Artwork Polisi Skena

Pertama denger judul lagu ini pasti fikiran banyak orang akan melayang ke postingan Instagram Barasuara beberapa tahun silam. Dalam postingan itu Nampak penonton gembira, tangan di udara, mulut menganga (mungkin bernyanyi), dan wajah mereka sumringah. Tapi uniknya ada satu penonton yang berdiri mematung di tengah. Ya benar tepat di tengah dan bersedekap pula. Cara menikmati pertunjukannya sangat unik dan menarik perhatian. Bahkan sangat menggelitik dan membuat salah satu jurnalis untuk mengkritik cara dia menikmati acara tersebut. Hingga akhirnya sang jurnalis di bully ramairamai netizen bahkan kawan-kawannya sekalipun. Akhirnya mencuatlah kembali istilah Polisi Skena tersebut. Betul, kepada jurnalis kritis inilah akhirnya julukan Polisi Skena disematkan. Padahal awalnya istilah ini bisa merajuk ke siapa saja yang selalu berisik berkomentar hal tetek bengek dalam skena.

Lalu Sir Dandy mengangkat istilah ini lagi dalam cara bertutur dia yang semblodor (sembrono, berseloroh dan membodor) ke dalam sebuah lagu. Kali ini Sir Dandy di kawal oleh musisi senior yang masih konsisten berwajah junior, Riko Prayitno, gitaris band pop Mocca sebagai producernya. Rico dengan jahilnya membawa tiap bagian lagu kedalam warna musik indie musik yg sedang hits saat ini. Berubah-ubah tiap bagian seperti sedang menskip Spotify chart indie lokal dengan cepat. Dari Barasuara, Hindia, Four Twenty mungkin juga hingga Rajasinga. Namun benang merah tetap terjaga di tarikan suara Sir Dandy.

Lagu ini sebenernya mengingatkan kita untuk bebas berekspresi dalam berkesenian. Karena ranah indie itu sebenernya terjadi karena ketidak beraturan dan kebablasan hakiki dalam berkarya. Begitu juga cara menikmatinya. Tanpa harus klarifikasi, membully bahkan isolasi. Mengingatkan kita untuk jangan lupa untuk bersenang-senang. Bila anda merasa ada bakat jadi Polisi Skena, sebaiknya tinggalkan gigs segera dan bergabunglah ke Akpol.

=======================================================================================

For more info

Instagram: @sir_dandy

Twitter:  @sir_dandy 

Related Blogs

    Share