SOULFOOD - Body

SOULFOOD // RILIS SINGLE “PONDAFINE”

Kenyataan bahwa banyaknya musisi yang merilis single secara digital di masa pandemi ini membuktikan bahwa kancah musik tetap terus berjalan, karena kreativitas tidak akan bisa dibatasi dengan apapun. Kompilasi Irama Kotak Suara Terbaik Vol. 1 menghadirkan 12 single baru dari 12 band atau musisi yang berkolaborasi dengan produser dan label rekaman musik. Band atau musisi yang terpilih merupakan hasil kurasi dari program Irama Kotak Suara oleh tim editorial Pop Hari Ini. Proses kolaborasi ini alasan bahwa setiap karya musik dari berbagai daerah di Indonesia patut diapresiasi dan diperdengarkan ke khalayak lebih luas lagi. Soulfood, grup asal Bali adalah salah satu dari insan musik yang kreatif ini.

Pertengahan tahun ini, Soulfood kembali hadir lewat single terbaru. Ini adalah single kedua mereka di tahun ini. Sebelumnya, grup asal Denpasar, Bali yang digawangi Bam George (gitar), Lyta Lautner (vokal) dan Palel Atmoko (Drum) telah merilis “Come and Get Stoned”. Sebelum itu, mereka juga telah merilis dua single, antara lain “Misay”, Ain’t No Money It’s Okay serta satu buah mini album bertajukIt Won’t Over” di bawah label Pohon Tua Creatorium.

SOULFOOD - Body1

Di Pondafine” single terbaru, Soulfood masih setia di jalur ‘african music influence’ nya. Ini juga tampaknya telah menjadi karakter musik band yang dari namanya saja jika ditarik secara etimologis memang telah memiliki keterkaitan dengan budaya Afrika – Amerika.

Musik di lagu Pondafine” sendiri sebetulnya masih memiliki benang merah dengan lagu-lagu yang telah ditulis oleh Soulfood. Diawali dengan bahasa Afrika, Pondafine

memiliki tempo medium yang santai, sangat nyaman buat dibawa bergoyang. Notasi-notasi repetitif bercampur ketukan khas reggaeton klasik menambah eksotisme lebih dari sekadar single yang harus didengar.

Jika anda adalah penikmat sekaligus penggali musik, anda bisa menemukan karya-karya seperti “Pondafine” ini dalam kompilasi-kompilasi ‘classic african groove’ atau ‘african psychedelic funk fusion/jazz’ yang sering dimainkan oleh DJ-DJ hipster di sudut-sudut bar hipster yang tersebar di seluruh Amerika atau Eropa.

Soal lirik, Pondafine punya arti mendalam bagi Soulfood. Memiliki arti ‘tidak baik-baik saja’ yang terambil dari bahasa Somalia ini adalah unjuk kritik atas reaksi Soulfood sebagai musisi terhadap situasi yang kerap terjadi di tanah air.

Lagu ini menceritakan tentang keambisiusan orang dalam mengejar duniawi dengan menghalalkan segala cara, sehingga lalai dalam memperhatikan orang tersayang,” ujar Soulfood tentang isi dari lirik lagu yang dibuat ditulis berdasarkan isu-isu yang terjadi di negeri ini seperti korupsi, perusakan lingkungan dan lain-lain.

“Pondafine” seakan memberikan pesan pesan lebih dalam lagi, agar kita memperhatikan setiap langkah dalam menjalani sesuatu yang besar seperti ambisi, karena orang yang kita cintai akan ikut merasakan dampak langkah apa yg kita ambil,” tutup mereka.

Sebuah single dengan arti yang mendalam, layak untuk dicermati sekaligus menjadi pembuktian bahwa Bali hari ini menyimpan musik yang layak untuk didengar, Soulfood lewat Pondafine adalah salah satunya.

Semoga single terbaru dari Soulfood bisa diterima di hati para pendengar musik tanah air. 

====================================================================================

For more info:

Instagram: @soulfoodmusic_  

Twitter: @soulfoodmusic_

Facebook: Soulfood Music

Youtube: Soulfood Productions 

Related Blogs

    Share