Rodney Cromwell - Body

RODNEY CROMWELL // RILIS SINGLE “MEMORY BOX”

Setelah 2 1/2 tahun hiatus, artis synthpop yang berbasis di London Rodney Cromwell akan merilis single baru melalui Happy Robots Records dengan distribusi oleh Cargo Records . ”Memory Box” adalah lagu tentang persepsi realitas dan kepastian ingatan kita. Bagaimana kita memercayai sesuatu di dunia di mana kebenaran dan kejujuran sangat kecil nilainya?

Rodney Cromwell adalah nom de plume dari Adam Cresswell , anggota pendiri band indie-folktronica Saloon 1990-an-2000an (yang memiliki empat entri di Festive 50 John Peel, merekam tiga Peel Sessions dan memiliki 10 album teratas tahun ini di The Sunday Times) dan setengah dari dua potong elektronik Arthur & Martha (dipuji oleh orang-orang seperti NME, The Guardian dan Artrocker).

Dengan perkusi minimal, lirik Rodney Cromwell melayang di atas tempat tidur synthesizer vintage dan gitar efek. Menghindari suara synth ’80-an yang bersih, lagu ini memiliki pandangan yang hampir psychedelic, mengingatkan pada synth minimal dari tindakan seperti Broadcast, Pram atau Silver Apples. Video tersebut, sebuah montase atmosfer dari pengambilan gambar pedesaan Inggris yang sangat terpengaruh dan terdistorsi, terinspirasi oleh para pembuat film seperti Stan Brakhage dan Chris Marker .

Menulis dan merekam di studio rumahnya di Catford, London Selatan, Cromwell menggunakan pendekatan jadul dengan menggunakan perangkat keras yang didominasi vintage. Dicampur dan diproduksi bersama oleh Richard Bennett di Acme Hall Studios (New York) dan dikuasai oleh Pete Maher (U2, Goldfrapp, Paul Weller, Pixies, The Alarm) , Martin J Langthorne , yang juga mendesain sampul album, menyumbangkan gitar.

“Itu adalah salah satu lagu pertama yang ditulis untuk album baru. Saat itu saya masih disorientasi karena sakit. Saya menyalakan TV dan ada antek Boris Johnson, Dominic Cummings, memutar benang. Dalam keadaan pasca-demam saya dia muncul seperti Wormtongue dari Tolkein, berbicara tentang tepi sungai, hutan, dan kastil sambil benar-benar duduk di taman mawar wangi seperti di Alice in Wonderland. Saya tidak akan mengatakan itu memengaruhi saya secara langsung, tetapi tentu saja keadaan kabut otak saya mengirim tulisan saya ke arah yang lebih memabukkan dan fantastis,” jelas Adam Cromwell .

“Saya ingin lagu itu terasa seperti mainan jarum jam berbaris, jadi ketukannya benar-benar sederhana dan metronomis dengan synth yang berbicara dengan menyelimuti lagu tersebut.”

Rodney Cromwell - Body.

Single ini adalah judul lagu dari album ”Memory Box” yang akan datang , Campuran ekskursi menghantui elektronik, dreampop dan coldwave Eropa yang dijadwalkan untuk rilis pada awal 2022. Menggunakan synth analog, mesin drum dengan bagian yang dimainkan hampir seluruhnya secara live (dengan minimal sekuensing komputer) dan vokal yang direkam tanpa autotune, rekaman ini memunculkan dunia organik, meskipun seperti mimpi, yang terinspirasi oleh Alice in Wonderland, Franz Kafka dan Anna Kavan seperti halnya oleh pengaruh sonik seperti Kraftwerk, The Cure dan Stereolab. Palet sonikMemory Box” sangat familiar dan benar-benar khas.

LP debut Rodney Cromwell Age of Anxiety” (2015) dan EP  ”Rodney’s English Disco” (2018) telah mengumpulkan fitur Rodney Cromwell di Electronic Sound Magazine, NME, Huffington Post, Paste, Record Collector, BBC6 Music dan RNE3 nasional di Spanyol, untuk siapa dia juga merekam sesi live. Album debutnya ditampilkan dalam sejumlah Best of Lists termasuk Electronic Sound Magazine dan dia dinobatkan sebagai ”Most Promising New Act” oleh The Electricity Club . Dia telah muncul di kompilasi bersama Cavern of Anti-Matter, John Foxx, Devo, OMD, Katy Perry dan artis terkenal lainnya.

Rodney akan memainkan beberapa tanggal langsung untuk mendukung perilisan album. Penampilan festival debutnya di Indietracks 2015, digambarkan sebagai ‘pengalaman spiritual‘, menyebabkan penampilan festival lebih lanjut di Inggris dan di Spanyol, selain artis pendukung seperti Pram, Marsheaux, Death & Vanilla, Rowetta dan Steve Davis . Pada tahun 2020 , ia juga tampil sebagai bagian dari band pendukung Damo Suzuki .

Mulai 27 Oktober, ”Memory Box” akan tersedia secara digital di mana-mana, termasuk Spotify dan Apple Music . Sementara itu, bisa dipesan langsung dari artisnya melalui Bandcamp . Pada 28 Oktober, Hope & Anchor London akan menjadi tuan rumah Single Launch Party with appearances by Mood Taeg and Still Forever.

====================================================================================

For more info:

Instagram: @rodney_cromwell 

Twitter: @robot_rocker 

Facebook@rodneycromwellartist  

Youtube: Happy Robots Records 

Bandcamp: Rodney Cromwell

Related Blogs

    Share