SOULFOOD

SOULFOOD // MERILIS MUSIK VIDEO “PONDAFINE”

Berangkat dari kata Pondafine yang berarti ‘tidak baik-baik saja’, lirik lagu ini cukup mewakilkan keadaan dunia saat ini. Lyta Lautner punya siasat yang pas dalam menjaga keseimbangan lirik- nya yang sarkas, digandengkan dengan puisi Somalia (tentang persahabatan).

Secara mendalam lagi, sebenarnya ‘Pondafine’ merupakan buah karya dari kegelisahan Lyta tentang hal-hal yang dilakukan pemerintah kepada rakyat kecil, seperti penggusuran paksa, lalai- nya kinerja pemerintah untuk membangun kesejahteraan masyarakat kecil, dan sebagainya.

Video musik ini disajikan dari sudut pandang Soulfood, band yang lahir dari Pulau Bali. Melihat latar belakang mereka bertiga yang notabenenya bukan lah orang Bali asli akhirnya membawa pendekatan khusus bagi Soulfood melihat Bali dengan latar urban-nya.

Soulfood bersama Indira Larin, membuat ide untuk menyajikan video musik ‘Pondafine’ ini tak fokus menunjukkan isu, namun dibungkus dengan kegembiraan. Di video musik tersebut memperlihatkan berbagai macam sumber pekerjaan masyarakat yang tinggal di Pulau Bali, tentu tak semua nya adalah orang Bali. Soulfood dan tim yang bekerja mengumpulkan video-video kompilasi kegiatan orang-orang urban, atau kalau boleh dibilang Soulfood mampir ke ‘rumah susun’ yang dihuni oleh sekelompok orang yang merantau ke Bali.

Bagi Soulfood dan tim sendiri, sebenarnya Bali itu sama seperti yang lain. Tak melulu hanya menyajikan ladang pekerjaan untuk kemajuan Pariwisata Bali, tapi banyak juga pekerjaan yang sama dilakukan di kota-kota besar. Bali masih menjadi keinginan bagi semua orang untuk mencari impian mereka, dan ‘impian’ tersebut tidak bisa disamaratakan.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @soulfoodmusic_  

Twitter: @soulfoodmusic_

Facebook: Soulfood Music

Youtube: Soulfood Productions 

Related Blogs

    Share