Saptarasa-2

Unit Dangdut Eksperimental asal kota hujan bernama Saptarasa baru saja merilis CD dari EP perdana mereka yang bertajuk ‘Anti-sceptist’. Sebelum merilis CD, ‘Anti-Sceptist’ terlebih dahulu dirilis via kaset oleh Nastard Records pada Record Store Day 2017 yang lalu. Dibawah naungan Paviliun Records (Efek Rumah Kaca, Glue, Gabriel Mayo), proses perilisan CD ini sendiri memang paling akhir setelah sebelumnya dirilis via Digital lewat gerai-gerai musik online seperti Spotify, Joox, iTunes dan sebagainya melalui Amplop Records. Berisi 5 track yang di-compose oleh sang vokalis Dewo Iskandar, EP ini adalah sebuah usaha dari Saptarasa untuk mengejawantahkan musik dangdut lewat disiplin-disiplin musik folk, psychedelic, rock, blues dan masih banyak lagi.

Saptarasa-4

“Awal terpikir bikin konsep musik Saptarasa ini adalah ketika gue dengarin The Beatles yang ‘Within You, Without You’. Lagu itu kan nuansanya Raga, musik asal india yang juga akar dari musik dangdut. Disitulah gue berpikir untuk meracik formula lain dari dangdut dengan mengambil garis start dari akarnya” cetus Dewo. Mengakui bahwa konsep musiknya akan cukup mengundang banyak opini, Alex sang bassist menjawab “Kami berangkat dari roots dangdut, apapun hasilnya, itulah bentuk eksperimen kami. Bagaimanapun hasilnya, itulah rejeki terbaik untuk pendengar maupun pembuatnya. Saya rasa begitulah yang dinamakan berkarya, selalu tidak terduga apapun output-nya”.

Saptarasa-3

Pada 30 April lalu, Saptarasa baru saja menyelenggarakan showcase ‘Anti-Sceptist’ yang juga diramaikan oleh 90 Horse Power, Tanya Ditaputri, Life Cicla dan AreYouAlone? di Paviliun 28, Jakarta. Dalam beberapa waktu ke depan, kemungkinan Saptarasa akan kembali mengadakan showcase di kota asal mereka. “Jangan berharap dulu, tunggu aja update kita selanjutnya. Too much coming soon will kill you, guys. Hehe.” tepis Ayu, sang kibordis.

====================================================================================

More info:

Instagram: @saptarasa.id

Related Blogs

    Share