sieve

SIEVE // MERILIS SINGLE “FAKE BALLAD”

Fake Ballad menjadi single ketiga dari Sieve, paska merilis album penuh Biara pada akhir bulan Oktober lalu. Dirilis pada 15 Desember di berbagai platform streaming, Fake Ballad menjadi salah satu lagu penting bagi band Darkwave dari Bandung ini yang sudah berdiri sejak 1999. Lagu ini adalah lagu demo yang belum pernah dirilis sebelumnya dan sudah dibuat sejak awal 2000-an.

Gelap dan intensitas yang khas dari Sieve, terekam dengan jelas di Fake Ballad. Meski baru berbentuk demo saat direkam, namun lagu ini justru tampak utuh dan layak untuk disimak. Petikan clean gitar Regina Rina, lalu layer layer synth yang dihajar oleh heavy riffs bagaikan badai yang sekonyong-konyong datang meratakan daratan bumi dibagian akhir; alur klimaks yang dibangun Richard Riza berhasil membungkus lantunan suara Alexandra J. Wuisan atas lirik Fake Ballad yang intens dan bernas.

Alexandra sendiri menegaskan bagaimana lirik-lirik yang dibangunnya untuk Sieve yang sama sekali tidak menyasar politik atau agama, tetapi lebih ke humanisme. “Hampir semua lirik Sieve menguak kepelikan humanis akan self righteousness, ignorance, herd stupidity, blind faith, hypocrisy, and cowardice,” katanya yang mengagumi karya-karya literatur Edgar Allan Poe, folklore dan mitologi.

Sieve menjadi salah satu bentuk ekspresi Alex, Rina dan Riza yang saat itu sulit mengutarakan keadaan mental emosional, spiritual mereka secara lugas dan masih terasa sulit diungkapkan oleh kata-kata. Bermusik adalah media ‘katarsis’ yang tepat. “Basically di tiap lirik selalu ada story. Ada struggle, striving and ends with hope,” ungkap Alex.

Persepsi kita sebagai penulis lirik itu berosilasi diantara hitam dan putih, dan maknanya ada di dalam spektrum tersebut. Berosilasi di antara polaritas, tidak cuma satu dimensi, atau separuh persepsi,” katanya. Kedalaman lirik Fake Ballad bisa disimak di berbagai kanal musik, termasuk bisa melalui album fisik Sieve, Biara, yang sudah tersedia di berbagai toko musik terpilih.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @sieve_id 

 

 

Related Blogs

    Share