Artwork-Enola-BODY

TUAN TIGABELAS, SICKNESS MP (BLUNT BROTHERS) FT NJET & BORIS THE FLOWERS // MERILIS SINGLE “ENOLA”

Enola merupakan kumpulan lirik yang dirangkai Tuan Tigabelas berdasarkan cerita teman-teman perempuan yang mengalami kekerasan di ranah pribadi. Kekerasan tersebut bahkan terjadi saat mereka masih belia dan dilakukan oleh pihak keluarga terdekat. Komnas Perempuan pun mencatatkan dalam Catatan Tahunan (CATAHU) 2020 bahwa dalam 12 tahun terakhir, kekerasan terhadap perempuan meningkat hingga 792% yang artinya kekerasan terhadap perempuan di Indonesia selama 12 tahun meningkat hampir 8 kali lipat. Selain itu menurut CATAHU 2020. Bentuk kekerasan terbanyak adalah fisik (31% atau 2.025 kasus) disusul kekerasan seksual (30%/1.938 kasus). Selanjutnya kekerasan psikis yang mencapai 1792 kasus atau 28% dan terakhir kekerasan ekonomi yang mencapai 680 kasus atau 10%. Pola ini sama seperti pola tahun sebelumnya. Kekerasan seksual secara konsisten masih menjadi terbanyak kedua yang dilaporkan dan memperlihatkan bahwa rumah dan relasi pribadi belum menjadi tempat yang aman bagi perempuan dan anak perempuan.

Melihat angka yang terus meningkat ini, kenyataan di lapangan, serta siklus yang masih terus berulang ini, Tuan Tigabelas beserta Sickness MP serta Njet dan Boris dari The Flowers ingin mengangkat cerita korban yang sudah diberikan melalui konsen teman-teman perempuan yang bercerita. Walau sudah banyak anak perempuan dan perempuan yang berhasil keluar dari lingkaran kekerasan, namun isu ini masih merupakan fenomena gunung es, yang dapat diartikan bahwa dalam situasi yang sebenarnya, kondisi perempuan Indonesia jauh mengalami kehidupan yang tidak aman. Masih banyak juga perempuan yang masih belum berdaya disebabkan ketiadaan lembaga tempat korban melapor atau ketidakpercayaan masyarakat terhadap lembaga yang tersedia, atau rasa tidak aman apabila melapor. Hal ini juga tidak lepas dari Pandemi Covid 19, dimana mobilitas isteri, perempuan dan anak perempuan terbatas sehingga kesulitan mengakses lembaga layanan selain mengalami penutupan, juga sistemnya berubah menjadi layanan online.

Tuan Tigabelas berharap Enola bisa menjadi pengingat supaya bersama-sama kita bisa stop siklus ini dan memutus mata rantai kekerasan. Dimulai dari tidak melakukan kekerasan, mengenali bentuk-bentuk kekerasan seksual, berani melapor apabila melihat bentuk kekerasan, mendukung, mendengarkan dan mendampingi korban, penyintas serta pendamping, serta mendorong disahkannya payung hukum yang berpihak pada korban yaitu RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual untuk membuat perempuan merasa aman di ruang manapun dan tidak mengabaikan substansi /hal-hal prinsip terkait pencegahan, hukum acara pembuktian, pemulihan dan perlindungan hak-hak korban.

====================================================================================

For more info : 

Instagram: @bclsinclair 

Twitter: @bclsinclair

Facebook: Bunga Citra Lestari

Youtube: IT’S ME BCL

Related Blogs

    Share