samsite2

Setelah sukses menelurkan dua buah single dalam bentuk video clip dan satu buah mini album pada 2017, S.A.M Site kembali merilis satu buah video clip untuk single terbarunya yang berjudul ”Indisposable“. Dalam single terbarunya ini, Band yang mengusung aliran musik Technocore/Electrocore dan Numetal ini mengajak pendengarnya untuk merenungkan keberadaan sebuah konflik diri yang pada umumnya justru diabaikan oleh manusia. “Indisposable” sendiri merupakan sebuah kata tidak baku yang diambil dari bahasa Inggris yang berasal dari akar kata Disposable yang memiliki arti “barang sekali pakai” jika diterjemahkan dalam konteks bahasa Indonesia. Kata disposable ini disusupi imbuhan “in” secara “illegal” dan berubah makna menjadi “tidak sekali pakai”, setidaknya itulah makna dasar yang ingin disampaikan oleh Nata, director dan song writer dari band asal Bandung ini. Nata menjelaskan bahwa single “Indisposable” ini adalah sebuah pengingat bagi diri tentang kebiasaan buruk, tabiat, atau dosa yang selalu dilakukan secara sadar ataupun tidak sadar yang sulit sekali untuk kita tinggalkan karena sudah menjadi adat kebiasaan diri dalam kehidupan. Nata membawa pendengar untuk menggunakan kacamata orang pertama yang menyadari tentang keberadaan dosa ini. Dengan motivasi untuk lepas dari dosa tersebut, Indisposable membawa pendengarnya merasakan sebuah konflik yang timbul dalam diri manusia karena terus menerus gagal dalam mengendalikan hawa nafsunya dan berujung kembali melakukan dosa. “Ini yang sering kita rasakan di penghujung hari dan akhirnya kita sadari bahwa dosa-dosa yang sering kita lakukan ini sulit untuk kita lepaskan. It’s Indisposable!”, ujarnya. Kesalahan-kesalahan elementer seperti merokok di tempat umum, membuang-buang waktu, dan membuang sampah sembarangan sampai kesalahan-kesalahan besar seperti tidak beribadah, menyakiti perasaan orang tua, sampai melanggar peraturan negara atau adat masyarakat kerap kali dilakukan terus menerus dan tanpa kita sadari berimbas buruk pada kehidupan kita. Lagu ini seakan mencoba membuka mata kita akan ke-tidak acuhan kita atas kebiasaan buruk itu dan mengajak pendengarnya untuk lebih banyak merenungkan hal-hal yang selalu dianggap sepele oleh orang pada umumnya. Secara umum, itulah makna dasar yang coba di sampaikan oleh single ketiga dari Band asal Bandung ini.

Indisposable” dibuat sebagai bagian dari rangkaian pembuatan album kedua S.A.M SITE yang rencananya dijadwalkan untuk di lepas pada tahun 2020. Dalam singlenya yang ketiga ini, S.A.M SITE memberikan warna yang sedikit berbeda dengan lagu-lagu dalam album sebelumnya. Lagu “Indisposable” ini menjadi sebuah gambaran umum dari warna musik yang akan di sajikan dalam full album mereka yang kedua. Dengan tetap menyertakan deretan Sound Effect dan ciri khas musik Techno yang modern, dalam “Indisposable” kita juga dapat merasakan unsur Rap Musik atau Hip hop yang mulai di perkental penggunaanya dan memberikan rasa Hip Metal yang mengingatkan kita kepada band-band Amerika awal tahun 2000-an seperti Linkin Park, Limp Bizkit, atau POD. “Secara umum, S.A.M SITE yang sekarang memang banyak terpengaruh aliran Hip Metal ala Early 2000 namun tetap mengikuti perkembangan zaman dengan tetap memakai Sound Effect seperti Trance, Dub atau Synthesizer.” jelas Nata yang juga memiliki sebuah single Hip Hop berjudul Orchid. Di tempat lain, Zuhe, sang Programmer, juga ditanya perihal penggunaan Sound Effect dalam lagu “Indisposable” ini. Menurutnya “Indisposable” hanya membutuhkan sedikit sentuhan Sound Effect yang agak menonjol di beberapa bagian yang seakan Sound tersebut memberikan jembatan kepada bagian klimax lagu untuk memberikan rasa yang agak menggebu-gebu sebelum akhirnya di Drop ke bagian klimax yang lebih emosional. “Kita hanya tambahkan sedikit Sound Effect yang seakan meminta untuk “marah-marah” sebelum akhirnya menyebrang ke Klimax yang lebih membawa emosi yang dalam. Selanjutnya kita lebih banyak bermain di Strings dan Synthesizer.” ujarnya santai. Konsepsi musik yang dibuat sedemikian rupa tersebut memang ditujukan agar dapat sejalan dengan lirik dan pesan yang mendalam dari lagu “Indisposable” ini. Dengan keharmonisan dari keduanya diharapkan emosi dan makna yang terkandung dalam lagu yang menggunakan bahasa Inggris seluruhnya ini dapat ditangkap dengan baik oleh kalangan masyarakat pendengar baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.

Pembuatan lagu “Indisposable” ini tergolong singkat. Selesai hanya dalam kurun waktu 2 bulan sejak pengerjaan awal sampai tahap mixing dan mastering tidak menurunkan kualitas lagu ini menjadi lagu yang asal-asalan. Dalam prosesnya, para personnel S.A.M SITE membiarkan ide mereka mengalir dengan sendirinya dan seakan mematuhin kemauan lagu yang rangka awalnya dibuat hanya dalam waktu seminggu tersebut. Hingga akhirnya proses berlanjut ke sesi rekaman yang dilakukan di Devota Recording Studio, dan S.A.M SITE Homeland Studio dan di selesaikan dalam sesi Mixing dan Mastering di Tear Gas Lab yang dilakukan oleh Irsyad Ali dari Glosalia. Dalam kurun waktu yang cukup singkat tersebut, lagu “Indisposable” berhasil dimantapkan menjadi bagian dari album yang akan di rilis tahun 2020 dan sekaligus menjadi Single ketiga dari S.A.M SITE yang akhirnya di kemas dalam bentuk Music Video dan di lepas ke publik pada Juni 2019.

Setelah melepas mini album bertajuk “INTO THE PARASITE” dan dua single awal berjudul “Tantrum of the Other Me” dan “Wheel of Life” pada 2017, moment yang tepat didapatkan S.A.M SITE pada Juni 2019 lalu dengan rilis nya single ketiga mereka “Indisposable“. Dengan lepas nya single “Indisposable” ke publik ini diharapkan akan dapat menjadi tolak ukur atau gambaran bagi pendengar tentang rilisan-rilisan dari S.A.M SITE lainya yang direncanakan akan segera menyusul, khusunya album kedua mereka yang dijadwalkan rilis pada tahun 2020. Dengan rilisan-rilisan tersebut, S.A.M SITE secara langsung memantapkan diri mereka sebagai salah satu band cadas asal Bandung yang berkomitmen untuk terus berkarya di masa yang akan datang. Langsung aja simak single terbaru mereka dibawah ini, enjoy Mavers!!


=======================================================================================

For more info

Instagram: @samsiteofficial

Related Blogs

    Share