1Creative Commons Indonesia dan agregator musik digital berbasis di Bandung, Ripstore.Asia menggelar tribute untuk band Efek Rumah Kaca. Acara daring ini diberi tajuk Tribute to ERK: Cover Song Challenge dan berlangsung selama sebulan penuh, yakni pada hari ini (14 Juni 2016) hingga 14 Juli 2016.

Kegiatannya sendiri dipusatkan di website khusus beralamat http://www.ripstore.asia/tribute2erk, dimana pengunjung diajak untuk mensubmit karya cover song lagu ERK versi sendiri paling lambat pada 3 Juli 2016. Nantinya dari semua karya yang masuk akan dikumpulkan dan dikurasi sehingga menghasilkan 14 karya terbaik yang akan dijadikan album tribute.

Adapun kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan hari kelahiran MP3 sedunia, dikenal juga sebagai Netlabel Day yang jatuh pada tanggal 14 Juli 2016. Di tanggal tersebutlah album tribute ini akan dirilis secara bersamaan dengan banyak musisi dunia yang merilis albumnya pada perayaan itu.

Acara yang terbuka untuk publik dan fans ERK ini sendiri bertujuan memperkenalkan kembali lisensi Creative Commons dan budaya free music sharing bagi kalangan penikmat musik di Indonesia. ERK sendiri merupakan salah satu band yang konsisten merilis 3 album miliknya untuk diunduh bebas di website resmi band http://www.efekrumahkaca.net dengan perlindungan lisensi Creative Commons.

Dengan mengajak audiens untuk membawakan ulang lagu-lagu ERK dan menggubahnya dengan versi sendiri, diharapkan publik mendapat gambaran sederhana tentang bagaimana lisensi Creative Commons bekerja melindungi hak cipta para musisi sekaligus menjamin kebebasan berekspresi para pendengarnya. Sila pantau juga hashtag #tribute2ERK #MP3Day #NetlabelDay untuk update terkini kegiatan ini.

Sekilas Tentang Ripstore.Asia

Ripstore.Asia sendiri merupakan salah agregator musik digital asal Bandung yang telah bekerjasama dengan banyak musisi lokal, antara lain Andezzz, Zeke Khaseli, Sajama Cut serta beberapa label rekaman independen seperti Elevation Records dan Grimloc Records.

Beroperasi sejak 2013, agregator musik digital ini bisa dibilang memadukan kerja selayaknya netlabel yang menganut kultur music sharing lewat kanal Free Download (http://release.ripstore.asia/) di websitenya, namun juga sebagai startup digital yang memiliki model bisnisnya sendiri melalui distribusi musik karya anak bangsa ke berbagai toko musik dunia seperti Apple Music, Deezer, Spotify dan lain-lain.

Ripstore.Asia
Distribusi Konten Digital untuk Musisi Indonesia
http://www.ripstore.asia
Raka Autocare Building Block A 2nd Floor
Jalan Terusan Buah Batu Nomor 54
Bandung 40288
Phone (022) 7531225 Fax. (022) 7513771
Whatsapp 081224221357

Follow Us:
Twitter: @Ripstore
Facebook: Ripstore.Asia


Related Blogs

    Share