Tips-menjaga-kulit-tetap-bersih,-sehat-dan-segar

Cuaca yang panas belakangan ini bisa bikin kulit kamu menjadi kering apalagi kalo memang kulit kamu cenderung kering, nggak cuma buat cewek nih, cowok juga mungkin mengalami hal yang sama. Nah, kali ini Mave mau ngasih tips supaya kulit kamu tetap terjaga kelembabannya dan jauh-jauh deh dari kulit kering itu.

  • Yang pertama, yang paling sederhana — minumlah lebih banyak air. Sebaiknya air yang diminum adalah air putih yang murni, tanpa campuran kopi atau teh. Tapi konsumsi air tidak melulu harus berupa cairan, karena air dapat juga diperoleh dari buah-buahan segar, seperti semangka dan jeruk.
  • Kalau kulit kamu masih terasa kering meskipun konsumsi air sudah cukup banyak, gunakanlah pelembab (skin moisturizer) yang mengandung vitamin E. Vitamin E sangat baik untuk menjaga kelembaban kulitmu, selain itu juga berguna untuk menjaga elastisitas kulit serta melancarkan regenerasi kulit mati sehingga kulit terasa kencang dan tidak kusam.
  • Mengkonsumsi kapsul Vitamin E juga bisa menjadi tambahan sebagai perawatan dari dalam tubuh. Nutrisi lain yang berkhasiat untuk melembabkan dan mengencangkan kulit antara lain minyak zaitun dan ekstrak Omega 3. Makanlah makanan yang banyak mengandung Omega 3, seperti ikan segar.
  • Hindari pemakaian produk-produk kosmetik yang mengandung zat-zat yang bersifat ‘exfoliating’, yaitu kosmetik yang bekerja dengan cara mengelupaskan lapisan kulit paling atas. Zat-zat exfoliating yang banyak terkandung dalam kosmetik yang dijual di pasaran antara lain: retinol, alpha lipoic acid, atau alpha dan beta hydroxyl acids, yang banyak dipakai dalam lotion atau cream anti-aging. Produk anti-jerawat juga daoat mengakibatkan reaksi berupa kulit kering, bersisik bahkan mengelupas. Beberapa orang mempunyai alergi terhadap kosmetik yang mengandung menthol dan eucalypthus (kayu putih) dengan reaksi kulit kemerahan, kering dan terasa gatal menyerupai eksim kering Jika Anda kebetulan sedang memakai produk-produk seperti itu dan setelehnya kulit Anda menjadi kering, sebaiknya hentikan dulu pemakaiannya dan carilah produk kosmetik yang berbahan alamiah, seperti ekstrak tumbuhan, minyak nabati, serta pelarut berupa air atau gliserin, bukan alkohol.
  • Gunakan pelembab atau krim malam yang membantu regenerasi kulit ketika kamu sedang tidur.

Nah, itu dia tips dari Mave. Selain supaya kamu tetep kece, tapi juga sehat kan? Semoga bermanfaat. ^^

Share