saint-etienne-body

SAINT ETIENNE // RILIS ALBUM BARU “I’VE BEEN TRYING TO TELL YOU”

Trio London kembali musim gugur ini dengan rilis studio ke-10 mereka, “I’ve Been Trying To Tell You – sebuah album tentang optimisme, pemuda, dan akhir tahun sembilan puluhan. Pengumuman ini disertai dengan film mewah dengan judul yang sama dan disutradarai oleh fotografer terkenal Alasdair McLellan. Film ini tayang perdana pada 3 September bersama The Films Of Saint Etienne – pemutaran akhir pekan khusus dan Tanya Jawab di BFI Southbank.

Album ini adalah “Rough Trade Album of the Month” pada bulan September dengan remix oleh Daniel Avery, Jane Weaver dan Vince Clarke. Tur langsung menyusul pada bulan November dengan set limited edition box yang masih dalam pengerjaan. Pre-order dan tiket sudah tersedia sekarang.

Tiga puluh tahun dari debut terobosan mereka, Foxbase Alpha, trio London yang sangat dicintai, Saint Etienne, mengumumkan album studio ke-10 mereka, I’ve Been Trying To Tell You, yang dijadwalkan untuk dirilis pada 10 September melalui Heavenly Recordings. Band ini berbagi lagu pertama Pond House dengan musik yang menggugah dari ketukan dan sampel yang bergelombang. Baru-baru ini Saint Etienne juga merilis single Penlop“.

Album ini sebagian besar dibuat dari sampel dan suara yang diambil dari tahun 1997-2001, periode yang dipuncaki dan dibuntuti oleh kemenangan pemilihan Partai Buruh dan serangan teroris di Menara Kembar. Apakah optimisme pada masa itu merupakan zaman keemasan yang hilang, ataukah masa naif, delusi, dan kebodohan? Memori rakyat kolektif dari setiap periode berbeda dari kenyataan hidup. “I’ve Been Try To Tell You adalah album tentang memori, cara kerjanya, cara menipu Anda, dan menciptakan keadaan seperti mimpi. Itu juga menyentuh cara kita berpikir tentang masa muda kita, rasa tempat, dan dari mana kita berasal.

Untuk pertama kalinya, Saint Etienne tidak merekam bersama di studio. Album ini diselesaikan dari jarak jauh, di Hove (Pete Wiggs), Oxford (Sarah Cracknell) dan Bradford (Bob Stanley), bekerja sama dengan komposer film dan TV Gus Bousfield, yang berkontribusi pada dua lagu di album ini.

“Bagi saya ini tentang optimisme, dan akhir tahun sembilan puluhan” Bob menjelaskan “dan bagaimana ingatan adalah narator yang tidak dapat diandalkan. Pete dan Gus telah melakukan pekerjaan produksi yang luar biasa. Saya pikir itu terdengar indah.”

Sarah: “Ini adalah album sampel pertama yang kami buat sejak So Tough dan ini benar-benar pengalaman yang menyegarkan, sangat menyenangkan! Ini adalah mimpi dan atmosfer, suara akhir musim panas.”

Pete: “Kami benar-benar memisahkan diri dan menyelam jauh ke dalam sampel; konsep dan interpretasi kami masing-masing telah membuat album ini terdengar sangat spesial, kami harap Anda juga berpikir demikian.”

Album ini disertai dengan film yang dibuat khusus yang disutradarai oleh fotografer dan pembuat film terkenal Alasdair McLellan yang juga melakukan semua pemotretan untuk rekaman. Ada banyak lokasi indah di sana – Avebury, Portmeirion, Doncaster, Grangemouth, dan juga London. Membangkitkan era melalui kabut memori, film yang dihasilkan indah, menghipnotis, dan menyelimuti segalanya.

Alasdair berkata “Titik awal saya adalah interpretasi ingatan saya sejak pertama kali saya mulai mendengarkan musik Saint Etienne. Tentu saja, itu adalah interpretasi dari apa yang saya lakukan saat itu sambil melihat kembali sekarang. Saat itu, saya adalah seorang remaja yang bosan di sebuah desa dekat Doncaster, South Yorkshire; itu adalah tempat di mana sangat sedikit yang terjadi. Saya sekarang melihat kembali pada waktu itu sebagai sesuatu yang sangat indah – bahkan kebosanan pun tampak indah – dan sebagian besar soundtracknya adalah Saint Etienne.”

Film I’ve Been Trying To Tell You akan tayang perdana di NFT1 di Southbank pada 3 SeptemberTiket  mulai dijual kepada anggota BFI pada Rabu 4 Agustus dan masyarakat umum pada Kamis 5 Agustus. Tonton trailernya di sini

Penayangan perdana I’ve Been Try To Tell You akan disertai dengan seluruh akhir pekan The Films Of Saint Etienne di BFI Southbank antara tanggal 3 dan 5 September; tujuh film dan pilihan film pendek dengan sebagian besar pemutaran disertai dengan tanya jawab dengan Saint Etienne dan kolaborator mereka.

Album itu sendiri akan tersedia dalam edisi vinyl hitam dan bening serta CD single disc dan edisi CD/DVD double disc terbatas yang mencakup album, film dan catatan sampul dari penulis sosialis Owen Hatherley. Karya seni ini dibuat oleh agensi desain grafis terkenal M/M (Paris) (Yohji Yamamoto, Björk, Madonna). Berbagai format dapat dipesan di sini.

Rough Trade telah menjadikan I’ve Been Try To Tell You Album of the Month mereka untuk bulan September dan akan menawarkan edisi vinyl biru langit eksklusif dengan CD remix tiga lagu dengan campuran oleh Daniel AveryJane Weaver dan Vince Clarke di sini

In the pipeline adalah edisi Surgawi dari album dengan flexidisc gratis (lihat toko bandcamp mereka di sini), selain satu set kotak edisi terbatas ‘super deluxe‘ yang disatukan dengan cetakan yang ditandatangani, poster SAINT ETIENNE , DVD, vinyl 10” eksklusif dan 12” album – lebih banyak berita akan datang segera.


====================================================================================

For more info:

Instagram: @saintetienneofficial

Facebook: Saint Etienne Official

Twitter: Saint Etienne Official

Youtube: Saint Etienne Official

Related Blogs

    Share