Rayhan Noor

Rayhan Noor adalah seorang musisi sekaligus penulis lagu dan juga sebagai produser. doi megang  banyak proyek musik cuy, dari Lomba sihir, Matials, ngeroduserin banyak musisi dan ga lupa sama proyek solonya. Nah pada tanggal 30 maret 2022, Rayhan Noor bakal rilis kembali lagu “ragu?” dengan warna dan pembawaan yang berbeda dari sebelumnya. Untuk mengenal lebih jauh tentang Rayhan Noor, Mave Magazine udah wawancara langsung nih pas lagi main ke Bali kita, yuk kita simak wawancaranya

Selamat siang ka Rayhan, gimana kabarnya nih?

alhamdulillah baik dan Seneng aja udah mulai manggung lagi, roda industri udah mau muter lagi, jadi semua happy

 

Ngapain aja sih pas pandemi emangnya?

Pandemi akhirnya jadi Intense di studio, di depan komputer, dan nulis lagu produksi lagu, yaa intense banget, sekarang butuh shifting lah ke performing.

 

Gimana sih awalnya bisa muncul ke dunia musik?

Munculnya banget Dulu waktu itu punya band yang lumayan serius waktu gua sma, band nya band pop jazz gitu, Lumayan  di  industri mainstream terlibat did dunia musik, itu dulu pengalaman pertama banget di dunia musik, abis itu break sempet lama berpa tahun, terus akhirnya tahun 2013 bikin gelas kaca barehng si Dias yang aktif selama 5 tahunan, abis itu terlibat di proyek proyek yang banyak orang tau lah.

 

Oh iya kak kalo bermusik biasanya ngambil inspirasinya dari mana aja kak?

Gua kalo inspirasi paling gede dari gua diri sendiri, dari yang gua liat dan apa yang gua rasakan dan apa yang gua perhatikan semuanya sih, karena paling enak menurut gua pov seni dialmbil dari sudut itu sih. Mungkin kalo nulis lagu nomor satu eros chandra, karena dia bisa berhasil bikin lagu yang simple tapi berbobot dan gampang untuk didengerin. Terus kalo mentor gua di musik, iga masardi dari bara karena dia yang bantu gua dari nol

 

Misal nih kak kalo musik dikotak-kotak kan, seorang rayhan noor ini dalam genre apa ka?

Gua kayaknya memilih untuk tidak terjerumus ke suatu kotak, karena gua merasa bisa bermain dibanyak area dan itu sangat menyenangkan lah buat gua

Kak menurut kakak siapa sih sosok kakak? Maksudnya siapa sih Rayhan Noor?

Gua? Gua orangnya… Gua gak tau gua gimana, gua orang yang cuman pengen berkarya sampe gua  tua aja sih, gua pengen bisa konsisten seperti role model gua, kayak eros, yockie, mereka bisa sekonsisten itu bukan hal yang mudah, bukan cuman “gua mau bermain musik doang”, enggak! tapi banyak variabel lainnya, dan untuk itu masih banyak yang harus gua perlajarin.

Kan kakak megang proyek nih, nah gimana cara kakak bagi waktu dengan band lomba sihir, martials dan projek lainnya?

Itu kayaknya natural aja sih, krena Gua bisa yang kaya dalam satu minggu bisa gua bagi dalam beberapa hari, kayak 2 hari Martials, 2 hari Lomba sihir, 2 hari gua, 1 harinya gua istirahat gitu, keyaknya itu natural aja sih keluar dari gua, gua juga gatau kalo bagi waktunya gimana.

 

Dalam waktu deket ini lagi sibuk ngapain nih kak?

Gua lagi ngeproduserin beberapa artis dan beberapa album dan gua juga lagi menyelesaikan lagu gua sendiri, sisanya pengen tur lagi.

 

Nah denger-denger nih mau rilis lagu “ragu (reprise)” , emang ada apa dengan lagu itu kak? apa sih bedanya dengan lagu ragu versi sebeleum nya?

Gua kayak seru menemukan dimensi yang berbeda dari lagu ini, kayak pas gua diemin setiap bulan ternyata si lagu ini bisa di utak-atik lagi, yang tadinya realistis ternyata tune nya bisa membiru, dan itu gua tremukan dengan iseng-iseng aja, mainin di piano, mikrofon tua, pembawaan beda, moodnya jadi beda, liriknya menurut gua bisa lu bawah sedih atau seneng, itu yang akan gua lakukan seterusnya menciptakan sesuatu dengan proyek sebelumnya yang belom ada, mancing banyak hal dari lagu itu.

 

Terus kayak apa kak sih teknis lagu ragu yang di reprise?

gitar yang pake mikropon tua yang gaada bass nya terus vokal gua rekam pake iphone, sama pake piano  dan berbagai tambahan ambience lainnyaa, yang belom pernah ada di proyek solo Rayhan temukan di karya sebelumnya.

 

Lagunya dirilis kapan?

30 Maret 2022

 

Oke terkahir nih kak, apa yang ngebedain rayhan noor dari musisi lainnya?

Musisi dan produser yang cukup simple, gabisa dan gaseneng yang bikin sesuatu yang banyak isiannya dimana-mana, tapi suka sesutu yang sederhana, pengen kesederhanaan itu lebih berbicara banyak buat gua dan pendengar gua.


Related Blogs

    Share