tradeto-02

Membuat proyek solo nampaknya menjadi sebuah bentuk aktualisasi diri bagi seorang musisi yang bermain di sebuah band. Bisa berbicara lebih banyak tentang hal-hal yang sifatnya pribadi, atau eksplorasi referensi pribadi yang tidak bisa ditumpahkan begitu saja di medium band. Salah satu yang melakukannya adalah Dias Widjajanto, vokalis / gitaris Glaskaca yang kini maju dengan nama depannya yaitu Tradeto. Pada hari Jumat, 28 Agustus 2020, Tradeto merilis single kedua nya yang berjudul Berbunga, yang dimana single pertamanya yang berjudul Semu dirilis akhir tahun lalu di 20 Desember 2019.

Di lagu Berbunga Dias dengan moniker Tradeto membicarakan tentang bagaimana manusia menjalani sebuah proses penerimaan akan suatu hal yang meninggalkannya, baik itu cita-cita, plan yang tidak berjalan sesuai yang di inginkan, maupun relasi dengan teman, keluarga, atau kekasih yang tidak berjalan dengan baik. Dibalut dengan musik bernuansa dangdut melayu berbasis elektronik yang terdengar kental influens dari Thom Yorke dengan ketukan ketukan drum yang memaksa pendengar menggoyangkan badannya, Tradeto mengajak kita untuk menari dengan permasalahan yang ada, baik sekarang maupun kedepannya.

Namun Tradeto pun juga merilis videoclip ‘Berbunga’ yang menjadi videoclip perdana nya Senin 31 Agustus kemarin. Di cuplikan nya ia mengekspresikan sebuah tarian kontemporer yang dimana tarian tersebut mengekspresikan sebuah fase penerimaan yang akan ada di hidup, ia memulai dengan dorongan ke belakang dan mengakhirinya dengan tertidur, yang menjelaskan fase hidup ini bisa datang kapanpun tanpa kita tau, dan dengan adanya di akhiri dengan tertidur, disitu lah momen manusia kan kembali berdamai dengan segala permasalahan yang ada,

Singel kedua Tradeto berjudul Berbunga lirik dan musiknya ditulis, dimainkan, direkam, dan diproduseri sendiri oleh Dias Widjajanto. Mixing dan mastering lagu Berbunga dikerjakan oleh Wisnu Ikhsantama di Soundpole Studio. Karya kedua dari Tradeto ini sudah bisa didengar di seluruh platform musik digital dan distribusinya dibantu oleh Sun Eater.

=======================================================================================

For more info

Instagram: @diaswidj

Youtube: Tradeto Nurfandiasto

Related Blogs

    Share