UOB - Body

RUANG SENI ANAK KOMISI UOB X MUSEUM MACAN // KOLEKTIF PERUPA INDONESIA “TROMARAMA”

Museum MACAN hari ini mengumumkan karya komisi terbaru untuk Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum MACAN yang akan menampilkan kelompok kolektif perupa asal Indonesia, “Tromarama“. UOB Indonesia merupakan Mitra Utama Pendidikan dari Museum MACAN, dan kolaborasi antara kedua institusi ini menggambarkan dukungan antar sektor yang kuat terhadap seni dan edukasi, khususnya bagi anak-anak.
Melalui pengalaman hibrida dari instalasi fisik dan daring yang dirancang eksklusif untuk anak-anak dan keluarga, Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum MACAN kali ini diharapkan dapat mengajak anak-anak untuk membayangkan kondisi terkini dari hutan. Menggabungkan seni dan teknologi melalui sebuah instalasi digital yang imersif, karya komisi “Tromarama” juga diciptakan untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati.
Sebagai kolektif perupa yang bekerja dengan teknologi, Tromarama mengeksplorasi hubungan antara manusia, alam, dan teknologi. Berjudul “Tromarama“: The Lost Jungle, instalasi ini hadir sebagai bentuk refleksi akan kekayaan flora dan fauna di Indonesia, serta ancaman yang dihadirkan oleh kegiatan manusia terhadap lingkungan ekologis, yang dapat mengakibatkan kepunahan hewan dan tumbuhan.

Di dalam The Lost Jungle atau Hutan Yang Hilang, anak-anak dan keluarga akan mendapatkan pengalaman berupa simulasi digital secara langsung dari hutan yang merespons pada keadaan cuaca terkini di Jakarta. Ekosistem digital dan pergerakan dari makhluk yang menghuni hutan virtual yang berada di museum akan diaktivasi melalui data cuaca yang didapatkan secara real time, seperti formasi awan, intensitas hujan, dan kecepatan angin.

Karya lain yang ditampilkan adalah 40oC Fable (2021), yakni sajian video tiga kanal yang merespons pergerakan pengunjung melalui sebuah sensor gerak. Sensor ini akan menangkap gerakan pengunjung di depan layar kemudian menunjukkan bahwa kegiatan manusia membawa dampak terhadap lingkungan.

Selain itu, anak-anak dan keluarga dapat mengakses sebuah katalog digital berjudul The Lost JungleFauna Archive, melalui tautan khusus, www.museummacan.org/cas/the-lost-jungle untuk mempelajari lebih lanjut mengenai hewan langka atau hewan yang telah punah. Melalui situs ini, mereka dapat
menciptakan makhluk imajiner versi mereka sendiri dengan menggunakan bentuk, tekstur, dan warna yang terinspirasi dari hewan-hewan tersebut. Makhluk imajiner yang mereka buat akan menghuni instalasi digital “Tromarama“: The Lost Jungle di museum.

====================================================================================

For more info:

Instagram:@uobgroup

Website: UOB

Related Blogs

    Share