RIC-1

2020 adalah tahun yang penuh kejutan. Terlebih karena adanya pandemi ini, semua hal terasa cepat berlalu. Yang senantiasa berbahagia tentu saja ada, tetapi yang bersedih pun sangat banyak jumlahnya. Keadaan baiknya adalah, kita semua secara tidak langsung diberikan tantangan untuk menghadapi situasi yang bisa dibilang belum baik-baik saja, terlebih untuk negara ini. Hantaman demi hantaman keadaan kritis pun dilewati, berbagai inovasi juga lahir dari kondisi saat ini. Paling hebatnya adalah, semua saling merasakan kesusahan masing-masing dan berjuang untuk tetap lebih baik.

Rock In Celebes pun tak mau berpangku tangan menunggu keadaan. Kami sadar betul, harus ada sesuatu hal yang harus dilakukan guna memberikan secercah harapan dan kebahagiaan untuk orang banyak. Di perayaan kali ini kami mencoba untuk menawarkan sesuatu yang baru, yang belum pernah dicoba sebelumnya. Di mana bentuk-bentuk kolaborasi dari berbagai lanskap akan tetap dijadikan satu di dalam sebuah wadah, festival ini. Kami sadar betul, banyak harapan dari pelaku; penggiat; musisi, seniman, teman-teman, dan orang banyak agar festival ini tetap digelar normal. Tapi mengingat kondisi yang ada, mau tidak mau, kami harus membawanya ke sebuah wajah baru.

Sebagai penyelenggara, kami sangat berterima kasih kepada semua yang hingga kini tetap terus mengapresiasi festival ini. Berbagai inovasi jelas selalu kami hadirkan di setiap tahunnya. Begitu juga dari sisi penampilannya sendiri, Rock In Celebes selalu berevolusi menjadi bentuk yang diinginkan untuk banyak orang. Maka dari itu, kami tidak hanya akan menampilkan jenis musik atau program dan suguhan tertentu di perhelatan kali ini. Rock In Celebes punya segala macam sumber daya untuk membuat festival ini bertahan lama. Kita selalu punya harapan besar dan tentu saja kita punya kapabilitas semacam ini. Setelah berjalan 10 tahun, kami berharap esensi festival ini tidak lagi siapa yang tampil, namun bagaimana menjadikan ini sebagai ajang berkomunikasi, bisa bertemu, dan berjejaring lebih luas namun tetap aman, serta memberikan pengalaman berkesan.

Tahun ini, Rock In Celebes memasuki usia kesebelas tahun. Tak mudah bagi sebuah festival musik untuk terus bertahan. Permasalahannya sangat kompleks jika membicarakan bagaimana sebuah festival musik bisa berhenti. Salah satunya adalah semangat dan solid, suatu hal yang sangat penting untuk terus dijaga. Atas dasar itu, Rock In Celebes masih ada hingga saat ini. Peranan para penikmat musik yang selalu setia menunggu festival ini juga menjadi salah satu harapan yang terus ada. Perayaan festival Rock In Celebes kesebelas tahun ini membawa identitas baru bernama Ride In Celebes, yang akan digelar dalam dua format yaitu ‘online’ pada 26 Desember 2020, selama kurang lebih lima jam, mulai pukul 19.00 WITA di situs web soundstream.id, dan ‘offline’ pada 27 Desember 2020, selama sehari penuh, mulai pukul 10.00 WITA, mengambil tempat seru dan tetap aman untuk menjalankan acara dengan kondisi saat ini, di sebuah ruang kreatif ‘Bikinbikin Creative Hub’ yang begitu nyaman di dalam kawasan pusat belanja, Nipah Mall Makassar.

Untuk lineup yang ditampilkan, memiliki banyak kebaruan bagi belantika musik di Indonesia, mereka di antaranya kebanyakan adalah nama-nama segar dari kancah musik lokal, hingga musisi lawas, dengan berbagai jenis genre dan lintas generasi. Lebih dari 40 nama musisi, seniman serta pelaku lainnya akan hadir di berbagai ragam program di platform ‘online’, mulai dari ‘live stage’, ‘studio gigs’ hingga ‘collective showcase, yaitu: JAMRUD, EDANE, SUPERGLAD, THE HOTDOGS, ART2TONIC, UNREMAINS, SURGIR, RUANG BACA, RISINGROAD, DEFY, MURKA, LIZZIE, OSCAR LOLANG, SKY SUCAHYO, FEEL KOPLO, ELKARMOYA, BLEU HOUSE, WHITE CHORUS, THE COUCH CLUB, HEALS, FUZZY, I, ALVIN & I, ROCKET ROCKERS, CAPTIVATE, IFAN OHSI, PUJI RAHARJO, CHANDRA ‘SUNRISE’, FADLI ‘HOOLAHOOP’, dan juga tamu spesial akan hadir: HELVI SYARIFUDDIN (FFWD), TAMA RANDY (STAND UP COMEDY), WILDAN INDRA SUGARA (VISUAL ARTIST), SABIQ HIBATULBAQI (VISUAL ARTIST), dan ditemani ‘co-host’: ADLI HAFIDH, RADOVAN RAYNES, DWI LUKITA, WILDAN YUSRA, HARFIAN HERLANGGA, DIAZ KILLAZ, OLIVIA MEGA GUNTARI, RUDY ‘LYON’, MOCHAMAD ANDIKA & DENNY ‘KUBURAN’ serta ‘host’ utama: WENDI PUTRANTO & ANITA MAE. Selain penampilan dari puluhan lineup tersebut, juga terdapat 21 musisi akan mendapatkan penghargaan dari Rock In Celebes dalam peristiwa berkesan selama satu dekade (2010-2019).

Tidak hanya itu, program-program pada ‘offline’ juga tidak kalah menarik; selain ‘showcase’ musik dan film, juga membawa format pertemuan antara pelaku dengan penikmat berupa ‘trade show’ atau ‘expo’ hingga ‘conference’.

Untuk pertama kalinya, dan dengan kondisi saat ini, semua pertunjukan Rock In Celebes tahun ini bisa dinikmati tanpa tiket, atau gratis, cukup melakukan register akun melalui situs web soundstream.id.

Perkembangan informasi terkini atau selanjutnya, juga bisa mengunjungi situs web rockincelebes.com dan media sosial (Instagram, Facebook, Twitter) @rockincelebes. Termasuk bagi  penikmat atau kolektor atau yang menginginkan merchandise resmi, juga tersedia merchandise edisi spesial Rock In Celebes 2020 – Ride In Celebes melalui ‘online’ di situs web rockincelebes.com, mulai 26 Desember 2020 dan juga tersedia di lokasi ‘offline’ di Bikinbikin Creative Hub Nipah Mall, pada 27 Desember 2020. Bagi yang ingin korespondensi untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi melalui email: info@rockincelebes.com, atau melalu pesan langsung ke akun media sosial.

=======================================================================================

For more info 

Instagram: @rockincelebes

Related Blogs

    Share