dogmatis

Bagaimana rasanya menjalani hidup dengan situasi serba salah karena setiap langkah atau keputusan selalu berbenturan dengan berbagai peraturan yang ada? Setiap kepercayaan memiliki rumusnya masing-masing dan setiap manusia memiliki cara sendiri untuk menyampaikan kebaikan pada sesama. Jika toleransi dalam perbedaan tidak ada maka setiap penyampaian hal-hal baik akan selalu berbenturan satu sama lain yang juga mengakibatkan banyak kesalahpahaman. Keresahan itu yang membuat kuintet rock asal Semarang, Santikarisma, merangkum banyak tragedi yang mereka lihat di tahun ini menjadi sebuah karya baru dengan tajuk “Dogmatis” pada 1 Desember 2019.

Pada kesempatan kali ini Santikarisma mengajak Vajra Aoki, teman sekaligus musisi yang tergabung dalam band asal Surabaya, Rasvan Aoki. Lagu Dogmatis memiliki banyak bagian di dalam satu lagu yang berdurasi hampir 7 menit tersebut, dan Santikarisma melihat Vajra memiliki karakter vokal yang unik dan cocok untuk mengisi banyak bagian di dalam lagu baru tersebut. Kolaborasi kali ini juga membebaskan Vajra Aoki untuk mengisi lirik di bagian yang ia nyanyikan, sekaligus menyempurnakan lagu Dogmatis dengan hasil imajinasi dari perempuan tersebut.

Lagu Dogmatis pada umumnya bercerita tentang bagaimana setiap kepercayaan tidak bisa dipaksakan ke kepercayaan yang lain. Perbedaan itu adalah kebutuhan, kehidupan yang normal akan selalu menyajikan perbedaan dari satu sisi dengan banyak sisi lainnya. Toleransi adalah salah satu cara memahami berbagai dogma yang ingin diterapkan, karena untuk percaya tidak harus selalu sama antara satu individu dengan lainnya. Single terbaru Santikarisma ini dikemas dalam bentuk video musik yang disutradarai oleh salah satu pelaku musik dokumenter asal Semarang, Rifqi Fadhlurrahman. Pada video yang ia kerjakan, Rifqi ingin menyampaikan bahwa pada dasarnya setiap individu memiliki kasih sayang terhadap individu lainnya. Setiap kekeacauan atau konflik yang terjadi adalah hasil dari oknum yang selalu mementingkan diri sendiri. Oknum yang bermain peran seperti itu adalah sosok yang sebaiknya tidak didengarkan.

Santikarisma yang terdiri dari Pay Rio Su (Vokal), Isa Prada (Gitar), Achmad Sofyan (Drum), Okky Arvian (Bass) dan Riky Ardian (Gitar) ini telah merilis album perdana bertajuk Sugestivisi pada pertengahan 2017 lalu. Single terbaru mereka yang berjudul Dogmatis ini sudah dapat dinikmati di kanal Youtube Santikarisma, sekaligus menjadi lagu pertama yang akan menjembatan album penuh kedua Santikarisma yang akan rilis pada tahun 2020.


=======================================================================================

For more info

Instagram: @santikarismarock

Youtube    : SANTIKARISMA


Related Blogs

    Share