Spoof-33---Inisiasi Spoof-33

 

SPOOF 33 BARU MELAKUKAN INISIASI SETELAH SETENGAH DEKADE MERANGKAK

Spoof 33 (spoof thirtythree), adalah trio Pop Punk asal Sidoarjo. Band ini sempat tumbuh selama 4 tahun di Malang karena semua personilnya menempuh pendidikan kuliah di Malang. Band yang terlahir pada tahun 2011 ini digawangi oleh Phasa (Vokal & Gitar), Idud (Bass), dan Vincent (Drum) ini sudah mengeluarkan beberapa single, dan setelah 5 tahun berjalan akhirnya mereka “menelorkan” sebuah debut rilisan fisik mereka yang bertajuk “Inisiasi” dalam bentuk mini album di akhir 2016, tepatnya pada tanggal 30 Desember 2016.

Inisiasi sendiri berarti masuk, permulaan, atau ritual, seperti ritual yang dilakukan ketika bersyukur atas bayi di dalam kandungan, pernikahan, hingga kematian. Inisiasi juga menjadi sebuah tanda formal diterima menjadi dewasa di dalam sebuah komunitas. Dalam kasus ini Spoof 33 ”beritual” melahirkan mini album pertamanya dan berharap dapat diterima menjadi dewasa dalam ranah musik indie.

Total ada 5 lagu yang mengisi mini album ini. Beberapa lagu sudah mulai ditulis pada tahun 2012, ada juga yang ditulis dadakan sesaat sebelum rekaman dimulai. Dibuka dengan “Fake Song” – satu-satunya lagu yang berlirik bahasa Inggris ini berisi tentang sebuah amarah dan kebencian terhadap para poser, kemunafikan, dan kepalsuan yang sering dicurahkan oleh orang-orang di sekitar demi mendapatkan citra. Tapi kemurkaan ini dikemas dalam nada yang sederhana tanpa ada unsur yang bersifat ”marah” agar menjadi lebih easy listening. Dilanjut dengan kisah percintaan yang normal dialami oleh kawula muda yang penasaran akan seseorang yang ditaksirnya dengan judul “Siapakah Dia” – lagu ini juga masih dikemas dengan bungkus yang simpel dan catchy ala-ala band punk rock ’90 – ’00-an. “Sekolah” merupakan track 3 dalam mini album ini, – “Apakah mungkin semua bisa kembali lagi? Memori indah saat-saat masih di sekolah” penggalan sajak tersebut menceritakan kerinduan akan masa-masa berseragam putih abu-abu yang pasti kebanyakan orang akan menginginkan waktu-waktu tersebut agar terulang kembali. Lalu disambung dengan “Jauh Dari Rumah” yang juga terpilih menjadi single pengantar mini album Inisiasi. –  Di lagu ini sifatnya lebih dewasa karena mencurahkan isi hati tentang fase dimana semua anak muda terutama pria pasti akan pergi “keluar rumah” dan bahkan “keluar kota” guna meniti karir atau menuntut ilmu di kota orang. Ditutup dengan “Bosan” – kembali dengan lirik “menyindir” ciri khas band punk, lagu ini menyuarakan kejenuhan akan sifat sesama manusia yang ingin saling menjatuhkan satu sama lain.

 Secara garis besar Inisiasi dirancang dengan tema yang sederhana, catchy, dan masih berbau musik punk rock era ’90 – ’00an. Walaupun sepertinya dalam lingkaran pop punk sendiri sudah beralih ke warna yang lebih baru, Spoof 33 memilih jalur ini karena lebih nyaman dengan harapan dapat menjadi ciri khas dan lebih mudah diingat oleh orang.

 

 

INSTAGRAM : spoof_33

Related Blogs

    Share