tikam-1

Setelah sukses dengan debut albumnya “Jurnal Amarah” pada 2017 lalu, TIKAM banyak menghabiskan waktunya untuk bertualang dari panggung ke panggung tiga tahun belakangan ini. Hingga akhirnya pada hari Jumat 10 April 2020, band metal asal Surabaya ini merilis lagu baru yang disajikan dalam sebuah video lirik pada kanal youtube mereka.

Lagu berjudul Delusif ini menceritakan tentang seseorang yang berusaha keluar dari zona nyaman untuk menemukan sebuah tempat dimana dia bisa hidup sesuai dengan potensi penuh yang ada pada dirinya. Digambarkan dalam video ini ada seorang pria berhadapan dengan sebuah rumah besar, kemudian di dalam rumah tersebut tampak banyak makhluk mengerikan dan juga situasi yang sangat acak mulai sebuah lobby mewah, dimensi antah berantah, hingga lorong kosong dengan lampu yang redup. Inti dari gambaran pada video tersebut adalah, menaklukkan tempat tersebut bukan perkara mudah, namun rasa takut hanyalah produk pikiran. Semua hanya delusi, tapi satu hal yang nyata adalah jika ia tidak memulai, maka perubahan tidak akan terjadi pada hidupnya.

Sama seperti karya-karya pada debut album mereka sebelumnya, TIKAM masih konsisten menggunakan bahasa Indonesia dengan gaya vulgar ala mereka. Membalik logika umum masih jadi gaya andalan Cak Boker dalam menulis liriknya, contoh saat ia menceritakan tentang cahaya dan gelap disitu ia memposisikan cahaya sebagai hal negatif dan sebaliknya gelap justru suatu hal yang positif.

Untuk produski dari single ini, mereka mempercayakan pengambilan drum dan vokal di studio Daztanian Surabaya dengan Johan (audio engineer FRAUD) sebagai operator. Namun untuk gitar dan bass mereka rekaman sendiri di tempat milik salah satu gitaris mereka Kordes. Kemudian proses produksi dilanjutkan oleh Itok Winursito untuk menggarap editing, mixing hingga mastering. Sementara untuk artwork Castle dan Tentacle dikerjakan oleh Pepi Grind seorang artworker yang juga berasal dari Surabaya. Lalu video dikerjakan oleh Cak Boker sendiri dengan rumah produksinya INSTING Creative yang dulu juga menjadi label rekaman debut album TIKAM.


=======================================================================================

For more info

Instagram: @TIKAM_Official


Related Blogs

    Share