BwOTjt9CYAA0oeK

Tik! Tok! adalah sebuah band beraliran Folk dari Yogyakarta yang mengusung konsep akustik dengan formasi dua gitar akustik, keyboard, akordion dan perkusi. Sebelumnya, Tik! Tok! dikenal sebagai MDZ, band beraliran alternative yang sempat merilis sebuah single berjudul “Top of the World” di pertengahan tahun 2012 (soundcloud.com/mdzmdz). Pada saat penggarapan single kedua, Bintang Mustika (Vokal), Christian Wedha (Drum) dan Rakhmat Otisa (Gitar) memutuskan untuk keluar dari MDZ, meninggalkan tiga personil lainnya, Dita Permatas (Keyboard), Ajityo Soeprijadi (Gitar), Danang Joedodarmo (Bass). Tepat pada pertengahan bulan Juni 2013, MDZ berganti nama menjadi Tik! Tok!. Terjadi perombakan formasi dimana Dita menjadi vokal utama dan bermain Akordion, Danang mengisi gitar (rhythm) dan bermain perkusi, Ajityo yang sebelumnya fokus pada gitar elektrik mencoba untuk bereksperimen dengan gitar akustik yang dibantu oleh seperangkat efeknya. Selain itu genre musik yang dimainkan juga berubah menjadi Folk.

Mengenai album Page 160, melihat situasi saat ini sebagian besar dari manusia, terutama anak-anak muda, mulai lebih sering berkata “Seharusnya” daripada bertanya “Kenapa?”. Apresiasi terhadap gagasan-gagasan orisinil berkurang drastis, tanpa disadari setiap aspek dari hidup manusia sudah didefinisikan oleh orang lain, oleh sebuah standar yang disebut dengan “Normal”, seolah-olah hidup itu hanya tentang menjawab ekspektasi dari orang-orang di lingkungan sekitar, padahal mereka hanya peduli kita sampai di puncak, jarang yang akan bertanya sebenarnya gunung mana yang ingin didaki. Sebagai respon dari situasi ini, Tik! Tok! merilis album perdana mereka, Page 160, yang berisikan 9 buah lagu pada tanggal 29 September 2014. Dengan tema “Empowerment & Self-Acceptance”, Tik! Tok! berusaha menyampaikan keresahan-keresahannya melalui lirik yang berbahasa Inggris dengan gaya bahasa yang khas dan melodi yang easy listening. Lagu-lagu di album Page 160 menggambarkan tentang perjalanan 2 orang yang berbeda, Adi dan Gladys, dalam menggapai mimpi mereka dan usaha mereka dalam melawan konspirasi yang diciptakan oleh Page 160. Perjalanan itu sendiri diceritakan dengan sangat manusiawi, sehingga para pendengar bisa merasakan bagaimana manusia sesekali meragukan keberadaan Tuhan, Diasingkan secara sosial, Jatuh berkali-kali dalam usaha menggapai mimpi, Menyerah untuk menjadi diri sendiri, Berkontemplasi hingga berani mengorbankan segalanya untuk mewujudkan mimpi.

Page 160 adalah sebuah entitas fiktif yang Tik! Tok! ciptakan untuk menggambarkan sebuah perusahaan multi-nasional yang menguasai berbagai macam industri di dunia dan secara diam-diam membuat propaganda tentang bagaimana seharusnya manusia menjalani hidup ini. Target utama dari propaganda yang mereka ciptakan adalah anak-anak muda, sehingga pada saatnya nanti tanpa disadari generasi ini
telah dikendalikan oleh Page 160. Adi dan Gladys, dua tokoh yang kisahnya diangkat di album ini, memiliki latar belakang keluarga dan jalan hidup yang sangat kontras. Namun, keduanya merasakan keresahan yang sama tentang bagaimana orang-orang disekitar mereka menjalani hidup, tentang rasa apatis yang cukup besar dari generasi mereka untuk memiliki mimpi yang besar dan berani mewujudkannya. Adi adalah seorang akuntan yang bekerja di sebuah bank dan berasal dari keluarga yang sejahtera, kedua orangtuanya bekerja di bidang konstruksi dan memiliki beberapa usaha dengan skala internasional. Sementara itu, Gladys adalah seorang mahasiswi hukum yang putus kuliah karena faktor ekonomi, dia dibesarkan oleh ayahnya dan tidak pernah bertemu dengan ibunya sejak kecil. Kisah mengenai Adi dan Gladys juga dapat diikuti
melalui cerita berseri yang akan dimuat di website Yellow Management mulai bulan Januari 2015.
Album perdana Tik! Tok!, Page 160, hanya dirilis dalam bentuk CD (Digipack) dengan harga Rp40.000, diluar ongkos kirim, CD bisa didapatkan melalui website Yellow Management atau +6281215141335 (SMS/Call). Album ini telah resmi dirilis bersamaan dengan dirilisnya single “Screen” yang dapat dinikmati secara gratis melalui akun soundcloudTik! Tok!.

https://soundcloud.com/tiktok_id/page160albumteaser

Related Blogs

    Share