ssm02

Unit ska asal kota Kediri, Semut Semut Merayap (SSM) merilis single terbaru mereka berjudul “Kediriku”. Kado untuk kota Kediri tersebut dikemas dalam bentuk video klip yang sudah bisa disaksikan di kanal YouTube mereka. Sebelumnya, mereka melepas debut single bertajuk “Sekawan Bersama” pada bulan Desember tahun lalu.

Dalam penggarapan konsep visual sepenuhnya digarap oleh Christian Yulda dari Fiction Frame. Perasaan rindu akan rumah tersebut dikemas menjadi sebuah video yang cenderung murung bahkan galau dengan nuansa – nuansa kontemplatif.

Beralih ke lagu “Kediriku” sendiri, proses pra-produksi seperti pematangan aransemen dan workshop musik dilakukan di Azza Studio Kediri. Setelah materi dirasa cukup, mereka langsung melakukan rekaman beserta mixing & mastering di Madfuka House Project. Secara garis besar, proses pembuatan hingga perekaman dan post-production lagu ini memakan waktu hampir 3 (tiga) bulan.

Lebih dalam tentang lagu ini sendiri, “Kediriku” adalah ungkapan cinta mereka pada kampung halaman, kota Kediri. “Secara filosofis, lagu ini adalah ungkapan terima kasih kami kepada Kediri,” ungkap Penyu, “Kami lahir dan dibesarkan di kota ini. Kediri adalah tentang jati diri, prinsip hingga tutur tingkah laku kami. Beberapa dari kami pergi merantau, melanjutkan hidup, dan bertempat tinggal di kota lain, tetapi pada satu titik, kami merasakan sebuah kerinduan akan semua tentangnya.”

Kerinduan akan kota kelahiran ini disajikan dengan racikan traditional ska dan rock-steady dengan sensibilitas pop alternatif khas SSM. Tik-tok antara vokal dan brass section yang menjadi ruh utama mereka. Lirik easy listening namun tetap terasa elegan yang diperkaya pukulan solo –percussion telah menjadi ciri khas band yang telah malang melintang dalam sirkuit per-gigs-an kota tahu ini.

“Oh iya sedikit cerita, sebelum lagu ini dirilis sudah banyak teman – teman yang menagih materi ini versi penuhnya, bahkan tak sedikit dari mereka yang sampai menelpon manajemen,“ kata Penyu sang keyboardist dari band ini. Ya, sebelum resmi dirilis, lagu ini telah beberapa kali dibawakan secara live oleh mereka dan mendapat respons yang cukup positif dari para pendengarnya. Tak pelak, rilis resminya cukup ditunggu oleh para penggemar SSM.
Kediriku” adalah salah satu lagu yang akan dimasukkan dalam album debut mereka bertajuk Jaripat yang akan dirilis pada tahun 2020 mendatang. Rencananya, mereka akan merilis beberapa single lagi sebagai jembatan menuju album tersebut.

Sambil menunggu rampungnya album penuh tersebut, langsung aja simak video single terbaru dari SSM yang mereka dedikasikan untuk kampung halaman mereka tercinta, Kediri! Enjoy Mavers!

===================================================================================================

For more info

Instagram: @semutsemutmerayap

Related Blogs

    Share