Ozymandias-(cover-art)

Debut album SIGMUN, “CRIMSON EYES”, akan rilis pada tanggal 15 November 2015

 

“OZYMANDIAS”, single pertama dari debut album “CRIMSON EYES”

Kira-kira sejak 2012 lalu Sigmun kerap menjawab tiap pertanyaan soal kapan album Sigmun akan dirilis dengan jawaban “album penuh akan dirilis di akhir tahun” , dan setelah sekian tahun akhirnya mereka tidak berdusta, tahun ini  ( mudah-mudahan ) janji itu akan Sigmun tepati. Semua materi sudah terekam dan proses post produksi sudah lebih dari setengah jalan sehingga kami cukup percaya diri untuk mengklaim bahwa album ini akan siap rilis pada 15 november nanti. Album yang kami beri tajuk Crimson Eyes ini terdiri 11 lagu yang belum pernah mereka rilis sebelumnya (kecuali Aerial Chateau), proses rekamannya melalui dua sesi; rekaman live (di Studio 88 Cibubur) untuk pondasi dasar lagu dan rekaman tracking (di Infinite Labs Bandung) untuk overdub ornamen tambahan serta tambalan-tambalan kesalahan.

Lantas dari kesebelas lagu tersebut, kami memilih satu lagu berjudul Ozymandias untuk kami lepas sebagai single pertama Crimson Eyes.

Sigmun tidak mau membuang waktu bercerita panjang lebar tentang narasi dalam Ozymandias, bagi mereka perihal pemaknaan akan lebih menarik bila dibiarkan blur dan cair sehingga interpretasi masing-masing individu pun berbeda-beda, bahkan Sigmun rasa interpretasi dari masing-masing personil pun tidak seragam. Mereka mempersilahkan pendengar untuk menduga-duga apakah Ozymandias disini dikutip dari teks Percy Shelley atau storyboard Alan Moore, atau malah disadur dari salah satu episode penghujung serial Breaking Bad. Satu hal yang pasti, lagu ini mereka daulat menjadi single karena mereka anggap cukup relevan dan pantas untuk diajukan sebagai track pembuka dari 11 lagu pada album Crimson Eyes. Ozymandias menampilkan estetika dasar dari musik Sigmun ; Olah tema lirik surealis naratif, dinamika lagu progresif dan terakhir, solo gitar panjang Nurachman yang telah lama mereka rindukan. Sigmun memilih melepas single ini pada tanggal 28 September 2015 bertepatan dengan munculnya fenomena gerhana bulan merah (blood moon). Sinar bulan merah menyala dilangit rasanya momentum yang teramat tepat untuk membuka Crimson Eyes.

Sigmun-(band-photo)---low-res


Related Blogs

    Share