IMG_0270

IMG_0454

Surabaya – Minggu 23 Desember 2018, hari itu sangat gelap karena mendung yang tebal terus menyelimuti kota sedari pagi. Segerombolan pemuda berpakaian serba hitam sudah berkumpul di Bober Café meski tempat tersebut belum buka. Mereka adalah TIKAM dan teamnya, tengah bersiap untuk sebuah acara yang bagi mereka sangat sakral yakni moment perayaan lima tahun eksistensi mereka di dunia musik extreme. FIVE YEARS OF LIVING HELL menjadi judul sekaligus tema dari acara tersebut, kalimat itu dianggap paling mewakili perjuangan mereka selama lima tahun terakhir yang penuh dengan darah, keringat, stress, serta jam lembur yang tidak manusiawi.

IMG_0455

IMG_0458

Hujan deras sempat mengguyur Bober Café siang itu, cukup lama juga namun panitia tampak tenang karena mereka sudah memprediksi hal itu. Sore hari setelah adzan ashar memanggil, langit tampak mulai kehabisan amunisinya. TIKAM beserta teamnya keluar dari tempat berteduh, karena lokasi acara berada di rooftop tentu ada pekerjaan ekstra bagi panitia yakni membersihkan lantai dari genangan air. “Tenang, kalian fokus pada installasi perangkat sound saja, sebentar lagi akan ada team lagi yang datang”, ujar Cak Boker bassist Tikam kepada para crew. Sekali lagi, TIKAM benar-benar menghitung dengan matang, mereka sudah hafal dengan cuaca di kotanya. Tak lama kemudian team susulan datang, mereka langsung melakukan tugasnya membersihkan genangan air serta menata venue sesuai konsep.

IMG_0464

IMG_0470

Malam sudah semakin pekat tanpa bintang dan bulan karena tertutup mendung, aroma dupa tercium samar-samar, sudah menjadi kebiasaan TIKAM di setiap acara buatan mereka, bagi mereka aroma dupa sangat menenangkan. Tidak banyak yang spesial dari dekorasi, hanya ada backdrop besar berwarna hitam dan putih menampilkan sosok bertopeng yang ada dalam video mereka, namun disitu terlihat ada 5 sosok bertopeng sesuai jumlah personil. Kemudian backdrop tersebut disorot oleh dua lampu merah dari kanan dan kiri bawah, menjadikan suasana semakin mencekam. Pada pintu masuk pun terdapat sapu kerik yang ditancapkan ke tanah, kemudian dijadikan wadah garam grosok menambah mistis konsep acara tersebut.

IMG_0472

IMG_0484

Acara pun dimulai dengan opening yang jenaka dari dedengkot musik indie lokal yaitu Mbah Kalap (KKHH) & Abas (X60 Jaran & KKHH) sebagai pemandu acara. OCEAN band metalcore pendatang baru dari INSTING Creative Records diberi kehormatan sebagai aksi pembuka, kemudian dilanjutkan dengan penampilan WAR FIGHTERS yang baru saja merilis debut albumnya “Drowning in Sadness”, lalu giliran UNSCARRED menyiksa amplifier dengan sound super kejam, dilanjut VALERIAN membawakan lagu-lagu penuh semangat khas power / speed metal. Hingga akhirnya tiba pada penghujung acara, yakni TIKAM yang sudah siap menyiksa alat-alat perang mereka dengan permainan yang rapat nan padat. Penonton semakin merapat ke depan, tidak ada barikade yang memisahkan sehingga keintiman begitu terasa antara TIKAM dan para pengunjung yang mengapresiasi-nya. Total terdapat 7 lagu yang mereka bawakan, dengan orasi-orasi mengenai pergerakan serta ucapan terima kasih yang tak bosan mereka ucapkan di sela setiap lagu yang mereka bawakan.

IMG_0485

Para mantan personil TIKAM juga hadir disana, Obeng salah satu gitaris pertama TIKAM bahkan ikut bergabung dalam formasi untuk menggarap lagu “Mangsa”, Fajar pun mempersilahkan Obeng untuk memanggul gitarnya. Dan seperti biasa “Sumpah Belati” pun menjadi jurus andalan mereka untuk mengakhiri penampilan, namun para pengunjung tampaknya belum puas dan meminta encore. Sayang sekali waktu tidak berpihak, TIKAM harus segera mengakhiri acara tersebut karena hari sudah akan berganti. Seluruh crew pun sigap membereskan semua peralatan dan dekorasi, agar mereka bisa segera menyusul kawan-kawan yang menunggu di bawah untuk secangkir kopi. Panjang umur persaudaraan, panjang umur pergerakan! Begitulah yang terlontar dari TIKAM kepada semua yang datang di acara tersebut.

================================================================================

CP: 0896 77557 985 (Cak Boker = Manager & Bassist)

Related Blogs

    Share