BANGAUKERTAS3

Teater Niyaniya telah berhasil menyelenggarakan pementasan tunggal yang ke-9 pada tanggal 7 dan 8 Desember 2019 silam. Pementasan tunggal kali ini mengangkat tema perdamaian, dan berjudul Bangau Kertas: “Perdamaian Tidak Sekejam Itu”. Gedung pertunjukan Teater Kecil di Taman Ismail Marzuki dipilih sebagai tempat penyelenggaraan pementasan kali ini. Meski di sebagian area Taman Ismail Marzuki sedang dilakukan renovasi, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan animo pengunjung untuk menikmati pementasan ini.

Sutradara, Carmelita Christie, berhasil mengemas naskah orisinal karya Ghina Khairunnisa yang mengangkat tema perdamaian di antara peperangan yang terjadi antara dua klan. Konflik yang diangkat di dalam cerita ini adalah bagaimana seorang samurai yang terus bermimpi untuk mencapai sebuah perdamaian dengan melipat 1000 Bangau Kertas dihadapi dengan berbagai realita peperangan yang terjadi di sekitarnya. Pertemanan, impian, kasih sayang, rasa dendam, kesetiaan, dan harapan menjadi warna – warni yang mewarnai narasi di dalam pementasan Bangau Kertas kali ini.

Tata panggung, properti, pencahayaan, musik, koreografi dan hal – hal lainnya yang membangun narasi Bangau Kertas dapat disusun dan dilaksanakan dengan baik. Penonton juga mengaku puas dan senang dapat menonton pementasan Bangau Kertas. Anggi dari Buaran, misalnya, mengatakan bahwa pementasan Bangau Kertas menguras emosinya. Ada adegan yang menyenangkan, menegangkan, pengkhianatan, dan ditutup dengan adegan mengharukan dan alunan lagu yang membawa perasaannya ke dalam suasana cerita.

Teater Niyaniya juga berhasil mengundang Seishukan Indonesia untuk menampilkan demo waza sebelum pementasan Bangau Kertas berlangsung. Seishukan Indonesia merupakan sebuah komunitas Iaido yang merupakan salah satu seni bela diri di Jepang. Semoga Teater Niyaniya dapat kembali menyuguhkan pementasan yang dapat kembali memukau para pengunjungnya pada tahun selanjutnya.

BANGAUKERTAS6 BANGAUKERTAS5 BANGAUKERTAS4 BANGAUKERTAS2 BANGAUKERTAS BANGAUKERTAS7

=======================================================================================

For more info

Instagram: @niyaniyagroup


Related Blogs

    Share