1Perubahan yang cukup besar terjadi pada band veteran melodius hardcore Yogyakarta, Throughout. Band yang telah berjalan selama 12 tahun ini memutuskan untuk mengganti vokalis mereka awal tahun 2016 ini. Astrida, vokalis yang telah mengisi suara di karya mereka sebelumnya diganti oleh Rika Fadhila. Keputusan ini terkait dengan jadwal kerja Astrida yang sangat padat dan keinginannya untuk fokus pada keluarga. Dengan begini, komposisi personil Throughout saat ini terdiri oleh Rika Fadhila (Vokal), Julianus Ferry (Gitar), Rio Catur (Drum), Yusron Faozi (Bass), dan Sidharta (Gitar).

Sebelumnya, sejak dibentuk tahun 2004, Throughout sempat mengalami beberapa pergantian personil. Setelah cukup stabil dengan komposisi Throughout tahun 2010, mereka sempat berada di titik terendah sebuah band, yaitu hampir bubar dikarenakan paska rilis album pertama personil Throughout sudah jarang sekali bertemu. Selain itu tuntutan pekerjaan lain dinilai sudah sangat menyita energi para personilnya.

Untuk menandai dan merayakan era baru di lini masa karier kekaryaan mereka, Throughout akan merilis sebuah single berjudul “One Vision”. Single ini dikerjakan di Soba Studio dengan bantuan audio engineerkawakan di Yogyakarta, Grayce. Pada hari perilisan “One Vision” nanti, single ini bisa diunduh secara gratis lewat kanal bandcamp Samstrong Records.

“One Vision” sendiri adalah single yang sangat mewakili kondisi Throughout saat ini. Hadirnya vokalis baru dan kembalinya Yusron ke band menjadi semacam pemantik untuk kebangkitan Throughout kembali. Proses rekaman lagu ini juga adalah sebuah perjalanan menyatukan visi dari para personilnya. Lebih dari sekadar sebuah lagu, “One Vision” adalah momen. “Kami memutuskan bahwa lagu “One Vision” adalah representasi dari apa yang sedang kami perjuangkan saat ini. Baik itu hidup, profesi, atau apapun termasuk album ini,” ujar Sidharta dari Throughout.

Selain mengumumkan pergantian vokalis dan rilis single baru, melalui siaran pers ini Throughout juga mengabarkan rencana perilisan album terbaru mereka. Materi album masih dirahasiakan. Yang pasti saat ini para personil Throughout sudah sampai pada tahap recording. Rencananya, materi album penuh pertama mereka ini akan dirilis akhir tahun 2016 nanti. Sebelum ini, Throughout telah merilis mini album berjudul Step Ahead Into The Real World pada tahun 2012 dan split album berjudulOverseas Connection bersama dengan Challenge, band asal Caldas da Rainha Portugal pada Maret 2013. Seluruh album mereka, termasuk album terbaru yang akan rilis akhir tahun nanti masih akan diluncurkan di bawah label Samstrong Records.

“Pergantian vokalis pasti akan memberikan warna baru yang segar. Dengan materi baru dan musik hardcore mereka yang makin panas, Samstrong Records tetap optimis dan bersemangat mendukung album terbaru Throughout yang akan rilis akhir tahun ini,” ujar Aditya mewakili Samstrong Records.

Sejak kemunculan pertama mereka pada 2004 silam, Throughout sudah dikenal dengan aksi panggung yang emosional dan materi lagu yang memiliki riff merdu dengan part modern oldschool hardcore. Throughout juga tercatat di kancah gig hardcore punk Yogyakarta sejak dulu, mereka bahkan sempat melakukan tur di Jabodetabek dan Jawa Timur bersama Knockdown dan Reason To Die pada awal 2012 lalu. Selain bertambah segar dengan warna suara baru di vokal dan materi album yang tengah digodog, juga dukungan dari Samstrong Records, Throughout juga mendapat dukungan penuh dari @berak9420. @berak9420 adalah sebuah clothing line di Bandung yang menyatakan kecocokannya dengan citra visual Throughout.

“One Vision” diharapkan bisa jadi pengenalan untuk warna baru Throughout dengan kegarangan yang masih sama. Bahkan kabarnya makin menjadi-jadi di album baru mereka akhir tahun nanti. Nantikan kabar terbaru album baru Throughout!

Facebook
Twitter
Reverbnation

Samstrong Records Bandcamp

Related Blogs

    Share