541929_10203479325323268_1026297873_n

Tgl 9 April 2014, bertepatan dengan Pemilihan Umum Republik Indonesia. Pesta demokrasi tersebut dilangsungkan setiap 5 tahun sekali untuk memilih anggota aparatur Negara dan Presiden baru di Indonesia. Fenomena per lima tahun inilah yang menjadi fundamental atas pemikiran Trendkill Cowboys Rebellion (TCR) untuk merilis video klip bertepatan dengan hari tersebut.

Lagu Wacana Retorika sendiri adalah sebuah lagu yang terangkum dalam album ke II TCR “Siapa Suruh Datang Jakarta” yang dirilis tanggal 5 Oktober 2013 melalui Demajors Independent Music Industry. Lagu tersebut sebagian besar menceritakan tentang janji politik setiap partai di Indonesia yang memiliki kebiasaan mengumbar janji kepada masyarakat akan sebuah perubahan jaman. Bagi TCR kampanye para Parpol dinilai sangat tidak cerdas dibanding proses kampanye bangsa lain. Kampanye merupakan ajang bermain curang bagi sebagian politikus yang mencari sensasi atau perhatian public dengan segala cara tanpa mengkedepankan intelektual mereka sebagai wakil rakyat yang patut untuk dipilih. Money politic, Pengotoran sarana ruang public dengan atribut partai, Kampanye hiburan rakyat yang tidak mendidik sampai dengan menjatuhkan partai lain melalui social media dan lainnya.

Proses pembuatan video klip ini direncanakan selama 3 bulan lamanya dari mulai brain storming konsep dan pengerjaan. TCR dibantu oleh “Guns Gunaone” sebagai director dan “Muhammad Yoga (Sutong) sebagai team produksi. Konsep video klip sendiri hamper 90% adalah story telling dan tidak mengkedepakan konsep TCR sebagai band karena kami ingin menyampaikan sebuah message bukan eksistensi sebagai sebuah band metal. Kami menilai kesadaran masyarakat dapat dibangun melalui sebuah rilisan dan perubahan juga bias dilakukan melalui sebuah karya walau terdengar cukup naïf dan sedikit propaganda.

Proses pengambilan gambar sendiri dilakukan dengan santa militant dengan mengikuti ajang kampanye parpol, melintasi wilayah-wilayah ibukota yang dikotori oleh atribut partai, dan hanya melakukan one take shoot untuk perwakilan band dalam sesi latihan. Data yang dikumpulkan oleh Guns Gunaone dan Sutong dipilah melalui pengumpulan data yang random dan dikemas dengan cut to cut frame yang agresif untuk menyelaraskan dengan konsep lagu Wacana Retorika.

Pengambilan dokumentasi juga ditambahkan dari arsip wawancara dengan Penulis terkenal Pramoedia Ananta Tor (alm) sebagai penguat landasan bahwa Pemilu di Indonesia haruslah didasari oleh kesadaran Global Masyarakat Indonesia untuk suatu perubahan, bukan karena suatu fenomena lumrah yang dicanangkan oleh sebuah system Tirani untuk sebuah konspirasi kekuasaan.Semoga Video klip tersebut menjadi suatu bahan renungan dan kita semua dapat mengambil sikap atas apa yang terjadi di Indonesia. Akhir kata kami mengutip sebuah pernyataan dari seorang pemikir bernama Immanuel Kant yaitu “Suara Rakyat = Suara Tuhan”

Ini dia video musik terbaru mereka:

TRENDKILL COWBOYS REBELLION
Jl. RS Fatmawati Raya Golf Mansion Kav 30
Cilandak Barat – Jakarta Selatan
Mail : demajors.booking@gmail.com
Twitter : @trendkillcowboy
Phone : 0812.23456.872


Related Blogs

    Share