swain-mahisa-02

Swain Mahisa bukanlah seorang sosok yang baru dalam dunia entertainment. Aktif berkarya sejak muda, Swain adalah seorang fashion icon yang dikenal sebagai salah satu pakar streetwear Indonesia. Akan tetapi, yang membuat sosok pria kelahiran tahun 2000 ini begitu menarik adalah fakta dimana dia memiliki suara yang sangat merdu. Ini memotivasikan Swain untuk mengembakan sayapnya ke dunia permusikan, dimana ia telah merilis single perdananya, berjudul Only One pada tanggal 6 November 2020.

Saat kita jatuh cinta, apa sih yang kita rasakan? Tentu saja pertama kita merasa bahagia dan sukacita. Kita merasa hangat, nyaman, dan merasa semua beban terlepas. Tetapi buat Swain yang belum lama ini merasakan perasaan tersebut, cinta itu lebih dari kebahagiaan diatas. Dia merasakan hal-hal yang lebih dalam, yaitu rasa tanggung jawab dan terlebih lagi, rasa insecure. Ketika diminta untuk memperjelas rasa insecure tersebut, Swain menjawab, “Karena saat jatuh cinta, kita membuka diri kita sepenuhnya ke orang lain. Aku jadi merasa takut, berpikir dimana aku harus menjadi orang yang lebih baik. Apakah aku cukup untuk dia?”. Hal ini membuat Swain mencetuskan lirik-lirik dalam lagu tersebut. Maka dari itu, lagu ini pun bisa menjadi sebuah dedikasi seseorang yang ingin mencintai pasangannya dengan seluruhnya, dalam kelebihan dan kekurangannya.

swain-mahisa-03

Dalam lagu ini, Swain menyanyikan “you’re the only one that doesn’t blur, but something makes me so unsure and insecure”, menandakan perasaan-perasaan diatas. Menggunakan kata “blur” (buram), Swain menceritakan bahwa pasangannya adalah satu-satunya fokus dihidupnya, tetapi meskipun itu ada rasa ketakutan dari dalam dirinya. Swain lalu melanjutkan lagu dengan alunan nada swing ini dengan kata-kata “You’re the first one that made me compare myself”. Disini, Swain menjelaskan lebih dalam bahwa rasa cintanya terhadap pasangannya membuat dia membandingkan dirinya sendiri kepada orang-orang lain, mempertanyakan apakah dirinya cukup dalam relasinya. Sebuah perasaan dalam yang sering terlintas dipikiran banyak orang baik laki-laki maupun perempuan, tetapi jarang dikisahkan dalam sebuah lagu.

Yang membuat lagu Only One ini lebih unik lagi adalah fakta bahwa lagu ini sangat berbeda dengan penampilan Swain yang sangat hip-hop. Lagu Only One adalah sebuah lagu pop/jazz yang menarik kemiripan dengan lagu-lagu Frank Sinatra. “Ini memang disengaja”, ujar Swain. “Aku sangat terinspirasi dari dunia hip-hop, tapi aku juga mencintai lagu jazz. Menurutku, mereka memiliki kemiripan dan aku tidak bisa menjadi diri sendiri jika aku tidak menunjukkan kedua inspirasiku dalam karya-karya musikku”. Selain bernyanyi, Swain juga memainkan piano dalam lagunya. Didampingi oleh suara quartet biola, viola, dan cello, pendengar akan merasa terdorong untuk berdansa seakan-akan mereka berada disebuah ballroom.

Only One telah dirilis pada hari Jumat, 6 November 2020 disemua layanan streaming dan akan menjadi karya pertama dari album Swain yang akan dirilis tahun depan.


=======================================================================================

For more info

Instagram: @swainmahisa


Related Blogs

    Share