PASARAKHIRPEKAN08

Setelah puas tertawa bersama melihat aksi para komika yang tampil di #DEWATAWA tanggal 4 April lalu, MAVE ga mau melewatkan momen ini buat ngobrol langsung sama anak-anak Stand Up Comedy Indo Bali. Agak susah memang karena harus menunggu giliran dengan penonton yang ingin foto bersama. Namun penantian panjang tidak pernah mengecewakan.

1. Halo Stand Up Indo Bali apa kabar nih? Sebelumnya selamat buat acaranya barusan. Spektakuler!

Wah makasih MAVE. Kabarnya super bingits! Kalo Mave gimana kabarnya? Makin kece aja nih.

2. Aduh langsung kegeeran nih. Stand Up Indo Bali lagi sibuk apa nih selain beres-beres habis acara? Ada persiapan buat proyek selanjutnya mungkin?

Lagi sibuk nyiapin event berikutnya. Tanggal 16 Mei bakal ada stand up comedy show di Bali kelanjutan dari turnya Ernest Prakasa, judulnya #HAPPINEST.

 3. Ceritain dong awal terbentuknya Stand Up Indo Bali ini bagaimana?

Awal terbentuknya kami itu meneruskan gelombang bangkitnya stand up comedy di Indonesia. Jadi, awalnya komunitas StandUpIndo terbentuk di Jakarta. Nah, beberapa bulan berikutnya ketika Ernest Prakasa sedang ada acara di Bali, beliau menunjuk salah satu penonton, yaitu Cok Anthi untuk menjadi admin dari komunitas StanUpIndoBALI

 4. Membernya sudah berapa sampai sekarang? 

Member total sudah sekitar 20an orang dengan yang aktif mencapai belasan komika. Tapi, kalau dihitung dari awal berdiri sampai sekarang sih yang pernah gabung bareng-bareng kami sudah mencapai puluhan lah.

 5. Apa sih bedanya komik sama komedian?

Komedian itu istilah umum untuk pelawak dari berbagai genre. Kalo comic atau komika itu ya pelawak yang bergenre stand up comedy.

6. Kegiatan yang rutin diadain oleh anak-anak Stand Up Indo Bali apa nih?

Kami rutin ngadain #OpenmicBALI, yaitu ajang latihan untuk para komika Bali tiap Hari Senin. Senin ganjil tiap bulan di D’lande Coffee dan Senin genap di Veranda Cafe. Biasa mulai sekitar jam 7 malam. Ini terbuka untuk umum, baik yang mau ikutan belajar stand up maupun yang mau sekadar nonton aja.

7. Menurut anak-anak Stand Up Indo Bali, syarat open mic yg sukses selain bisa bikin ketawa apa?

Utamanya sih memang bisa bikin penonton ketawa dan terhibur, tapi kalo bisa menyampaikan kritik, pemikiran atau refleksi yang tertanam di pikiran penonton tentu akan jadi nilai lebih.

 8. Ceritain dong pengalaman paling menyenangkan selama open mic bareng Stand Up Indo?

Pengalaman paling menyenangkan dalam #OpenmicBALI adalah tiap kali berhasil menghibur penonton dan membuat merteka tertawa terbahak-bahak. Banyak malam di mana yang tampil itu lucu-lucu banget, istilahnya “pecah’ semua. Dan itu yang meorable dan bikin puas banget.

 9. Pengalaman yang paling ga ngenakin?

Nah, ini kebalikan dari jawaban sebelumnya. Stand up dan openmic tuh rumit. Ada malam-malam di mana #OpenmicBALI tuh terasa “dingin”. Komika yang tampil terasa kurang maksimal dan penonton yang dateng kok kayaknya susah buat ketawa. Mungkin mayoritas abis pada patah hati.

10. Yang paling susah dari open mic itu dibagian mananya?

Bagian paling dasar, bikin orang ketawa :))

Soalnya kadang apa yang menurut kita lucu, belum tentu menurut orang lain lucu. Atau mungkin memang lucu, tapi cara menyampaikannya kurang tepat. Nah, openmic itu moment of truth bagi para komika. Materi yang dibuat sebenernya lucu apa nggak.

 11. Rencana ke depannya apa sih yang ingin dicapai sama Stand Up Indo Bali?

Rencana ke depannya kami ingin ke jenjang yang lebih serius, ehem. Tentu ke depan kami pengen bikin acara yang lebih besar dan keren lagi. Kami juga pengen keliling lagi untuk workshop ke sekolah-sekolah buat menjaring (ceileh, ikan kalee) bakat-bakat stand up comedy terpendam di Bali. Intinya sih semakin memperluas jangkauan kami ke masyarakat Bali yang suka stand up comedy dan memperkenalkan stand up comedy ke yang belom kenal kesenian ini.

12. Kalo ada pembaca MAVE yang tertarik pengen gabung di komunitas Stand Up Indo Bali harus hubungin kemana?

Bisa mention kita ke Twitter @StandUpIndoBALI atau langsung dateng pas #OpenmicBALI.

Best Regards,

Dian Tri Finanti


Related Blogs

    Share