sieve-body

SIEVE // MERILIS MUSIC VIDEO “FURIES ATONEMENT”

Selepas merilis album penuh pertama mereka ‘Biara’, Sieve meluncurkan music video mereka yang perdana dari Furies Atonement yang juga terdapat di album tersebut. Lagu ini sendiri juga menjadi single utama album Biara yang dirilis Anoa Records, akhir Oktober 2021. Bagi Alexandra J. Wuisan, vokalis Sieve, pemilihan lagu Furies Atonement dirasakan sebagai lagu yang paling berhasil mewakili intisari musik Sieve. Ketika Alex dan Richard Riza berkolaborasi pada tahun 1998 untuk mendirikan band ini, lagu ini bisa dianggap sebagai benang merah karakter musik yang mereka bangun. “It is the most highlighted achievement of potraying the essence of Sieve,” kata Alexandra yang juga aktif di band Gergasi Api, kolaborasinya bersama Ekyno (Full of Hate, Plum).

Furies Atonement sendiri memiliki sejarahnya dalam diskografi Sieve. Lagu ini dibuat setelah mereka merilis album mini Biara EP pada 1999 yang dirilis dalam format kaset. Namun lagu ini pernah hadir di salah satu kompilasi penting di Bandung, bertitel Ticket to Ride: a Benefit For Your Local Skate Park, dirilis 2000 format kaset. Doniyantoro (Koil) menjadi musisi tamu untuk part drum di Furies Atonement.

Alexandra menuliskan lirik lagu Furies Atonement yang berpusar pada pengkhianatan dan retribusi. Dirinya memang menyukai kisah-kisah mitologi, salah satunya The Erinyes, juga dikenal sebagai The Furies, adalah dewi-dewi akhirat yang melaksanakan pembalasan dendam dalam kepercayaan dan mitologi Yunani kuno.

Video music Furies Atonement ini sendiri dibuat oleh Ekyno, mitra bermusik Alexandra dari Gergasi Api. Alexandra menjelaskan konsep video musik ini adalah sebuah pengolahan visual dalam menggabungkan elemen elemen organik dan cahaya dalam ungkapan simbolis; berosilasi dalam lesatan yang menembus batas ruang dan waktu. “Selain ungkapan hasrat katarsis dan semangat menggebu yg menjadi esensi Sieve, bentuk visualisasi visual dalam video ini juga bertujuan untuk memicu perasaan yang sama dengan yang dirasakan oleh Sieve,” kata Alexandra.

Pastinya perilisan video musik Furies Atonement juga menjadi salah satu penanda bahwa Sieve kembali akan memancangkan tonggak jejak mereka di kancah musik bentala terkini.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @sieve_id 

Related Blogs

    Share