SUNGAI3Usai merilis album penuh perdananya pada akhir tahun lalu, Sungai merilis sebuah video musik dari single pertamanya “Kelabu”. Video musik itu adalah hasil kolaborasi dengan Unit Fotografi UGM (UFO UGM) yang diputar bersama secara perdana di Djendelo Koffie (Jalan Affandi No. 5, Yogyakarta) pada Senin, 22 Februari 2016. Acara pemutaran bersama ini diselenggarakan bersama teman-teman dari komunitas Soundcloud Yogyakarta dengan tajuk “Berbincang-bincang Tentang Kolaborasi Unit Fotografi UGM dengan Sungai”. Diberi tajuk seperti itu karena ada diskusi santai setelah pemutaran perdana itu dilakukan.

SUNGAI1Kolaborator dalam proyek kolaborasi ini melibatkan seluruh anggota Sungai dan sejumlah anggota dari UFO UGM. Mereka adalah Thedoori, Frutti Noventi, Bram Ashido Husein, Muhammad Angga Khoiruroz, Damar Rahayu Jati Kencana, Mawar Rengga, Irine Winta, Amy Yunto Adi Putro, Dimas Satya, Anggito Rahman, dan Christella Suryo.

Dalam kolaborasi ini, Sungai berusaha keluar dari pakem ideal kolaborasi yang umumnya tertuang dalam bentuk aransemen atau pertunjukan. Kolaborasi ini bertujuan untuk melakukan sebuah inovasi pergerakan tanpa ada batasan. Video direkam menggunakan perangkat profesional (kamera DSLR) sampai yang tidak profesional (kamera telepon genggam). Poin penting dari kolaborasi ini bukanlah kualitas gambar melainkan pada bagaimana para kolaborator itu menangkap momen-momen “tak terganti”, mengutip dari lirik pada single pertamanya yang berjudul “Kelabu”.Acara pemutaran dibuka dengan penampilan dari Bente, seorang mahasiswa dari Belanda yang sedang melakukan penelitian tentang musik di Yogyakarta, yang membawakan tiga lagu-lagu manis ciptaannya. Setelah itu penampilan Rira dari komunitas Soundcloud Yogyakarta yang menambah suasana semakin hangat dengan lagu-lagu romantis. Sebelum pemutaran dimulai, masih ada Sungai yang tak ingin ketinggalan meramaikan acara pemutaran perdana itu lewat dua lagu yang diambil dari albumnya yaitu Gagak dan Kelabu.

SUNGAIKetika pemutaran dimulai, seluruh hadirin langsung tenang dan fokus kepada video musik yang sedang diputar. Bermacam memori yang telah terekam lewat video beragam warna tentang hal-hal tak terganti dari kolaborator berpadu dengan apik. Hadirin begitu terkesima sampai-sampai menjadi hening setelah video itu usai diputar.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan diskusi santai bersama Sungai. Tidak jarang Anggito Rahman melemparkan candaan yang bersambut dengan tawa dari para hadirin di sela-sela diskusi itu agar suasana menjadi hangat dan akrab. Para hadirin pun tidak segan melontarkan pertanyaan atas keingintahuannya terhadap proses pembuatan video musik yang membuat mereka sedikit tercengang.

Acara diakhiri dengan jamming session yang diperuntukkan kepada siapa saja yang hadir pada acara malam itu. Dengan diakhirinya acara, Sungai juga secara resmi telah merilis video musik kolaborasi perdananya yang diunggah dan dapat diakses dengan bebas di akun Youtube pribadi mereka.

For More Information :

contact@yellowmgmt.com

sungai.yk@gmail.com

twitter.com/sungaiyk

instagram.com/sungaiyk

soundcloud.com/sungai

Related Blogs

    Share