1510197556292

Tabu adalah salah satu program pergerakan yang disiasati oleh kelompok kreatif mandiri asal kota kembang, Kaum, didukung penuh serta dinaungi oleh Jendela Ide, salah satu ruang alternatif untuk berkesenian yang tergagas sejak 1995 lamanya. Dalam manuvernya kali ini, Kaum mencoba mengupayakan daya gerak bidang seni yang akan melibatkan berbagai pelaku seni lokal. Bandung, terbilang memiliki sifat yang parsial terhadap segala bidang dalam urusan kreatifitas. Maka dari itu, gagasan ini akan dimuat dan dipresentasikan ke dalam satu wadah berbentuk program dengan konten-konten yang lebih menarik.

Konsep “Tabu” sendiri diangkat dari kata tabu yang artinya suatu hal yang tidak berbusana atau tanpa busana. Dalam artian singkat, konsep tabu ini ingin mengangkat segala macam hal yang lebih jujur, lugas, natural, serta apa adanya. Lingkungan sekitar yang membuat kita kuat berasumsi bahwa hal yang tabu sangat riskan untuk diperbincangkan bahkan untuk diperdalam, seperti halnya proyeksi seni sendiri. Lain untuk program ini, hal-hal yang biasa terlihat tabu akan diperlihatkan dalam wujud aksi yang lebih nyata. Bahwa tabu sendiri memiliki hak nya untuk tetap padu dengan hal yang konvensional.

Pada kesempatannya kali ini, program tabu akan mengangkat gairah dan inovasi para penggiat fotografi, khususnya fotografi analog. Analog yang sedang hangat diperbincangkan oleh kawula muda dilini masa ini akan dikemas dan disajikan kedalam bentuk pameran. Pentingnya para kaum fotografer ini adalah untuk mengembalikan atau menghidupkan kembali dunia fotografi lokal agar tetap hidup dan tidak bosan untuk diperbincangkan. Serta untuk mengingatkan kembali bahwa seni fotografi bisa mengingatkan lagi daya ingat kita terhadap gambar-gambar yang disajikan, mau itu budaya ataupun sejarah. Pameran fotografi analog ini akan diramaikan oleh beberapa fotografer lokal dan diikuti dengan diskusi hangat dan santai. Bekerjasama kembali dengan 107 Garage Room untuk pemilihan lokasi, tabu volume 1 ini akan terlihat lebih intim untuk mengapresiasi karya-karya kaum fotografi.

===================================================================================

More info: @kaum.ini

Related Blogs

    Share