Berbicara fashion terutama seperti pemakaian sepatu memang cukup perlu untuk diperhatikan, Khususnya bagi para fashion pria. Terkadang sepatu bagi pria dianggap sepele untuk mereka benar-benar perhatikan. Juga sering dilihat kesalahan dalam penggunaan jenis sepatu pria itu sendiri. Seperti jenis sepatu pria sport sering kita lihat malah digunakan untuk berkantor. Oleh karena itu bagi kaum pria hal ini perlu diperhatikan. Beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis sepatu pria dan penggunaannya akan kami jelaskan dibawah ini. Berikut adalah beberapa jenis sepatu pria dan penggunaannya :

1. Sneaker

l

Sneaker adalah jenis sepatu pria yang tidak asing dan menjadi favorit para pria untuk dikenakan. Penggunaan sneaker tidak terlalu ribet, disediakan dengan berbagai warna dan model sesuai selera Anda. Ciri utama sneaker adalah tali dari sepatu sneaker itu sendiri dan bentuknya yang mungil (tidak terlalu lebar). Selain itu sneaker juga memiliki tinggi sekitar semata kaki. Untuk beberapa jenis juga ada model low-cut (dibawah mata kaki). sneaker dijadikan sebagai salah satu sepatu casual yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan hampir pada setiap aktivitas yang non-formal.

2. Loafers

Loafers adalah jenis sepatu yang memiliki tampilan lebih simple dan praktis dari sneaker. Ciri utama sepatu loafers sendiri mungkin diadopsi dari kata loafers (roti) yang memiliki bentuk lonjong. Secara model memang loafers berbentuk seperti roti (lonjong) tetapi loafers pipih pada bagian atasnya dan biasanya menunjukkan jahitan .Cara pemakaiannya sangat simple, tinggal masukkan kaki and it’s done! Hampir seperti menggunakan sandal saja.Karena kepraktisan dan modelnya yang terlihat simple namun menampilkan kesan yang cukup stylish maka loafers juga cukup diminati.

y

Loafers cocok untuk penggunaan casual maupun semi-casual. Tetapi untuk beberapa model bahkan memungkinkan untuk dijadikan sebagai sepatu formal juga karena modelnya yang simple serta elegan. Apalagi kalau bahannya terbuat dari kulit, maka mungkin saja dapat digunakan untuk acara formal.

 

3. Slip-On

Slip-On merupakan jenis sepatu pria yang mirip dengan loafers. slip-on lebih simple ketimbang dengan loafers. Pada kebanyakan loafers kita dapat melihat ada jahitan pada bagian atas sepatunya dan bentuknya juga lebih pipih dan melebar. Sedangkan slip-on benar-benar berbentuk lonjong, biasanya jika ada jahitan pun tidak terlalu terlihat dan tidak memiliki tali.

sl

Jika ditanyakan tentang cara penggunaan, maka slip-on dapat digunakan dengan mudah seperti menggunakan sandal. Tinggal masukkan kaki dan siap untuk pergi. Namun kalau ditanyakan soal segi model, maka slip-on lebih simple.

Dengan segala kemudahan dan modelnya yang minimalis maka slip-on sangat cocok digunakan pada acara casual, semi-casual, sampai ke acara semi-formal. Kalau  ingin menghadiri acara yang cukup formal lebih baik memilih moccasin / boat shoes (model tertentu) atau menggunakan sepatu formal.

4. Boots

Ingin menampilkan kesan macho dengan model sepatu yang elegan ? Jika ya, maka  dapat mencoba mengenakan sepatu boots. Boots adalah jenis sepatu bertali yang memiliki tinggi diatas mata kaki. Untuk solnya sendiri tebal dan biasanya terbuat dari bahan yang tidak slip (licin) saat digunakan. Sepatu boots ini cocok untuk dipakai dalam kegiatan casual maupun kegiatan sehari-hari. Penggunaan boots tidak sesulit yang dibayangkan, saat menggunakannya pun akan terasa nyaman. Selain itu boots juga cukup cocok dipadukan dengan jeans.

dm

Kelebihan utama dari jenis sepatu pria boots adalah dari segi daya tahannya. Boots memang dirancang untuk medan yang lebih ekstrim. Jika hujan, jalanan becek, dan jalanan berdebu dapat cepat membuat model sepatu lain cepat kotor maka tidak dengan boots. Karena pada umumnya boots dibuat dari bahan kulit dan bahan sol karet maka akan lebih tahan dalam berbagai kondisi.

5. Pantofel

Sepatu formal yang paling umum adalah pantofel. Pantofel sendiri memiliki desain yang menonjolkan kesan elegan dan formal, kebanyakan dari sepatu jenis ini berwarna gelap. Sebab sepatu setingkat pantofel memang diperuntukkan untuk acara formal. Selain itu bahan yang digunakan juga lebih berkualitas, bahan umum yang digunakan untuk pantofel adalah dari bahan kulit.

pn

Tidak hanya berkesan elegan tetapi pada beberapa model pantofel juga ada yang menawarkan kesan glossy. Contohnya adalah pantofel hitam yang mengkilat. Beberapa pantofel juga ada yang diperuntukkan untuk anak muda. Letaknya adalah pada pemilihan model dan bahan saja. Untuk jenis sepatu formal ini jelas penggunaannya, yaitu untuk mengikuti acara-acara formal.

6. Sport Shoes

Jelas dari namanya adalah sepatu sport, digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga. Nah jika kalian sering menggunakan sepatu ini untuk berbagai kegiatan sehari-hari sebaiknya kalianmenghentikan hal tersebut. Karena sepatu sport dirancang untuk berolahraga bukan untuk aktivitas casual.

Untitled-1

Sepatu sport untuk penggunaan sehari-hari juga tidak terlalu masuk ke fashion. Sebab sepatu sport umumnya memiliki struktur yang tinggi dan tebal. Kebanyakan orang masih sering menggunakan sepatu sport ini untuk kegiatan sehari-hari. Padahal peruntukkan sepatu sport bukan untuk itu.

Editor : Angga Pradika

Related Blogs

    Share