada akhir acara festival. Program ini akan berlangsung pada 22 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi tertutup untuk umum.

MoseanPicture

Program ini adalah program kerja sama antara UIFF dengan Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) yang akan memutarkan 4 film karya parasineas dari AsiaTenggara. Program ini diharapkan dapat memberi kesegaran tontonan dengan memutar film-film negara tetangga di kawasan ASEAN. Program ini akanberlangsung pada 21 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi gratis dan terbuka untuk umum.

SinemaKaki Lima

Program ini merupakan sebuah pemutaran film outdoor dengan konsep layar tancap. Acara inipun akan dilengkapi dengan jajan angerobak disekitar lokasi baklayar tancap tempo dulu. Tujuan dari program ini adalah menghadirkan sebuah pemutaran film bergaya klasik dengan penuansaan tempo dulu dan wadah nostalgia bagi para penonton. Juga, UIFF bekerjasama dengan FLIK untuk menayangkan film lama Indonesia yang berjudul Kejarlah Daku Kau Kutang kap (1985) karya Chaerul Umam. Acara ini akan berlangsung pada 21 September 2016 di Taman Lingkar Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi gratis dan terbuka untuk umum.

Program Diskusi Kanan Kiri, Oke!

Program ini merupakan ruang bicara terbuka untuk umum yang di dahului dengan pemutaran film sebagai bahan diskusi. Program ini pun mengusung tema “Pergeseran Objek Sensor” dan terdapat pemutaran film dokumenter Potongan karya Chairun Nissa. Diskusiakan diisi oleh pihak dari Lembaga Sensor Film, sineasanti sensor, dan Chairun Nissa selaku pembuat film Potongan. Acara ini akan berlangsung pada 22 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat  UI Depok dengan kondisi gratis dan terbuka untuk umum.

PemutaranFilmKompetisi

Program ini adalah pemutaran film kompetisi dari peserta (kalangan mahasiswa) terpilih.Tujuan dari program ini adalah mewadahi mahasiswa untuk bersuara lewat seni perfilman sekaligus pemberiana presiasi terhadap buah kreativitas para film maker muda. Tahun ini, program kompetisi menerima 176 film pendek yang diruncingkan melalui tahapan kurasi menjadi 14 film pendek finalis. Nanti, karya para finalis akan di kompetisi kanun tuk tiga penghargaan,  yakni Film Terbaik, Film Favorit, dan Poster Favorit. Pemilihan Film Terbaik akan dinilai oleh Wregas Bhatuteja, Makbul Mubarak, dan Ninndi Raras. Adapun Film Favoritakan dinilai melalui vote oleh penonton dan Poster Favorit akan dinilai secara vote juga, namun menggunakan media sosial UI Film Festival sebagai sarana pemilihannya.

Program ini akan dibagi kedalam tiga sesi, yakni sesi 1 (20 September 2016), sesi 2 (22 September 2016), dan sesi 3(23  September 2016). Juga, program ini akan diadakan di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI Depok dengan kondisi gratis dan terbuka untuk umum.

Closing Ceremony

Acara ini merupakan acara penutupan UI Film Festival 2016. Selain itu, pengumuman pemenang kompetisi film pendek menja disalahsatu rangkaian acara yang dinanti. Acara ini akan berlangsung pada 23 September 2016 di Aula Apung Perpustakaan Pusat UI dengan kondisi tertutup untuk umum.

Prosedur pemesan tiket dapat dilakukan dengan menghubungi narahubung Sartika (0852-8887-9811). Seluruh informasi UI Film Festival 2016 dapat diakses melalui sinematografi.ui.ac.id/uiff.php; atau media sosial OA Line (@mwi48540), twitter.com/uifilmfestival, instagram.com/uifilmfestival, facebook.com/uiffestival.

Related Blogs

    Share