somnyfera-body

SOMNYFERA // RILIS ALBUM “PARALYENSOMNYVM”

Sedikit band yang bisa melahirkan karakter musik mereka dengan orisinal, namun kita tahu betapa melekatnya pengaruh dari band-band yang mereka dengar. Terkadang ada band yang justru terperangkap dengan karakter band idola mereka sehingga yang muncul di benak pendengar yang jeli biasanya ‘ah, mirip ama band A atau B’.

Somnyfera adalah band yang menjadi pengecualian tersendiri untuk soal itu. Band indierock, noiserock, spacerock dari Bandung ini hadir dengan begitu aneh tapi keren baik dari musik dan lirik. Tarsius Records pada 31 Agustus 2021, merilis ulang album penuh mereka bertitel “Paralyensomnyvm” yang sebelumnya dirilis format CD oleh Wastedrockers Records pada 2013 silam.

Paralyensomnyvm” adalah album keren yang dibuat oleh Dika Bagja, frontman dari Somnyfera. Dika bersama personil lainnya ketika itu,  Aldi Valchon (bass) dan Fakhreza (drum) meracik karakter musik yang jika didengar seperti adonan hal-hal eklektik dari Pixies hingga Smashing Pumpkins (rilisan terawal). “Waktu lagi banyak dengerin banyak sih Syd Barrett, King Crimson, ELP, Ash, Hartfield, Advantage Lucy, Supercar, Lush, Rush, Dimmu Borgir, Immortal, MLTR, Dinosaur jr, REM, Jasad, Kubik, Enya, Theatre of Tragedy, Smashing Pumpkins, Pixies, MBV, Sonic Youth, Merzbow, Massona, Ride, Bryan Adams, Sakamoto, Ghibli, Bach, Mew, L7, Mudhoney, Java Jive, Gigi, dan masih banyak lagi sih,” kata Dika sambil tergelak tawa mengingat band-band tersebut.

Untuk urusan lirik, Dika bisa dibilang sangat eklektik. Seperti berada di rimba benaknya yang absurd dan liar. Namun tertulis dengan baik meski sesukanya, namun mencengkeram telinga kita. “Liriknya kebanyakan tentang fiksi ilmiah, semesta purba, amarah remaja berjerawat, alam surreal dalam pikiran, cewe android sadis & cewe luar angkasa,” katannya lagi yang juga personil band S0RRA.

Somnyfera sendiri berangkat dari proyek musik kamar DIKA di 2004. Bikin demo di komputer, dan akhirnya lahir beberapa lagu. DIka kemudian mengajak beberapa teman untuk bermain di bandnya. “Teman satu kampus semua sih,” ujarnya.

Kini Somnyfera sudah punya rencana baik untuk rilisan terbarunya kelak. “Selepas pandemi deh, pengen album penuh atau minimal EP lah. Kita lihat saja,” tutup Dika

====================================================================================

For more info:

Instagram: @somnyfera 

Youtube: somnyfera 

Spotify:  Somnyfera

Related Blogs

    Share