Saly-yuniar-bodySALY YUNIAR RILIS LAGU PERJALANAN MENTAL BULLYING

THE BEGINNING

Saly Yuniar, atau yang akrab disapa Saly adalah seorang Singer-Songwriter asal Surabaya dan juga mantan penyanyi cilik di era 90-an. Saly pernah merilis 2 album anak-anak secara profesional dalam bentuk kaset, video musik, dan juga aktif sebagai penampil.

Pada saat itu Saly juga melakukan serangkaian tour di seluruh kota Jawa Timur dan Bali bersama 30 penyanyi cilik lainnya (Gracia Indri, Dea Imut, Delia Septianti ex-Ecoutez!) dan menjadi penampil di acara Pesta Ceria Indosiar kala itu.

Karir Saly pada saat itu cukup baik, namun setahun setelah merilis album keduanya Saly dan management terpaksa mundur dari industri musik dikarenakan masa transisi pemerintahan Indonesia yang cukup panas pada saat itu. Saly yang merupakan kaum minoritas dan berasal dari keluarga Etnis Tionghoa, masih dibayangi oleh Era Krisis Moneter dan Tragedi 1997-1998.

THE TRANSITION

15 Tahun kemudian Saly bertransformasi menjadi Songwriter dan memproduksi karya Drama Musikal tahunan di New Life Church sejak 2015 hingga 2018 serta aktif sebagai penyanyi wedding professional bersama grup-grup musik besar Surabaya seperti Stradivari Orchestra, Musical Delight, Smilling Face, dsb.

THE COMEBACK

Setahun kemudian di tahun 2019, Saly tampil sebagai peserta ajang pencarian The Voice Indonesia di GTV dan berhasil mendapatkan 4 chairs lalu masuk ke Team Isyana. Meskipun langkahnya terhenti di babak Knockout, Saly menjalin hubungan baik dengan Isyana Sarasvati dan menjadi kolaborator untuk campaign single Isyana Sarasvati yang berjudul Lagu Malam Hari. Dari situ Isyana mendukung dan memotivasi Saly untuk berani merilis karya sendiri

THE PROCESS

Saly yang berprofesi sebagai guru vokal di iM Music School Surabaya, sering sekali mendapat cerita dari murid-muridnya yang menjadi korban bullying. Saly yang juga merupakan Survivor Bully berinisiatif untuk mengajak para korban bully untuk bangkit dan pecinta musik untuk turut menyuarakan STOP BULLYING melalui musik.

THE DEBUT

Pada tanggal 28 Mei 2021, Saly akhirnya resmi kembali ke Industri Musik Indonesia dan merilis single perdananya berjudul “SENDIRI” dan dibantu oleh Pincha Records sebagai management produksi lagu Saly. Saly mengusung genre musik Pop Musical dan Music Healing, dan di single pertamanya ini Saly menggabungkan karakter musik Medieval, Chinese instrumental (Guzheng), piano, dan strings section yang direkam secara akustik. Lagu yang berdurasi 3.33 detik ini juga merupakan filosofi dari 333 Angel Number, selain itu pada menit 2.33 Saly juga memasukkan unsur Glossolalia (Speaking In Tongues).

THE PRODUCER

LaguSENDIRI” yang diciptakan oleh Saly dibantu oleh “Aya GW” sebagai penulis lirik sekaligus Produser. Peserta yang juga merupakan jebolan ajang pencarian bakat yang sempat viral di The Voice Indonesia 2019 ini adalah co-songwriterElmatu – Aku Yang Salah” yang berhasil menyentuh angka 15 juta streams Spotify dan viral di TikTok.

THE MASTER

Selain itu Saly juga melibatkan banyak musisi-musisi hebat, salah satunya “Indra Qadarsih” (BIP, Oxytrone, General Maya) mantan personil pertama Slank yang bertindak sebagai Mastering dan eksekutor final untuk audio Saly

THE CONCLUSION

Single pertama Saly saat ini berhasil masuk ke dalam playlist official spotifyFRESH FINDS INDONESIA” bersamaan dengan rilisnya single Rimar (Winner Indonesian Idol 2021) dan Amanda Ferora-Andi Rianto (Magenta Orchestra). Hal tersebut menjadi enerji baru untuk Saly agar semakin memberikan warna baru di industri musik Indonesia dan kedepan Saly yakin mampu menjadi angin segar di tengah maraknya lagu-lagu Indonesia yang bertemakan patah hati. SALAM MUSIK INDONESIA (Jakarta, 31 Mei 2021 – RWK)

===================================================================================

For more info

Instagram: @salysings  

Twitter: @salysings

Youtube: Saly Yuniar

Facebook: Saly Yuniar

Related Blogs

    Share