Seagate saat ini sedang mempersiapkan hard disk berkapasitas 8TB yang saat ini sedang dilakukan uji coba oleh kustomer dari kalangan enterprise. Hard disk 8TB besutan Seagate ini merupakan hard disk berkapasitas terbesar saat ini dan pertama di dunia. Hardisk ini memiliki keunggulan utama adalah kapasitasnya yang sangat besar dan mampu menampung ratusan film HD dan jutaan file MP3. Sebelumya hard disk berkapasitas 4TB dan 6TB saja sudah dianggap sebagai hard disk dengan kapasitas raksasa, kini 8TB membuat raksasa tersebut kian besar.

Seagate-Constellation-ES.2_w_450

Saat ini hard disk Seagate berkapasitas 8TB ini sedang diujicoba di sistem milik OEM yang menempatkan hard disk tersebut pada data center dan server cloud untuk menguji ketahanan dan durabilitasnya. Kapasitas 8TB ini memang cocok untuk server cloud storage dan pengguna rumahan yang mengoleksi banyak film serta game.

Sayangnya, sampai saat ini Seagate enggan membeberkan teknologi apa yang digunakannya untuk dapat mencapai kapasitas 8TB melalui hard disk terbarunya. Sejauh ini untuk mencapai kapasitas 6TB dengan lima platter saja harus menggunakan teknologi gas helium seperti yang dilakukan oleh HGST. Diberitakan pula, harddisk ini baru dijual di kalangan enterprise dan beberapa perangkat NAS.


Related Blogs

    Share